Skip to content

ONDE ONDE KETAWA

November 22, 2005

Description:
Di Solo, di jalan Notosuman, dekat yang jual srabi, ada yang bikin onde onde ini, dulu onde onde ketawa jadi oleh2 khas solo, sekarang sudah mulai hilang tergeser oleh2 lain.
Gampang membuatnya, rasanya manis gurih dan harum wijen.
Cocok untuk teman minum teh sore hari.

Ingredients:
25 gr Margarine
125 gr gula pasir
250 gr terigu cap kunci
1 st baking powder
2 butir telur ayam
air masak
5 sendok makan biji wijen
minyak untuk menggoreng.

Directions:
1. Kocok margarine dan gula hingga gula larut. Masukkan telur, kocok
hingga kental.
2. Masukkan tepung terigu dan baking powder, aduk hingga rata.
3. Ambil adonan kira kira sebesar bola pingpong.
4. Bulatkan adonan, celup dalam air, dan gulingkan dalam wijen
hingga rata.
5. Goreng dalam minyak hangat hingga bola bola mulai merekah.
Besarkan apinya, dan goreng hingga kecoklatan.

From → Gorengan, Kue

13 Comments
  1. kalau liat makanan ini, inget teman kuliah dulu. Nyokapnya buat onde2 ketawa ini di rumahnya kebetulan kita2 lagi main disana. jadi ikutan nyobai-in dech. Enak..ntar kapan2 aku coba buat disini. tapi terigu kunci-nya ngga ada. mungkin terigu biasa bisa juga. sekalian tanya, kalau digoreng nanti, meletup2 ngga ?🙂 takut euy..kecipratan minyak.Thanks resepnya yach..

  2. thanks God…akhirnya ada nemu juga resep onde2 ketawa. Aku bilangnya, kue ketawa…dulu sering dibawain dr Binjai (tetangga Medan) oleh Mak Tuo. Giliran ditanya resepnya, Mak Tuo ga’ tau, krn yg bikin anaknya…Makasih banyak Mbak Ine yang TOP BGT

  3. Mbak Ine, makasih banget ya!..udah lama diriku mencari-cari resep “gelek” ini. Mamaku sering terkangen-kangen sama gelek kecil…jadi buletinnya dikecil-kecil seukuran kelereng gituh…duh..tengkyu brattsss…nyonteks yach!

  4. hihihihi…gelek ya? aku tahunya gelek itu donat isi, atau roti goreng, isinya coklat atau kacang ijo gitu. yang di buletin kecil2 bukannya keciput Dew? bentuk onde2 juga, tapi kecil dan crispy.

  5. Ci Ine, ini mirip kue bantal ngga? Kayaknya kalo beli cakwe, suka ada roti wijen yg dilipat patah gitu, mirip2x kah?

  6. thanks say akan resepnya…lagi nyari eh….ketemu di MPini kesukaan Kita sekuluarga waktu di Medan.

  7. lupa pakai tepung terigu biasa boleh tdk…..????habis kagak ada yg jual tepung terigu yg ber cap2 =(

  8. Wah jadi teringet gelek semarang. Makacih mbak ine share resepnya. Pasti tak cuba nanti

  9. Aduh tuh onde2 … bikin aku inget jaman dulu dikampungku camilan kesukaanku,ada tuh kayak gitu, tapi lebih tapi namanya endhok gluduk. Ikutan ngintip resepnya ya ….

  10. Ci Ine, resepnya aku contek yah🙂

  11. mbak makasih yaa…aku sering bikin nich buat camilan anak2..soalnya di sini musim dengin btw gppkan aku conek resepnya…thanks

  12. hiks… kmrn bikin gagal😦 tnx ya resepnya… tar percobaan ke 2 pake resep ini de😀

  13. wow perlu dicoba nih….:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: