Skip to content

Sambal Tempe

October 16, 2006

Description:
Hari sabtu kog ya….nggak pingin makan apa2, tapi karena lapar, jadi harus makan juga.
Aku bikin sambal tempe, cuma makan nasi hangat, sambal tempe, lalap taoge pendek dan ketimun, dan kecap sedikit.

Yah…bener2 sederhana, tapi kog ya nikmat. trus karena eneg makan daging2an, kemarin itu niat mau vegetarian aja selama beberapa hari, sampai pingin lagi makan bebas.

Ingredients:
1 potong tempe (200 gr)
2 siung bawang putih
1 ruas jari kencur
1 buah jeruk limo
5 cabe rawit merah
2 cabe keriting
garam

Directions:
1. potong2 tempe dan goreng kering
2. Gerus bawang putih, kencur, garam dan 2 macam cabai sampai halus, tambahkan air jeruk limo
3. Gerus tempe goreng hingga hancur.

Makan dengan nasi hangat dan lalapan.

45 Comments
  1. hu..hu..hu… kencur dan jeruk limo tidak pernah tampak peredarannya di pasar sini, mbak hiks.. hiks.. hiks… syl juga lagi kurang sekali untuk makan daging merah, mbak – emboh ga ngerti kenapa.

  2. mbak, aku lagi kangen tempe….hikss…tempe mahal di sini. di SPM cuma ada tempe organic yang ga enak, asem pula. *ngebayangin sambal tempe mbak ine*

  3. Bu ine buat aku kemecer aja………:(, sambel tempe tu menu favorit saya dan Bapak Bu…… Hampir tiap hari sambel tempe selalu hadir di meja makan…… blas gak pernah bosen….:D

  4. kkoq mirip ama tempe penyet yaaa atau emang nama lain dari tempe penyet

  5. Wuiihhh…sambel tempe emang topp bangetss..cuman aku blum pernah pakein kencur dan jeruk limo tuh mbak. Sabtu kemaren kok sehati aku juga bikin sambel tempe cuman pake bawang putih, cabe, garam dan sedikit gula pasir, enyak..enyak…enyak…

  6. ngebayangi tempe alangkah enaknya makanan sederhana ini *glek glek menelan ludah*

  7. Cantik banget, Ineeeeeeeeee…………aku tempe diapain aja suka dehhhh…nti aku bantuin makan ya Ine…nti aku datang ebntar lagi haaa

  8. mbak … naksir cetakan bintang yang buat nyetak nasinya euy … :))

  9. Pas…. minggu yl, aku order sambel tempe gini di warung mak Nah :)) , bikinnya dari dua lonjor tempe, jadi sepiring makan, eh… ternyata pada doyan tuh, aku yang kepingin, makan yang terakhir, kebagian 2 sendok makan thok, hiks… hiks…

  10. mbak, sambelnya mentah jadinya ? nyam..nyam..jd laper euuyy..

  11. sylviegill said: hu..hu..hu… kencur dan jeruk limo tidak pernah tampak peredarannya di pasar sini, mbak hiks.. hiks.. hiks… syl juga lagi kurang sekali untuk makan daging merah, mbak – emboh ga ngerti kenapa.

    yah….harus nunggu mudik ya Syl

  12. foodngarden said: mbak, aku lagi kangen tempe….hikss…tempe mahal di sini. di SPM cuma ada tempe organic yang ga enak, asem pula. *ngebayangin sambal tempe mbak ine*

    iya Fi, sambal tempe kemarin….enak dan gurih tempenya

  13. chatrines said: Bu ine buat aku kemecer aja………:(, sambel tempe tu menu favorit saya dan Bapak Bu…… Hampir tiap hari sambel tempe selalu hadir di meja makan…… blas gak pernah bosen….:D

    emang nggak mboseni blas ya

  14. omhanif said: kkoq mirip ama tempe penyet yaaa atau emang nama lain dari tempe penyet

    Beda Oom, yang ini nggak sekedar di penyet, tapi di bejek sampai lumat dan hancur lebur.hehehehe…. bumbunya juga lebih sederhana, tanpa trasimungkin tempe penyet niru sambal tempe. karena sejak kecil sambal tempe sudah ada, sementara tempe penyet baru belakangan ini populer.

  15. dewijoris said: Wuiihhh…sambel tempe emang topp bangetss..cuman aku blum pernah pakein kencur dan jeruk limo tuh mbak. Sabtu kemaren kok sehati aku juga bikin sambel tempe cuman pake bawang putih, cabe, garam dan sedikit gula pasir, enyak..enyak…enyak…

    jeruk limo itu sebenernya akal-akalan si Atun, karena biasanya kalau nyambel pakai jeruk.Kalau kencur, aku memang demen.

  16. orientale said: ngebayangi tempe alangkah enaknya makanan sederhana ini *glek glek menelan ludah*

    bener Yam, yang sederhana gini, malah ngangeni

  17. marienapayne said: Cantik banget, Ineeeeeeeeee…………aku tempe diapain aja suka dehhhh…nti aku bantuin makan ya Ine…nti aku datang ebntar lagi haaa

    hayo…silakan Rien, kasihan juga kalau bumil sampai ngiler…takut nurun ke baby :-)))

  18. phitree said: mbak … naksir cetakan bintang yang buat nyetak nasinya euy … :))

    itu cetakan ring aneka bentuk, aku beli murah banget, satu set sepuluh ukuran, cuma 15 ribu. Mbak Esther ikutan beli juga.

  19. milkaw said: Pas…. minggu yl, aku order sambel tempe gini di warung mak Nah :)) , bikinnya dari dua lonjor tempe, jadi sepiring makan, eh… ternyata pada doyan tuh, aku yang kepingin, makan yang terakhir, kebagian 2 sendok makan thok, hiks… hiks…

    tuh kan….. yang sederhana gini, emang nafsuin. Kita kog ngepas terus sih keinginannya?

  20. dianps said: mbak, sambelnya mentah jadinya ? nyam..nyam..jd laper euuyy..

    iya sambel mentah, rasa bawang dan kencur.

  21. wah..ini fave-nya yayangku..sambel tempe pake kencur…

  22. pengen bikin tapi sayang disini nggak ada kencur seger :(dirumah mama bikinnya sambel tempe yg sdh dibacem, apa itu ya yg namanya tempe penyet?

  23. pake cetakan yg lucu…aku suka ini tempe dan bau kencur yg khas

  24. nonot said: wah..ini fave-nya yayangku..sambel tempe pake kencur…

    enak kan Nit?

  25. erm718 said: pengen bikin tapi sayang disini nggak ada kencur seger :(dirumah mama bikinnya sambel tempe yg sdh dibacem, apa itu ya yg namanya tempe penyet?

    coba bikin tanpa kencur, tambah bawang aja. kalau pakai tempe bacem….embuh tuh namanya apa. tempe penyet pakainya tempe goreng biasa kog

  26. evimeinar said: pake cetakan yg lucu…aku suka ini tempe dan bau kencur yg khas

    sama dong Pep, wangi kencur aku juga suka.

  27. duh mbak sambel tempe ……enak banget ……jadi laper *gi ngga puasa ni hehehe* …mbak mbak *bisik2* cetakan nasinya yang di pasar ikan udha boleh dipesan blum …..

  28. kuenyaoyan said: duh mbak sambel tempe ……enak banget ……jadi laper *gi ngga puasa ni hehehe* …mbak mbak *bisik2* cetakan nasinya yang di pasar ikan udha boleh dipesan blum …..

    aduuh…Yanna….aku lupa…boleh..pesan aja. sekalian aku mau ambil pesanan mbak Esther nih. Bentuk2nya tahu kan….

  29. waaks cabenya banyak bener….aku bisa semaput kepedesan hehehe..satu cabe aja deh kalau aku, itu juga udah huh hah huh hah…..makasih mbak resepnya rada beda sama eyangku punya, jadi aku punya versi lain sambel tempe hehehe…mantaf, ntar pulang ke Indo nyetok kencur lagi, kalau pake kencur bubuk rasanya agak beda kurang nendang..=(

  30. Di sini tempenya nggak enak mbak, jadi aku jarang banget beli tempe. Walaupun sudah dibumbui tetap saja rasanya nggak enak. Kasihan ya aku. hiks…hiks…

  31. rasti812 said: waaks cabenya banyak bener….aku bisa semaput kepedesan hehehe..satu cabe aja deh kalau aku, itu juga udah huh hah huh hah…..makasih mbak resepnya rada beda sama eyangku punya, jadi aku punya versi lain sambel tempe hehehe…mantaf, ntar pulang ke Indo nyetok kencur lagi, kalau pake kencur bubuk rasanya agak beda kurang nendang..=(

    hehehe…bumbumnya sesuai selera, yang penting, tempe di bejek ancur dan ada rasa pedes.

  32. kalo ga ada jeruk limo tp pgn seger gimana ya? pake lemon/lime?

  33. cie ine kpn k Solo lagieh?

  34. m3l154 said: kalo ga ada jeruk limo tp pgn seger gimana ya? pake lemon/lime?

    hm…kurangi airnya ya…kan yang dipake aromanya, bukan rasa asamnya.

  35. whuaaa… kenal masakan ini juga ya Mbak :D kalo versi kampung mertua tempenya dibakar. versi aku kulit jeruk limonya diiris tipis2 diulek kasar, sluurpp… glek. udah lama nih gak bikin.

  36. mylianov said: whuaaa… kenal masakan ini juga ya Mbak :D kalo versi kampung mertua tempenya dibakar. versi aku kulit jeruk limonya diiris tipis2 diulek kasar, sluurpp… glek. udah lama nih gak bikin.

    ya kenal…lha aku kan asalnya dari kampung juga Li.kapan2 mau nyoba tempenya di bakar, ngurangi gorengan :-)) thks idenya Li

  37. Wuahh nikmat banget…saya tadi pagi sarapan pake ini…nyam nyam!

  38. rwnug said: Wuahh nikmat banget…saya tadi pagi sarapan pake ini…nyam nyam!

    glek…sarapan pagi pake nasi anget dan sambal tempe…. bikin semangat kerja aja! :-))

  39. Oh iya mbak..selain sambal tempe pake kencur…istri saya kadang juga bikin sambel tempe kaya sambel bajak..tempenya diancurin n dicampur…enak juga…

  40. rwnug said: Oh iya mbak..selain sambal tempe pake kencur…istri saya kadang juga bikin sambel tempe kaya sambel bajak..tempenya diancurin n dicampur…enak juga…

    kayaknya….style sambal mbah Jingkrak juga spt ini, pakai sambal matang / sambal bajak, rada basah

  41. Iya kaya gitu…pernah makan di mbah jingkrak ya mbak?Oh ya Selamat Natal (agak telat dikit he3!) dan Selamat Tahun Baru 2007…semoga tahun ini lebih cerah bagi kita semua…

  42. rwnug said: Iya kaya gitu…pernah makan di mbah jingkrak ya mbak?Oh ya Selamat Natal (agak telat dikit he3!) dan Selamat Tahun Baru 2007…semoga tahun ini lebih cerah bagi kita semua…

    selamat tahun baru juga Windu, saya belum pernah makan di mbah jingkrak, tapi pernah di kasi oleh2 sambal iblisnya (sambal tempe)

  43. kayaknya sedep nih mbak. Makasih ya, aku jadi tambah pengetahuan. Tempe penyet aja aku suka. ini pasti suka juga =) yg praktis emang yg sedep ya…pa lagi kalo lagi eneg makan macem macem

  44. maplesblog said: kayaknya sedep nih mbak. Makasih ya, aku jadi tambah pengetahuan. Tempe penyet aja aku suka. ini pasti suka juga =) yg praktis emang yg sedep ya…pa lagi kalo lagi eneg makan macem macem

    iya, kalau tempe penyet, kita masih kudu nyuwi…kalau ini..tinggal hap..aja

  45. tempe organic asem ya? aku di sini belum pernah beli tempe sih, takut rasanya gak enak.

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 70 other followers

