Skip to content

CINNAMON Roll

November 22, 2005

Description:
Harum kayumanis dan gurihnya kenari plus manisnya kismis, membuat roti ini kaya rasa. Dimakan hangat, asyik banget.

Pada resep aslinya, roti di jejer rapat, sehingga hasilnya saat matang jadi seloyang roti terdiri dari bulatan2 yang berdempetan. Sedangkan aku kalau bikin, dibiarkan nggak berdempetan, atau bahkan tiap bulatan, kutaruh di loyang muffin lebar, agar rata bulatnya.
Melingkar lingkarnya sih tetap, justru inilah cirinya.

Aslinya ini dari Femina Jadoel (lagi..lagi..), sudah kurevisi sedikit, biar pas dengan lidahku. Teksturnya nggak sama dengan Saint Cinnamon, tapi enaknya itu belum bisa di beli di bakery🙂

Ingredients:
Bahan :

300 gr Tepung Terigu
1 butir telur
100 cc susu cair dan 50 air hangat
50 gr gula pasir
50 gr margarine+butter
1 bungkus Fermipan
1/4 sdt bread improver
garam

Bahan isi:

50 gr margarine
50 gr gula palem
100 gr kismis
50 gr kenari cincang
1 st kayu manis bubuk

Directions:
1. Campurkan terigu, garam dan Fermipan
2. Tuang air dan susu sedikit sedikit, lalu tuang gula pasir dan telur
3. Uleni sampai rata
4. Terakhir masukkan margarine
5. Uleni sampai adonan tidak melekat di tangan, diamkan selama 1 jam
6. Sementara itu, adonan isi di buat, yaitu kocok margarine dan gula palem sampai rata.
7. Gilas adonan setebal 1/2 cm. Olesi dengan margarine kocok tsb, sampai seluruh permukaan tertutup rata.
8. Taburi dengan 100 gr kismis dan 50 gr kenari, terakhir taburi dengan bubuk kayu manis, gulung padat padat, lalu potongi 1 1/2 cm.
taruh di atas loyang dengan jarak 1 cm. Biarkan mengembang dan saling rapat.

(versiku, taruh di loyang beri jarak spy tidak berdempetan atau malah di taruh di loyang muffin)

9. Olesi dengan telur atau susu, panggang selama 20-30 menit.

From → Kue, Roti

4 Comments
  1. Mbak, itu es batunya seberapa banyak ya?Terus, pake mikser diadonin berat gak ya? maklum mikserku hand mixer doang.

  2. Maaf…itu pertanyaannya salah kamar

  3. testimonial: Cinnamon bunnnya enak banget mbak… wanginya itu lho yang gak tahan… gak kalah sama yang ada di bakery ya…Btw aku manggangnya belum pernah di loyang muffin… next time aku coba… pasti lebih cantik ya..:)TFS resepnya ya mbak…

  4. Mbak, loyang nya yg tinggi nya berapa ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: