Skip to content

KUO TIEH

November 22, 2005

Description:
kuo tieh sejenis
makanan dimsum juga, resep dari Aneka Hidangan Dim Sum Mary Winata,
yang sdh di modifikasi dikit.
Biasanya yang jual kuo tieh ini orang pontianak, dan menggunakan
dagign babi. Tapi yang ini, sudah di ganti daging ayam dan udang,
rasanya nggak kalah enak, yang pasti…..halal!kuo-tieh

Ingredients:
kulit :
370 gr Terigu Cakra
160 cc air mendidih
80 cc air biasa
1 sdt garam
2 sdm minyak goreng

Isi:
200 gr daging ayam/babi cincang
100 gr udang cincang
6 lembar sawi putih iris halus.
2 siung bawang putih haluskan
air jahe (dari 1 ruas jahe dihaluskan, tambahkan 3 sdm air, peras dan
saring airnya)
1 sdm kecap asin
1 sdm kecap ikan
1 1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/4 sdt merica bubuk
2 sdm minyak wijen
2 sdm tepung sagu

untuk memanggang :
kaldu ayam atau air+chicken powder+minyak wijen
(bagi yang mau, ditambahkan 1 sdm angciu pada 150 cc kaldu/air
berbumbu ini)

Directions:
cara isi:
aduk semua bahan isi sampai rata.

Cara kulit:
campur tepung, minyak, garam dan air mendidih, aduk dengan sendok
kayu. diamkan selama 3 menit. uleni adonan dengan tangan, sambil
masukkan air biasa, sampai adonan rata dan tidak lengket di tangan.
tutup adonan dengan kain, diamkan selama 30 menit.

penyelesaian:
ambil adonan sebesar telur puyuh, tipiskan dengan menggunakan roll
(spt bikin kulit hakau, tapi harus benar2 tipis)
isi dengan 1/2 sendok teh adonan isi, bentuk spt hakau.

cara memasak:
siapkan wajan teflon atau wajan martabak manis
beri 1 sendok makan minyak goreng, ratakan, panaskan wajan
tata kuo tieh di wajan, masak selama 1 menit dalam keadaan tertutup.
Tuangkan lebih kurang 150 cc kaldu ayam atau air berbumbu.
tutup lagi, masak dengan api kecil sampai air habis, sampai kulit kuo
tieh berkilat. Angkat, hidangkan hangat.

7 Comments
  1. hi ibu ine.. met kenal, dapet blog ini by accident aja, karna lagi nyari resep ngo hiang, eh keterusan jadi liat” yang lain.. saya juga suka masak dari kecil, fyi aja kuo tie itu makanan khas shantung (shan dong).. jadi kalo yang jual orang pontianak berarti itu palsu :pharus cari yang jualan orang shan dong asli, lalu untuk cocolannya adalah bawang putih parut, minyak wijen, dan cuka hitam, juga tambahan tips untuk sawi putihnya di cincang sesudah itu di peras airnya supaya jadinya garing” nanti nya pas di makan.. (lianna)

  2. Mbak Ine, pernah dengar atau lihat ngak ada bak pao di steam ala kuo tieh? Orang Taiwan sangat suka sama pao di steam ala kuo tieh ini. Jadi di kombinasi deh antara pao dengan style kuo tieh.

  3. hwalah koq postingnya ilank, intinya aq uda nyoba resepnya n sukses bgt.. Btw aq mo nanya cara nyimpen kulit kuo tieh dalam jumlah banyak supaya ga nempel gimana ya ? N betah berapa lama kalo disimpen di kulkas.. Spy kalo aq mo maem tingal bikin isinya doank.. Thx ya ci.. Pls reply lohhhh…

  4. Btw aq bikinnya sawinya ga pake diperes, soalnya aq uda coba kalo diperes kres2nya jadi ilank.. Cocolannya aq pake bawang putih cincang yg banyak + sdkt cuka + kecap ikan + sdkt minya wijen n dicampur sambel jempol sedikit.. Wuihhh maknyussss…

  5. wah..aku gak pernah tuh nyimpen kulitnya.tapi kalau memang mau coba, simpan dalam wadah tertutup rapat ya…berapa lama? kayaknya kalau udah jadi dought gitu paling cuma seminggu.

  6. bu klu saya mau pesen dimsum utk tgl 10 bisa nga ya… dan berapa ya 1 porsi

  7. yesi permalink

    Halo Bu Ine,kebetulan saya suka banget ama kuotie dan rencana mau coba bikin. resep diatas untuk berapa pcs kuotie yah bu? karena baru mau coba jadi ga mau banyak2 takut mubazir..hehe..
    O iya untuk buat kulitnya harus pakai sendok kayu yah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: