Skip to content

Mie Ayam Jamur

December 26, 2005

Description:
Saya sering masak mie ayam sendiri, karena pasti tidak pakai vetsin di banding kalau beli. Kadang, masak ayamnya sekaligus banyak, lalu simpan di lemari es. Kalau mau makan, tinggal keluarkan secukupnya, dan di panaskan. Begitu juga kaldunya.

Mie mentah untuk mie ayam, tahan 1 minggu dalam plastik rapat yang di simpan di lemari es. Dengan begini, suami dan anak2 pun dapat mengerjakan sendiri kalau pingin mie ayam jamur.

Masak ayamnya, sengaja nggak di rebus dulu. Pisahkan daging dengan tulang, tulangnya untuk kaldu, dagingnya ditumis dalam keadaan sudah di potong2, sehingga daging ayamnya bergumpal-gumpal unik.

Lebih sip lagi kalau mienya bikin sendiri, pasti tanpa air abu dan nggak ragu dengan formalin.

Ingredients:
2 Porsi mie basah mentah (Siap beli, untuk mie ayam, sekantong isi 5 gulung, atau bikin sendiri Lihat Resep Mie)
5 sendok makan minyak ayam/minyak wijen/minyak bawang
5 sendok makan kecap asin

100 gram caisim/sawi hijau potong2 5 cm, rebus sebentar.

Taburan:
1 lb daun bawang iris halus
2 sendok makan tongjay

ayam:
250 gram dada ayam tanpa tulang, potong kecil2 (1X1X2 cm)
100 gram jamur merang, di potong jadi 4
3 siung bawang putih
1 potong jahe di geprek
2 sendok makan kecap asin
1 sendok makan kecap manis
garam, mercia, gula (pengganti vetsin)
1 sendok makan tepung sagu
300 cc air/kaldu

Directions:
– Potongan daging ayam beri 1 sdm kecap asin dan merica, aduk rata, tambahkan 1 sdm tepung sagu, aduk rata, sisihkan.
– Tumis bawang putih dan jahe sampai bawang wangi, masukkan potongan daging ayam, aduk2 agar aroma tumisan bawang dan jahe menempel ke daging ayam, sampai ayam berubah warna.
– Masukkan jamur, kecap asin dan manis, tambahkan air/kaldu, garam, merica, masak sampai bumbu meresap dan ayam matang. sisihkan. ada sedikit kuahnya bisa untuk campuran mie.

Kaldu:
1 liter kaldu ayam bening
2 siung bawang putih
1 potong jahe di geprek
garam dan merica

cara:
– Tumis bawang putih dan jahe dengan sedikit minyak sampai bawang kuning dan wangi,
– Masukkan dalam kaldu, tambahkan garam dan merica, didihkan.

Penyelesaian:
– Rebus mie dalam sepanci air, sampai mie 3/4 matang, taruh mie dalam mangkuk yang sudah di beri 1 sm minyak ayam/minyak wijen/minyak bawang+ 1 sm kecap asin + 1 sm kuah dari daging ayam jamur.
– Aduk mie dan bumbu sampai rata.
– Tambahkan tumisan daging ayam jamur ke atas mie, sawi rebus, dan taburan.
– Sajikan bersama kaldu yang di taburi tongjay.
tambahan lauk jika suka:
pangsit rebus/goreng
baso sapi/ikan

From → Uncategorized

19 Comments
  1. salam kenal mbak… biarpun baru ikutan memeber NCC tp udah sering baca soal resepnya mbak ine hehehe.kali ini saya jd pengen bikin mie ayam ala mbak ine deh, abis komen di milis seru bgt, saya contek ya mbak buat di akhir pekan nih.. :)makasih…

  2. Salam kenal juga, seneng lho aku kalau resepku bisa bermanfaat buat orang lain, kayak dapat penghargaan gitu

  3. mbak, aku mau resep mie nya dong..

  4. coba ke Tags Mie, ada resepnya di Mie bawang goreng. tinggal di variasikan rasanya, mau pakai bawang atau tidak.

  5. Ci Ine, salam kenal. Saya sangat menyukai menu2 Cici. Dan mau ikutan jadi member NCC. NCC itu singkatan apa ya? Lalu bagaimana menjadi member dari milis tersebut. Terima kasih.Satu lagi, apakah Ci Ine punya resep masakan ikan tim seperti yang di restaurant-restaurant cina, seperti Nelayan, Samudra, dll.? Kalau punya boleh nggak minta resepnya.Terima kasih ya.

  6. hennyslamet said: Ci Ine, salam kenal. Saya sangat menyukai menu2 Cici

    salam kenal juga Henny. NCC itu Milis Natural Cooking Club, cari di yahoo groups deh Hen, trus subscribe di situ.resep2 ikan, ntar ya, kalau dah sempat nyoba2 lagi, aku posting. udah lebih 2 minggu nggak masak nih. hehehehee…. keenakan liburan .

  7. IIInnneeee… aku teriak nih dg suka cita manggil2😀 aku abis makan ini, asli aku copy dari sini plus pangsitmu sekalian. Jaap sukaa banget sampe ga bisa jalan kekenyangan.. makasih banyaakk!!

  8. jrdd said: IIInnneeee… aku teriak nih dg suka cita manggil2😀 aku abis makan ini, asli aku copy dari sini plus pangsitmu sekalian. Jaap sukaa banget sampe ga bisa jalan kekenyangan.. makasih banyaakk!!

    senengnya Ros, bisa menyenangkan suami. kemarin pagi juga abis bikin ini, anak2ku suka banget.biarpun di sekitar rumah banyak banget yang jual mie ayam, dari yang murah sampai bakmi GM, tapi kami hampir nggak pernah beli. hehehhe….lumayan…ngirit dan pasti higienis…tanpa msg

  9. Mbak Ine, resepnya saya contek yah🙂

  10. Mbaa Ine….Blhkan aku ikutan nyontek resep juga???Soalnya aku khan jauh jadi seperti rusa merindukan air….pengeeeen banget mkn mie ayamThx u yach GBU

  11. inge989 said: Mbaa Ine….Blhkan aku ikutan nyontek resep juga???Soalnya aku khan jauh jadi seperti rusa merindukan air….pengeeeen banget mkn mie ayamThx u yach GBU

    boleeeh

  12. lana,mbak ine aq mau nyontek menu mie ayam jamur ya, kebetulan anak2ku suka sekali mie ayam, lagian emang betul kata mbak ine, klo masak sendiri dijamin higienis dan tanpa msg,thank ya,

  13. mbak ine, aq tuh klo bikin roti kok slalu bantet sih, kenapa ya mbak?

  14. ci, barusan aku bikin mie ayam pakai resep topping ini… wah sedap banget🙂 apalagi makannya pakai homemade egg noodle. ternyata tak sesusah yg dibayangkan.

  15. Salam kenal mbak…terus terang aku sih paling demen keluyuran cuma buat nyenengin perut…apalagi mie ayam. mohon izin untuk copy paste resepnya mbak buat dicoba di rumah.. trims banget lho?!

  16. haloooo…sudah lama nyari resep yang klik dengan lidah kami…ternyata di sini pun adda…siiiipnamya aja, kok pake jahe biar apa?itu minyak bawang bikinnya gimana? thanks

  17. di pasar gg. baru (semarang), si ngkoh yang jual mie basah deket yang jual baju….jadi lebih gampang ya….siiiip tenan

  18. Sudah lama banget gak buka-buka es-mail,..pas lagi ngurutin (yang jelas gak mijet), in-boks eh..ketemu kiriman resep makanan favorite..wah ngepas banget dengan maunya kita. Makasi banget bu’e,..mestinya kirimin juga jamurnya. pokoke’ pararenkyu.

  19. nyoba resepnya ya, mba’….pengen nyuguhin mie ayam buat lebaran. biar ada yang seger2 pedesnya gitu…thanks^^

Leave a Reply

