Skip to content

SOSIJSBROOD

August 23, 2005

Description:
Makanan kuno, entah nulis benernya gimana, pakai bahasa Londo sih,
Sosijsbrood. Dagingnya di modifikasi, bukan dengan roti tawar di rendam susu, atau dengan tepung roti, tapi dengan biskuit marie regal. biar lebih lembut dan gurih. (trik yang sama saya pakai untuk galantine yang emang memperkaya rasa)

Dimakan hangat dengan saus mustard, hm…… buat sarapan atau selingan sore hari sambil minum teh hangat!

Ingredients:
Kulit/ Pastry:
500 gr terigu cakra
100 gr margarine (diganti 50:50, margarine:butter)
150 cc air
2 kuning telur
250 gr pastry fat (pakai Blueband Pastry margarine), bisa juga pakai korsvet
1/2 sdt garam

Directions:
Kulit/ Pastry:
cara:
1- mixer bahan, kecuali pastry fat, sampai tercampur rata.
2 -tipiskan pastry fat dengan di bungkus plastik, sampai kira kira selebar
15X15 dengan tebal 1 cm.
3 -Tipiskan adonan tepung, sehingga dapat membungkus rapat pastry fat tsb.
4- Gilas dengan penggilas sampai lebarnya 3 kali lebar sebelum di gilas.
lipat 3 bagian.
5. ulangi step nomor 4, lalu diamkan selama 20 menit.
6. ulangi step nomor 4 dua kali
7 Tipiskan setebal 1/2 cm, siap di isi.
8. Potong panjang selebar 12 cm, beri isi daging, dengan cara, masukkan daging pada kantong plastik segitiga, gunting ujungnya selebar 2 cm, pencet kantong, agar daging keluar memanjang sepanjang kulit pastry. Olesi pinggiran kulit dengan air, lalu tutupkan sisi satunya. Potong sepanjang 4 cm.
Olesi atasnya dengan kuning telur, tata di loyang dengan jarak 3 cm.
panggang sampai kuning keemasan.

ISI
300 gr daging giling tanpa lemak
2 lembar smoked beef, haluskan
7 lembar biskuit marie regal di hancurkan
3 btr telur ayam
1 butir bawang bombay cincang halus
1 sdm margarine
1 sdt chicken powder (optional)
garam
merica
pala

cara:
tumis bawang bombay dengan margarine dan pala, sampai kuning
dan harum. Campurkan pada daging, campurkan semua bahan, aduk
sampai rata. Isikan pada kulit pastry

From → Kue, Pie/Pastry

12 Comments
  1. yang ini enak banget tapi bikinnya kulitnya rada ribet deh. maklum gak ahli sih🙂

  2. lienmei said: yang ini enak banget tapi bikinnya kulitnya rada ribet deh. maklum gak ahli sih🙂

    benar, butuh ketelatenan dan tenaga buat nge-rollingnya. tapi kalau jadi….. semua terbayar oleh kelezatannya.

  3. Congratulation Ine, yummy, kulitnya sungguh bagus rupanya bisa berlapis. Saya ketarik untuk mencobanya.

  4. ellytjan said: Congratulation Ine, yummy, kulitnya sungguh bagus rupanya bisa berlapis. Saya ketarik untuk mencobanya.

    iya bu Elly, emang butuh niat banget kalau mau bikin, tapi hasilnya…pasti enak

  5. Ci…. ini dagingnya dimasak sampe mateng juga atau cuman bawang bombaynya yg ditumis ? udah ngiler banget nih.. kebetulan, kerjaan kantor rada berkurang.. so mo nyobain resep2 yang udah diincer nih…. thank you yah.

  6. atansah said: Ci…. ini dagingnya dimasak sampe mateng juga atau cuman bawang bombaynya yg ditumis ? udah ngiler banget nih.. kebetulan, kerjaan kantor rada berkurang.. so mo nyobain resep2 yang udah diincer nih…. thank you yah.

    bawang bombaynya aja yang di tumis, trus kalau udah, di tuang di daging. dagingnya tetep mentah aja.

  7. elkaje said: bawang bombaynya aja yang di tumis, trus kalau udah, di tuang di daging. dagingnya tetep mentah aja.

    Thank you banget.. ntar dicoba….hmm udah kebayang deh nyum..nyum..

  8. Saya mau mencoba lagi , saya buat masih kurang sempurna. Thanks sharing resepnya Ine.

  9. ci, nyontek adonan isinya ya… soale, kalo aku yg bikin rasanya gak kerukeruan…. hehehehe…

  10. mayaekt said: ci, nyontek adonan isinya ya… soale, kalo aku yg bikin rasanya gak kerukeruan…. hehehehe…

    lah..yang susah justru kulitnya May:-))

  11. Ci… dah lama banget pengen bikin ini…. libur ini bisa ngak ya ???? resepnya aku coba ya Ci…. thanks…. resepnya Cici yahud semua deh

  12. selamat mencoba ya Ly… ini ribet, tapi kalau dah jadi…puaaaaas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: