Skip to content

Pindang Kudus

December 11, 2005

Description:
Pindang kudus enak di makan dengan sambal bajak dan kerupuk udang/kerupuk kampung. Di sajikan di atas piring yang di alas daun pisang, pindang panas-panas di tuang di atas nasi, alat makannya bukan sendok, tapi suru!

Ingredients:
BAHAN :

500 gram daging sapi Sengkel, rebus, potong-potong 2X1 cm
1.500 ml santan encer
250 ml santan kental
200 gr daun melinjo
2 cm lengkuas, memarkan
3 lembar daun salam
garam, gula jawa
1 sendok makan asam jawa, di tambah 3 sendok air, di remas2 ambil airnya
1 sendok makan minyak, untuk menumis

BUMBU HALUS :

5 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1 sendok makan ketumbar
1/4 sdt jintan
5 buah keluwak
1 sendok teh terasi
2 cm kencur

Directions:
CARA MEMBUAT :
1. Tumis bumbu halus bersama salam dan lengkuas hingga harum.
2. Masukkan daging. Aduk-aduk hingga daging tercampur bumbu.
3. Tambahkan santan encer, air asam, garam dan gula jawa. Masak hingga daging empuk dan bumbu meresap. Masukkan santan kental, setelah mendidih, masukkan daun melinjo, angkat.

From → Uncategorized

4 Comments
  1. lagi kangen pindang kudus, eh nemu resep ini..kemaren sudah praktek, wah enak bgt de.. hehehe..thx ya resepnya..sayang aku agak kebanyakan santan, enak sih gurik, tapi jadi agak eneg, hehe..

  2. Di Kudus lebih lazim pakai krupuk rambak (kulit).. hehehe… atau kripik paru yg irisan parunya agak tebal jadinya agak alot gitu pas digigit. Bersama sate jerohan dan telur ayam (kalo nyediain pindang ayam). Aku blom pernah makan pindang kebo, selalu pilih yg pindang ayam…hehehe….sekarang entah pindah kemana itu pindang Kudus yg dulu di Simpang 7. Pak Denuh kurang sip rasa pindangnya… ada yg lebih nyamleng lagi… tapi gak tau dimana skrg tempat dagangnya :((

  3. bagi nyang suka pindang kebo yang nyampleng ada di jalan johar kudus…..namanya pindang mapan (lima lapan)…..enak sih cuma yang ini heavy taste……aku lbh cenderung ke pindang ayam bojana…..lebih minimalis tapi menggores kesan mendalam…(halah!)

  4. waahh.. aku sudah bertahun2 ga makan pindang kudus karena tinggal di luar negeri. memang yg paling top itu pindang mapan:) sayangnya disini ga ada kluwak dan daun melinjo. nanti aku coba minta dari indo. sudah pingin banget coba bikin.seneng banget liat2in resep2nya, karena banyak makanan khas semarangan🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: