Skip to content

Nasi Krawu Gresik

January 5, 2006

Description:
Resep asli dari Adekku, Liyah Suroboyo, tapi sedikit di otak atik karena bumbu lagi gak lengkap, caranya juga dibikin nyleneh, mengikuti selera saja.

Ingredients:
Bahan:

500 gr daging sapi sengkel (aslinya sih….gandik), potong2 melebar setebal 1cm searah serat
500 ml air (tambah secukupnya kalo tanpa panci presto) (versi Liyah 700 ml)
1 sdt garam
2 lembar daun salam
1 batang serai, digeprak

200 ml santan kental

¼ butir kelapa setengah tua, parut memanjang untuk poyah coklatnya
3 lembar daun jeruk purut

Bumbu Halus:
7 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 cm lengkuas (asumsi diameter sekitar 2 cm)
3 cm kunyit (asumsi diameter sekitar 1.5 cm) (aku gak pake, lagi abis:-))
1 sdm ketumbar
5 butir kemiri
1/3 sdt asam jawa
2 sdm gula merah
1½ sdt garam / sesuai selera

Pelengkap:
Nasi putih anget
Poyah Kelapa Kuning (aku gak pake, cukup poyah coklatnya aja)

Sambel terasi

Directions:
– Masukin potongan daging, air, garam, bumbu halus, daun salam dan sereh ke dalam panci presto. Proses selama 15 menit terhitung dari waktu berdesis. Matikan dan diamkan hingga tekanannya habis.
– Masak sampai air menyusut, bumbu meresap dan daging tambah empuk.
– tuang santan kental, Masak dengan api kecil dan tutup terbuka sambil sesekali diaduk sampai kuah mulei menyusut (jangan kuatir kalo dagingnya jadi koyak2, inilah ciri khasnya Krawu Gresik).
– Tiriskan dagingnya, sisihkan. Sisa kuahnya di campur dengan parutan kelapa setengah tua.
– Taruh parutan kelapa di wajan, tambahkan daun jeruk yang di suwir, Sangrai sambil di aduk2 sampe rata dan meresap, dan kering. Matikan api. Buang daun jeruknya.
– Daging di goreng dalam minyak banyak, jangan terlalu kering.
– Siap disajikan dengan pelengkapnya.

From → Uncategorized

7 Comments
  1. bikin poyah klapanya piye mbak? ini rupanya krawu…aku suka pake bumbu2 ini kalo masak daging tp ga ngeh namanya apa. ibuku suka bikin dlnya. jadi kangen niyyy…

  2. cara ku, kelapa+sisa santan rebusan daging di aduk, kasi daun jeruk, terus di sangrai dengan api kecil sampai kering. taburkan ke daging.Enak suweeerrr, untung di tulari Liyah resep tradisional yang enak2.

  3. iyo, liyah pakem soal masak2an tradisi hehehe…

  4. wahhh.. jadi pengin nyoba neh. resepnya. biar kangennya ilang ama nasi kampung halaman.. tengkyu..

  5. arygunawan said: wahhh.. jadi pengin nyoba neh. resepnya. biar kangennya ilang ama nasi kampung halaman.. tengkyu..

    sama2…selamat mencoba !

  6. kl yg asli gresik, dagingnya disuwir2 mbak…trus krawunya ada 2 mcm..wrna merah dan coklat, trus ada lagi namanya bumbu mangut…:)

  7. salam kenal mbak. tadi udah nyobain resep hasil googling kmrn dan hampir mirip ama yang mbak punya. pikirku kenapa hasilnya nggak coklat kaya beli jadi? e,e baru tau jawabannya ternyata pake digoreng yah? pasti karena itu hasilnya bisa kecoklatan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: