Skip to content

Tahu gimbal

August 4, 2008

Description:
Kalau Gimbal udang aja, biasanya bertepung tebal, lebih pantas di bilang bakwan tepung/sayuran, dengan accesoris udang.

Gimbal udang untuk tahu gimbal di para penjual, biasanya menggunakan udang tak terlalu besar, di jajar rapi dengan selapis tipis tepung. Saat akan disajikan, gimbal di goreng ulang, sehingga renyah.

Bumbu Gimbal, hanya bumbu kacang dengan bawang dan kecap, Tapi khusus resep ini, aku tambahkan sedikit petis udang biar lebih pekat

Tahu pada gimbal udang, hanya di goreng setengah matang, beda ya dengan tahu pong, harus di goreng kering sampai kopong.

Bedanya lagi dengan tahu pong, penyajiannya dengan sayuran, kol atau taoge rebus (jangan terlalu matang)

Ingredients:
Gimbal Udang:

200 gr udang kecil, cuci bersih tak usah di kupas
75 gr tepung terigu
125-150 gr air

Bumbu halus:

1 siung bawang putih
1/2 sdt ketumbar
1/2 sdt garam
1/8 sdt merica

Tahu:

2 tahu cina, potong2
4 lbr kol, potong2, seduh dengan air panas (kalau para penjual, kol di
layukan dengan cara di goreng dengan minyak bekas tahu gimbal.)

bumbu kacang:

150 gr kacang tanah
5 sdm kecap manis
2 siung bawang putih haluskan
1 sdm petis udang
garam dan gula pasir
100-150 gr air matang

Directions:
Gimbal udang:

Campur semua bahan kecuali udang, hingga rata.
Celup udang pada adonan tepung, tata udang pada serok datar, kira kira 4-5 udang berjajar, pastikan tepung rata melapisi serok.
Goreng hingga matang.

Bumbu kacang
haluskan bawang putih dan kacang, tambahkan kecap manis, petis udang, gula, garam dan air, aduk hingga rata. Tambahkan cabai rawit jika suka pedas

Penyelesaian:
tata semua bahan, siram dengan bumbu kacang

50 Comments
  1. walah Mbak, jadi kangen tahu gimbal di simpang lima euy …oya, gag pake telur ceplok Mbak ? …

  2. mesen aja deh ke mbak ine. boleh? :D

  3. mbak ini beda sama tahu campur ya, yang pake toge segala…., cleguk banget liatnya,.,

  4. hu..hu..hu… kangen pulang neh jadinya mbak Ine..kangen ke Gang Baru, kangen makan di jalan Pahlawan, weleh banyak bgt yak kangennya

  5. nyontek ah..

  6. wow, belon pernah coba tuh… yummy keliatannya..

  7. phitree said: walah Mbak, jadi kangen tahu gimbal di simpang lima euy …oya, gag pake telur ceplok Mbak ? …

    gak Fit, aku demen banyak gimbalnya…jadi telurnya yang di skip. kalau tahunya yang di skip kan namanya bisa ganti tuh. hehehe…

  8. mell26 said: mesen aja deh ke mbak ine. boleh? :D

    HAH?? nunggu mood dulu ya :-)

  9. Walah aku dadi kangen makanan Semarang ini….enak banget menurutku (lha aku opo-opo yo enak jé). Kalau aku diatasnya biasanya aku kasih brambang goreng dan rajangan sledri mentah mbak. Kalau nggak punya petis, aku kasih sedikit kecap atasnya, biar agak sedikit manis. Leo suka nih makanan ini, cuma aku males nggawené. he…he…he…nanti aku nyontek resepnya yo bu ben pas ukuran rempeyeké, soale kadang jumlah air dan terigune aku kurang pas…thank you…..

  10. Lho bumbu kacange ora nganggo cabe to? Lha aku malah selalu aku kasih cabe….

  11. huaaaa..sukaanku nih…..duh jadi terbayang-bayang tahu gimbal semarang Ci hehehehehe

  12. kuesyafina said: mbak ini beda sama tahu campur ya, yang pake toge segala…., cleguk banget liatnya,.,

    mirip2 lah Na, sama2 makanan pesisiran

  13. rumahnyaalsa said: weleh banyak bgt yak kangennya

    aku juga suka banyak kangennya….

  14. tsuroiya said: nyontek ah..

    boleeeeh

  15. kutuwell said: wow, belon pernah coba tuh… yummy keliatannya..

    ini jawa banget Ling

  16. cutyfruty said: Lho bumbu kacange ora nganggo cabe to? Lha aku malah selalu aku kasih cabe….

    kebiasaan Sri, kalau pake cabe Rachel kan gak bisa makan. ya…itu tinggal tambah cabe

  17. dewijoris said: huaaaa..sukaanku nih…..duh jadi terbayang-bayang tahu gimbal semarang Ci hehehehehe

    aku juga kangen jajan di jalan pahlawan… dulu yang enak tahu gimbal pak Man yang mangkal di depan rumah plampitan, tapi lama2 kwalitasnya menurun

  18. mirip batagor ya mbak In?

  19. Mauuuu……

  20. kalau nggak pake petis enak nggak mbak?

  21. kangen nih cik sama tahu gimbal semarang.. aku jg doyan banyak gimbalnyaternyata bikin gimbalnya gampang yah? nanti kapan2 dicontek deh, udah ngilerrr nih

  22. kangen thu gimbal dikantorku dulu nih cik hiks hiks…

  23. Pengalaman makan tahu gimbal pertama kali waktu baru umur 6-7 tahun (1960an). Yang jual mbok mbok sudah tua di meja (pinggir jalan Dargo) hanya pakai lampu sentir. Bumbunya muanteeep.

  24. ronny2yola said: mirip batagor ya mbak In?

    beda jauh Yola, lebih mirip tahu campur atau tahu teknya surabaya

  25. tlss said: Mauuuu……

    bikiiiiiiiin :-))

  26. mamavicky said: kalau nggak pake petis enak nggak mbak?

    enak, lha yang jual di grobakan itu juga ndak pake petis

  27. setiyono said: aku jg doyan banyak gimbalnya

    sama Yun, aku juga demen banyak gimbalnya

  28. banyumili said: kangen thu gimbal dikantorku dulu nih cik hiks hiks…

    tahu di sendai ada nggak yang mirip tahu sini Bud? bikiiin

  29. aah. yg ini harus ada di meja makanku sore nanti..tfs, mbak Ine :)

  30. greenhouse544 said: Pengalaman makan tahu gimbal pertama kali waktu baru umur 6-7 tahun (1960an). Yang jual mbok mbok sudah tua di meja (pinggir jalan Dargo) hanya pakai lampu sentir. Bumbunya muanteeep.

    iya, banyak yang asal bikin aja.dulu di depan rumah plampitan, pak Man tahu gimbal itu enak bumbunya, kalau mau beli sampai ngantri, lama2 kog ndak niat. sekarang sepi

  31. Mbak, aku kok jadi ngiler ya. Kebayang tahu gimbal yang di depan UNDIP. Wah pokoke resepnya tak contek abis……

  32. ci Ine … gimana bikin tahu gimbal yang ndak pake udang??? Kalo ndak salah kan tahu di kopyok ama telor ya? Gimana bikin yaaa???

  33. glug….nelen ludah…

  34. tahu gimbal emang ngangenin…udh pernah nyoba pak polo di jl majapahit arah pedurungan mbak?enake polll…tp nunggunya sampe tua..luamaaa bgt..hehehe..

  35. ugh…ngiler..jadi pengen nyaplok gimbal udang .

  36. belon pernah nyoba nih Ci… kapan2 aku praktekin resepnya ya Ci…

  37. bhetania said: Mbak, aku kok jadi ngiler ya. Kebayang tahu gimbal yang di depan UNDIP. Wah pokoke resepnya tak contek abis……

    iya..di sono yang jualan berjejer ya… eh..depan undip atau di pahlawan ya… aku rada lali

  38. dopeicooking said: ci Ine … gimana bikin tahu gimbal yang ndak pake udang??? Kalo ndak salah kan tahu di kopyok ama telor ya? Gimana bikin yaaa???

    tahu telor itu. tahu di potongi kecil2 atau di remas hancur, kasi telur, garam dan merica (aku gak pake garam…soale mau mengandalkan gurihnya telur dan tahu) terus di dadar kayak bikin omelet tebal gitu.bumbu kacangnya sama..

  39. kruyfie said: glug….nelen ludah…

    bikin Luc…

  40. artasapto said: tahu gimbal emang ngangenin…udh pernah nyoba pak polo di jl majapahit arah pedurungan mbak?enake polll…tp nunggunya sampe tua..luamaaa bgt..hehehe..

    belum pernah, lha itu bukan daerah mainku…jauuuh

  41. estihkw said: ugh…ngiler..jadi pengen nyaplok gimbal udang .

    hehehe…

  42. lyan42 said: belon pernah nyoba nih Ci… kapan2 aku praktekin resepnya ya Ci…

    iya Ly, silakan

  43. elkaje said: tahu telor itu. tahu di potongi kecil2 atau di remas hancur, kasi telur, garam dan merica (aku gak pake garam…soale mau mengandalkan gurihnya telur dan tahu) terus di dadar kayak bikin omelet tebal gitu.bumbu kacangnya sama..

    thank you ci Ine. You are the best deh. Semua resep ci Ine ada. :)

  44. bu ine..aku nyontek resepnya ya…krn aku penggemar berat tahu….;))

  45. evibachtiar said: bu ine..aku nyontek resepnya ya…krn aku penggemar berat tahu….;))

    toooos… sesama penggemar tahu Vi

  46. Ine…walah jadi ngiler aku sama tahu gimbalnya.Juga compliment utk blohmu…..wajah baru ya???? Cantikkkkk aku suka warnanya..sejuk dimata.

  47. pioenroos1012 said: Ine…walah jadi ngiler aku sama tahu gimbalnya.Juga compliment utk blohmu…..wajah baru ya???? Cantikkkkk aku suka warnanya..sejuk dimata.

    hehehehe… masak dong Cie…bulan lalu ketemu ama Sissy. Cie Enda dah pernah ketemuan juga ya…

  48. wah habis sahur ngelihat tahu gimbalnya mbak ine jadi langsung pengin buka puasa hehehe….aduh…jadi pengin pulang ke semarang!!

  49. liapasha said: wah habis sahur ngelihat tahu gimbalnya mbak ine jadi langsung pengin buka puasa hehehe….aduh…jadi pengin pulang ke semarang!!

    jangaaaan…. tunggu 12 jam lagi..ndak lama kog. hehehe…

Trackbacks & Pingbacks

  1. Tahu Pong « Dapur Elkaje

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 71 other followers

