Skip to content

Nasi Tim Ayam

November 7, 2005

Description:
Ini resep nasi tim ayam kesukaan keluarga.
Dulu dalam tumisan ayam, suka di kasi potongan ampela ati juga.
Cuma sekarang kami hindari jerohan. Meski ini ada ukurannya,
aku kalau masak cuma main cemplang cemplung, pokoknya, nasi dan ayam seimbang volumenya.

Sebelnya, kalau beli…isi ayamnya basa basi🙂 anak-anakku lebih suka bikin sendiri. Khusus buat anak-anak cetakannya pakai cetakan bluder, yang lebih gede dan tinggi dari cetakan muffin, tapi lebih kecil dari cetakan nasi tim.

Siapkan dulu Kaldu ayam, dari 10 buah cakar ayam, di bersihkan, patah2kan, dicemplungkan ke dalam 2 Lt air mendidih, kecilkan api, masak selama 30-45 menit sampai sari ayam keluar. Kaldu siap digunakan.

Ingredients:
AYAM TUMIS :
2 sdm minyak wijen, untuk menumis (pakai minyak goreng atau minyak
ayam juga boleh)
3 siung bawang putih, cincang halus
2 cm jahe, geprek
500 gr daging ayam, potong dadu 1 cm
2 sdm kecap asin
2 sdm kecap manis
1 sdm angciu (optional)
200 gr jamur merang, belah 4 atau 6
(kalau suka, jamur shitake kering, agar lebih harum)
100 cc air/kaldu
2 sdm maizena, encerkan dengan sedikit air

NASI TIM :
1 sdm minyak goreng, untuk menumis
1 sdm minyak wijen, untuk menumis
1 siung bawang putih, cincang
2 cm jahe, geprek
1 sdm kecap asin
garam
500 gr beras pulen, cuci, tiriskan
1200 cc air (atau lebih, kalau mau lebih lembut nasinya)

PELENGKAP:
2 sdm Tong Cay
3 batang daun bawang, iris halus, untuk taburan
sawi hijau/bokcay rebus

KUAH AYAM :
1 sdm minyak goreng, untuk menumis
1 sdt minyak wijen, untuk menumis
2 siung bawang putih, cincang
1 cm jahe, geprek
1,250 cc kaldu ayam
½ sdt merica bubuk
1 sdt garam

Directions:
1. Ayam : Panaskan minyak goreng dan minyak wijen, tumis bawang
putih dan jahe hingga harum, masukkan potongan ayam. Aduk hingga berubah warna, masukkan kecap asin, kecap manis, kaldu/air dan Jamur. Aduk sebentar (3 menit) sampai jamur layu, tuang larutan maizena, aduk, angkat. buang jahenya.
2. Nasi tim : Panaskan minyak goreng dan minyak wijen, tumis bawang
putih dan jahe hingga harum, masukkan kecap asin, garam dan beras.
tuang air/kaldu, aroni hingga kaldu terserap habis. Angkat.
3. Olesi cetakan nasi tim dengan minyak, taburi sedikit tong jay,
taruh beberapa sendok makan nasi aronan, taruh bebeapa sendok ayam tumis, tutup dengan nasi aronan. jangan di tekan ya, tuang dan ratakan saja.
4. Siapkan dandang/langseng, didihkan airnya, masukkan cetakan nasi,
kukus selama 30 menit.
5. Kuah ayam : Panaskan minyak goreng dan minyak wijen, tumis bawang putih dan jahe hingga harum, masukkan kaldu, merica bubuk,
garam.
6. Sajikan dengan kuah ayam yang ditaburi dengan irisan daun bawang dan sawi rebus.

19 Comments
  1. elkaje said: Ini resep nasi tim ayam kesukaan keluarga.Dulu dalam tumisan ayam, suka di kasi potongan ampela ati juga.Cuma sekarang kami hindari jerohan. Meski ini ada ukurannya,aku kalau masak cuma main cemplang cemplung, pokoknya, nasi dan ayam seimbang volumenya.Sebelnya, kalau beli…isi ayamnya basa basi🙂 anak-anakku lebih suka bikin sendiri. Khusus buat anak-anak cetakannya pakai cetakan bluder, yang lebih gede dan tinggi dari cetakan muffin, tapi lebih kecil dari cetakan nasi tim.Siapkan dulu Kaldu ayam, dari 10 buah cakar ayam, di bersihkan, patah2kan, dicemplungkan ke dalam 2 Lt air mendidih, kecilkan api, masak selama 30-45 menit sampai sari ayam keluar. Kaldu siap digunakan.

    kalau biasanya yang aku tahu bikin nasi tim ayam kan, berasnya yang dipakai dicetakannya, terus ditambahi air kaldu, selain ayam. kalau resep ini berasnya dimasak dulu ya… boleh tau ga, kenapa dimasak dulu berasnya?thanks ya..pengen bikin nasi tim ayam nih, belum pernah yang coba sendiri. Engga/belum punya cetakannya juga sih.. kalau engga dicetak, langsung dibuat bareng2 enak engga ya…? jadi tinggal ambil2 gitu pake sendok..🙂

  2. admonike said: kalau biasanya yang aku tahu bikin nasi tim ayam kan, berasnya yang dipakai dicetakannya, terus ditambahi air kaldu, selain ayam. kalau resep ini berasnya dimasak dulu ya… boleh tau ga, kenapa dimasak dulu berasnya?thanks ya..pengen bikin nasi tim ayam nih, belum pernah yang coba sendiri. Engga/belum punya cetakannya juga sih.. kalau engga dicetak, langsung dibuat bareng2 enak engga ya…? jadi tinggal ambil2 gitu pake sendok..🙂

    Monike, aku malah baru tahu nasi tim yang dari beras langsung. kalau kamu nanya, kenapa berasnya di masak dulu? hihihi…lha aku diajarinya gitu, trus waktu mencetak, bumbu ayamnya nggak bercampur dengan nasinya. mungkin kalau dari beras langsung, matang bareng ayamnya ya? bumbu ayam dan nasi, campur dan sama rasanya barangkali ya.bisa aja di buat dengan cetakan cake yang bentuk tulban atau bulet gitu. Atau pakai mangkuk keramik yang gede. Ntar mau makan, tinggal di tumplek di piring gede, trus di sendokin.

  3. mbak ine, aku semalem coba bikin resep ini dan suksess.. ooh betapa bahagianya..tapi aku mo tanya, kayanya aku rada banyakin kecap asin dan manisnya karena aku ingin warnanya lebih coklat spt di resto2. kalo pake kecap asin hitam yg kental itu gmn? sekalian mau tanya, apa bikin kaldu cuma pake ceker aja bisa, aku semalem ga ada ceker, jadi pake tulang dada aja… makasih utk resepnya yahh..

  4. Seneng banget ngobrak/ik dapurnya mba Ine … secara aku suka banget chinese food :):):) TFS🙂 …BTW aku mah ketang segala masakan juga suka ajah ….*dasar gembul* ….

  5. akhirnya ketemu juga resep ini…aku lagi masalah sama perut niy…jadi musti makan yg ‘sehat2’ :Dthanks ya mba…

  6. yummy banget… Cik Ine … aku copy resepnya yach buat acara kumpul2 reuni teman kuliah, kebetulan anak2nya masih pada kecil2 jadi cucok makan nasi tim …

  7. Nyontek ya Ci Ine, buat bikin nasi tim nya Mecca..:)

  8. Mbak Ine, saya mau coba ya…. boleh dong😀 BTW, sudah pernah coba Nasi Tim Ayam yang ada di Puncak belum?. Kalau ngak salah di depan pasar Cipanas dan namanya “Kalimantan” (kalau ngak salah ya…), wah saya kalau ke Puncak, pasti deh ngak bakal lupa mampir ….

  9. Ci Ine, aku lagi cari resep Nasi Tim Ayam, kebetulan ketemu di Sitenya Ci Ine, boleh aku Copas? anakku dua2nya lagi mogok makan nich…kali aja dibikinin nasi Tim Ayam jadi mau makan. Thanks ya Ci.

  10. kenalan donk mbak, aku sdh praktekin resep nasi tim mbak Ine pas waktu lagi ngidam nasi tim, aduh enak sekali, padahal aku blm pernah bikin nasi tim sebelumnya lho. Makasih yah mbak🙂

  11. aku lg nyari2 resep nasi tim buat sikecil, moga2 dengan resepnya ci2 sikecil tambah doyan mkn, aku copy2 yach resepnya ci. thx lho.

  12. mom .. minta resepnya yaa .. lagi nyari resep ini neh suami ku lagi sakit typus .butuh makanan yang lembut lembut niat nya pengen aku buatin nasi tim😀 tfs ya mom .. aku catat yaa :”> nanti aku kasih tau klo dah jadi hehehe

  13. ma kasihh ni resepnya….aku lg pusing mo bikin lauk apa lagi buat zidan….kayaknya cocok jg buat bekal sekolah,yah…musti bangun pagi2 biar siap santap di sekolahnya…thanx

  14. barusan dah selesai bikin nasi timnya… yummy jg🙂 sayangnya aku gak punya daun bawang dan kuah ayamnya….

  15. nah ini, resep nasi tim yang aku cari-cari…mau aku coba buat baby milinka .. makasih banget ya ci Ine (hehe, lam kenal dari aku)..

  16. boleh dicopy ya resepnya?? tsabit lg radang nih jd mesti makan yg lembut2..tfs ya ci..

  17. hai, salam kenal. bingung nyiapin bekal anak-anak saya ni. Langsung saya copy paste ya? kebetulan mereka suka nasi tim ayam. semoga mereka suka yg ini.

  18. mbak Ine, mau tanya dong, apa beda prinsipil antara nasi hainam & nasi tim ?kalau ayamnya sih emang beda ya,tapi bumbu2 yg dipakai utk masak nasinya itu sama atau beda sih mbak? tks

  19. Mbak ineeeeeee…. dr kemaren aku bikin ini. Hihihi. Soale suami lg sakit gigi. :p Makasih yaaah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: