Skip to content

Bakmoy

December 15, 2005

Description:
Entah kenapa ya, nasi bakmoy dulu seperti jadi makanan wajib di rumah duka, yang disajikan di malam kembang, malam terakhir sebelum jenasah di kubur atau kremasi untuk para tamu yang mengungkapkan rasa duka cita. Gak semua orang kedukaan menyajikan makanan berat macam nasi bakmoy, Umumnya yang menyuguhkan nasi Bakmoy di malam kembang, hanya yang golongan kaya.. karena perlu efort khusus untuk menyajikannya.

Mungkin kalau masa kini, identik bubur ayam yang disajikan buat pengunjung rumah duka di malam kembang. Nasi bakmoy di rumah duka, di sajikan dengan menggunakan piring, dan kuahnya tidak terlalu banyak -nyemek- saja.

Nasi Bakmoy kering… yang tidak dibanjiri kuah, disebut nasi bakpui.

Di Yogya, tahun 70-an, dekat bioskop Rahayu, ada nasi bakmoy ngetop banget.
Di sajikannya pakai mangkuk, nasi campur bakmoy, di siram kuah panas.
Mirip makan nasi soto. Yang jual, kayak orang jepang, laki2, tinggi besar gemuk, rada botak
tapi rambutnya panjang di ikat atau di konde cempol. Mengingatkanku pada pe-Sumo gitu.

Layaknya makanan khas Semarang, air bawang putih mentah sebagai bumbu langsung, tidak ketinggalan dalam penyajian ini. Tanpa air bawang putih, bakmoy tidak punya rasa khas

Ingredients:
Bahan:
2 buah tahu cina, potong 1/2 X 1/2 cm, goreng setengah matang
200 gr daging ayam, rebus sampai matang, potong2 kecil2 sebesar tahu. Kaldunya jangan di buang.
5 buah telur ayam, di rebus, kupas kulitnya.
2 sendok makan ebi, di rendam, di hancurkan
3 bawang putih di geprek
2 sendok makan kecap asin
10 sendok makan kecap manis (atau sesukanya)
garam
merica

kaldu:
1.5 liter kaldu bekas merebus ayam (kalau kurang tambahkan air)
1 iris jahe
garam
bawang putih goreng, dihancurkan

pelengkap:
2 bawang putih di uleg halus, tambah dengan 10 sendok makan air matang
sledri di iris halus
bawang merah goreng
sambal kecap

Directions:
Cara:
Tumis bawang putih geprek dengan sedikit minyak sampai harum, masukkan ebi.
Masukkan daging ayam, kecap asin, kecap manis, tahu, garam, merica dan sedikit air,
asal tahu terendam air. Masukkan telur rebus, masak sampai bumbu meresap dan
telur berubah warna menjadi kecoklatan. (kira kira air menjadi 1/2 bagian)
sisihkan.

Kaldu:
Rebus bahan kaldu sampai mendidih, cicipi agar rasa asinnya pas, tambahkan bawang putih goreng.

Penyelesaian:
Taruh Nasi putih di mangkuk, tambahkan bakmoy dengan sedikit kuah coklatnya, setengah telur kecap, Tambahkan 1 atau 2 sendok makan air bawang
putih mentah (kalau nggak suka ya nggak apa2, tapi ini bikin rasa bakmoy istimewa)
taburi seledri dan bawang merah goreng.
Siram dengan kaldu yang mendidih.

Dimakan dengan nasi dan sambal kecap (plus krupuk udang)

From → Uncategorized

15 Comments
  1. Tok…Tok… tok….Permisi Mbak Ike, Salam Kenal dulu ya……abis ngintip bakmoynya Mbak Ike nih…jadi ngiler. Mau tanya mbak… Air bwg putih itu bikinnya gimana ya..? Apa cuma bwg putih halus trus ditambahin air? Thanks sebelumnya Mbak….Carla

  2. carla3 said: Air bwg putih itu bikinnya gimana ya..? Apa cuma bwg putih halus trus ditambahin air? Thanks sebelumnya Mbak….Carla

    Hai Carla, salam kenal dari ku.iya bikinnya cuma begitu kog. tapi pengaruh ke rasa bakmoynya besar :-)kalau kuhitung2 ya, beberapa masakan semarang…dominan rasa bawang putih mentah spt ini.kalau nggak pakai bawang, kurang rasa khasnya.Anak2 doyan lho, karena ndak melulu daging, tapi ada kelembutan tahunya. Selamat mencoba ya Carla

  3. Hi Ci Ike, salam kenal yah..aku mo nyabain ah bikin bakmoy yg ini..aku gak pernah tau bakmoy kaya apa, sampe my step sister minta dimasakin bakmoy. yg ada aku melongo..krn kan aku dr palembang, dan skrg kita lg kuliah disini…jadinya telp tante yg di surabaya, minta dikasih tau resepnya.. dan enaakkk bgt.. dan kayanya resepnya ci Ike lebih yummy nih… ntar ta cobain ah begitu kelar ujian =D

  4. vindaloo said: aku mo nyabain ah bikin bakmoy yg ini..aku gak pernah tau bakmoy kaya apa, sampe my step sister minta dimasakin bakmoy. yg ada aku melongo..krn kan aku dr palembang, dan skrg kita lg kuliah disini…

    salam kenal juga,cobain deh,jarang ada yang jual, padahal bakmoy ini nggak kalah ama soto atau sop.

  5. Semasa kecil saya, bakmoy itu ada dua yaitu Bakmoy Goreng dan Bakmoy Kuah. Ini istilah yang dipakai dirumah. Yang disebut bakmoi goreng itu adalah bakmoy yang cuman sedikit sekali kuahnya dan rasa kecap manisnya dominan. Biasanya pakai daging babi tahu dan ebi. Kalau Bakmoy Kuah itu bahannya juga sama cuman kuahnya banyak dan tanpa kecap. Itu yang biasa saya makan dirumah. Rasanya selama di Semarang saya tidak pernah makan bakmoy di restoran karena ini masakan rumahan. Memang benar kalau kadang2 di rumah duka zaman dulu sering dihidangkan bakmoy. Mengenai air bawang putih, kok rasanya tidak ada. Mungkin ada varian lain.

  6. greenhouse544 said: Mengenai air bawang putih, kok rasanya tidak ada. Mungkin ada varian lain.

    Menurut penuturan mami saya, Bakmoy memang berkuah banyak, sementara yang anda sebut bakmoy goreng, namanya Bakpui.soal air bawang putih, coba deh…pasti lebih greng rasa bakmoynya :-)thks ya sudah berbagi di sini

  7. salam kenal,mau tanya yang jual bakmoi didekat bioskop rahayu sekarang pindah mana, atau yang meneruskan ada gak? Thanks

  8. myangel21 said: salam kenal,mau tanya yang jual bakmoi didekat bioskop rahayu sekarang pindah mana, atau yang meneruskan ada gak? Thanks

    walah…. gak tahu aku..itu duluuuuuuuu lebih dari 30 tahun yang lalu. mbikin ndiri aja… kan udah ada resepnya nih :-))

  9. elkaje said: walah…. gak tahu aku..itu duluuuuuuuu lebih dari 30 tahun yang lalu. mbikin ndiri aja… kan udah ada resepnya nih :-))

    Yang penerusnya sudah pindah di Kelapa Gading. Alamat persisnya tanya sama kelurahan…

  10. greenhouse544 said: Yang penerusnya sudah pindah di Kelapa Gading. Alamat persisnya tanya sama kelurahan…

    yang mana sih pak? tadi tanya di kelurahan, malah orang kelurahan minta traktir🙂

  11. elkaje said: yang mana sih pak? tadi tanya di kelurahan, malah orang kelurahan minta traktir🙂

    Wong aku tanya sama pak Lurah, kemudian dia bilang itu kan istri saya yang jualan…He..he

  12. cie ine..aku mau nyontek nih…dulu mamiku sering bikin dan terkenal enak,tp sayangnya aku ga sempet blajar dr mami..nanti kalo dah berhasil aku mau post di blog-ku…nti aku laporan deh…salam kenal ya Cie..Oh ya cie, boleh tukeran link ga? blogku: http://lidiasianturi.blogspot.com/Biar lebih gampang belajarnya dr cie Ine…

  13. aidyl said: cie ine..aku mau nyontek nih…dulu mamiku sering bikin dan terkenal enak,tp sayangnya aku ga sempet blajar dr mami..nanti kalo dah berhasil aku mau post di blog-ku…nti aku laporan deh…salam kenal ya Cie..Oh ya cie, boleh tukeran link ga? blogku: http://lidiasianturi.blogspot.com/Biar lebih gampang belajarnya dr cie Ine…

    hallo Lidia, salam kenal juga.

  14. halo Cie..akhirnya aku dah bikin..sedikit aku modif dg tambahan bumbu chinese five spice..hasilnya enak cie…spt bayanganku…Sudah aku cantumkan sumbernya juga..Makasih ya cie..

  15. oya cie…aku juga dah add link ke resep2 di multiply cie ine..account multiplyku non active nih..hehehehe..aku lbh aktif d blogspot. Ada resep bakso rambutan ga cie? itu loh bakso ayam yg pake soun sampe keliatan diwut2…kalo ada mau dong….

Leave a Reply

