Skip to content

POFFERTJES

August 8, 2005

Description:
Kata mami, ini khas Belanda, tapi resep yang ada, udah di modifikasi habis-habisan, supaya pas dengan selera keluarga. Nggak terlalu lembek, dan bisa mem-bal teksturnya. Untuk Variasi, bisa di isi SCC atau DCC yang di potong dadu 1/2 cm (tergantung lubang cetakannya), sehingga bikin poffertjes isi. Entah ini menyalahi pakem poffertjes atau tidak, tapi enak aja.
Yang polos dimakan dengan taburan Gula Bubuk dan kayu manis bubuk.

Ingredients:
350 gr Terigu Cakra
150 gr Tepung Maizena
100 gr Gula pasir
500 ml Susu hangat
5 butir telur
1 bks ragi instant(Fermipan/Haan/Mauripan) (11 gram)
3 sendok makan Margarine di cairkan
1/4 sdt vanili powder
1/4 sdt garam

Directions:
1. Campur terigu, maizena, gula dan ragi instan, aduk rata
2. Campurkan telur dan sebagian susu aduk/mixer sampai rata dan
licin.
3. tuangkan margarine cair, sambil terus di mixer, dan sisa susu.
4. Diamkan agar mengembang.
5. Cetak dengan Cetakan Poffertjes, (jangan di tutup) apa bila
bagian bawah/pinggir telah matang, baliklah dengan cara di
cungkil dan tarik menggunakan tusuk sate. Jika telah matang, akan
merupakan kue yang bulat.
8. Di makan dengan ditaburi tepung gula/gula bubuk dan kayu
manis bubuk.

SCC : Spreadable Cheedar Cheese
DCC : Dark Cooking Chocolate

Note:

1. Jika di isi dengan SCC/DCC, potong seukuran dadu 1/2X1/2 cm.
setelah adonan di tuang, cemplungkan SCC/DCC tenggelamkan
dalam adonan dengan menggunakan tusuk sate.
2. Loyang jangan terus2an di oles margarine, karena ntar jadinya
bopeng2. sekali aja ngolesnya waktu pertama kali akan makai.
setelah itu, loyang jangan di cuci, tapi cukup di lap bersih
dengan tissue untuk menghilangkan minyak2 yang nempel, dan
bungkus dengan plastik.
3. satu resep ini, bisa jadi 80 butir lebih, jadi, kalau
keluarga kecil, 1/2 resep dululah, kan bisa sepiring munjung.

From → Kue, Tradisional

4 Comments
  1. mbak Ine,harus dimixer ya ? kalo enggak gimana ? aku pernah bikin poffertjes resepnya primarasa tapi kok kempes ya ? kira2 kenapa ya ?

  2. Mba Ine, Mira mau tanya apa bedanya tepung protein tinggi dan sedang krn di Australi cuman ada plain flour dan self raising. Juga Mira udh nyoba serabi Mba Ine, hasilnya knp tengahnya ga bolong2 ya, jd rasa/teksturnya sedikit berat ga mirib serabi. Apa karena Mira bikin pake cetakan carabikang, knp aslinya org pake tanah liat ya, MIra coba malah lengket ga lepas2…kl Mba Ine bisa kasih saran? Terima kasih banyak!:)

  3. sis..aku copy yaa..thank you..

  4. mbak aku minta resepnya….. terimakasih…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: