Skip to content

WEDANG KACANG

November 20, 2005

Description:
warung wedang di Solo, biasanya sedia wedang dongo, wedang kacang (kacang tanah), wedang kacang ijo.
Wedang kacang ini khas, manis dan gurih, apalagi kalau keempukan kacangnya, bisa dikremus dengan lidah saja. Keruhnya kuah, bukan karena
santan, tapi karena lamanya merebus kacang.
Kalau nggak mau di makan hangat, bisa di tambahkan es batu, tanpa menyertakan ketannya. (ketan cuma enak untuk wedang)
Minum/makan wedang ini, bisa sambil menggigit cakwe, sehingga tambah sensasi gurih dan rada alot.

Ingredients:
bahan:
500 gr kacang tanah kupas tanpa kulit ari
3000 ml air
500 gr gula pasir
1 sdt garam
2 lembar pandan, di simpul
1 potong jahe.

Pelengkap:
125 gr ketan putih, di rendam 2 jam
65 cc santan sedang
sedikit garam
selembar daun pandan

Directions:
cara:
Rebus Kacang dalam air bersama daun pandan dan jahe, sampai kacang empuk sekaleee dan kuah menjadi keruh.

** dengan panci biasa, bisa butuh waktu 4 jam, kalau air kurang, tambah dengan air mendidih
** dengan panci tekan, butuh 30-45 menit.

Buang pandan dan jahe, masukkan garam dan gula (jangan masuk semua, cicipi dulu manisnya)

Pelengkap:
kukus ketan sampai bening, sementara didihkan santan dengan garam dan pandan.
Masukkan santang setengah matang ke wadah santan, sambil di aduk2 sampai santan terserap. Lanjukan kukus sampai ketan matang.

Penyajian:
taruh di mangkuk, sesendok munjung ketan, siram dengan wedang kacang.
enak juga di makan bersama sepotong cakwe, di malam yang dingin2 atau untuk berbuka puasa.

9 Comments
  1. makaci ya mbak .. ini kalo @Surabaya namanya Kacang Kuah … si abang2nya liwat pagi hari.Dimakannya bareng sama cakwe (logh sama ya ? :D).

  2. ada resep bikin cakwe gak mba Ine ?Makaci🙂

  3. udah nyoba kacang kuahnya…enak ci, dimasak pake slow cooker..Trus kemaren sekalian nyoba bikin cakuenya, tapi gagal…Ngga tau, mgk baking soda-nya ketuaan…ato kenapa:(. Jadinya cakue-nya lengket, dan ngga isa bolong2:((…..

  4. Alo Ci Ine…salam kenal yach. Thank you resepnya. Baca kata wedang kacang jadi kangen sama Semarang nih ci. Tanya yach, kalo ndak pake daun pandan gituh bisa ndak ya? Soalnya agak susah cari pandan di sini…Thank you again….

  5. Matur nuwun Mbak resepnya, kemarin saya mendadak kangen wedang ini padahal jadwal mudik masih lama…

  6. makasih ya resepnya. dulu waktu masih di semarang suka makan yang ini..

  7. mbak ine kayaknya resep ini dengan beberapa modif..masuk laporan (IFW) Wedang Kacang Tanah/ Wedang Kacang Putih..hebat oi resepnya….:D

  8. mbak ine, saya ijin nyoba resepnya dan modif dikit utk IFW ya. Sebenarnya saya sdh nyimpen lama resep ini di kompi, tapi lupa link-nya, so pas kemarin mau buat langsung aja buka arsip. Baru setelah di centhong mbak tanti saya googling lagi dan nemu link ini. So mohon ijin ya mbakMohon maaf kalo ijinnya terlambat. Boleh ya mbak ya….Trus di web IFW dicantumnkan juga link resepnya disini. Thanks before

  9. elkaje said: warung wedang di Solo, biasanya sedia wedang dongo, wedang kacang (kacang tanah), wedang kacang ijo.Wedang kacang ini khas, manis dan gurih, apalagi kalau keempukan kacangnya, bisa dikremus dengan lidah saja. Keruhnya kuah, bukan karena santan, tapi karena lamanya merebus kacang.Kalau nggak mau di makan hangat, bisa di tambahkan es batu, tanpa menyertakan ketannya. (ketan cuma enak untuk wedang)Minum/makan wedang ini, bisa sambil menggigit cakwe, sehingga tambah sensasi gurih dan rada alot.

    Bgmn dg wedang Ronde? gmn cara meyimpan bulatan ronde matang spy tdk hancur, krn klo direndam dlm air gula tetap hancur….thx.b4

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: