Skip to content

Putu Tegal

January 5, 2006

Description:
Ini putu sederhana banget. Cara bikinnya dan juga rasanya.
Tapi kog ya….ngangeni gitu. Dulu sering beli mbok tukang kue di solo dan semarang, tapi di jakarta, hampir tidak pernah lihat Putu Tegal ini. Kayaknya memang kurang populer ya.

Ingredients:
10 buah pisang raja yang tua
200 gr tepung ketan
60 cc air
1/2 butir kelapa setengah tua, parut memanjang
1/4 sdt garam
Gula halus untuk taburan
Daun pisang untuk alas.

Directions:
– belah pisang jadi 3, tata berjajar rapat di atas daun pisang yang di gelar di langseng.
– Campurkan tepung ketan dengan 3 sdm kelapa parut, diperciki 60 cc air. aduk rata. Bentuknya bukan adonan yang bisa di pulung, tetapi tepung yang berbutir butir, hanya sekedar lembab saja.
– Taburkan tepung ini merata di atas pisang, kira kira ketebalan hampir 1 cm.
– Campur sisa kelapa parut + garam, aduk rata, taruh gundukan kelapa di atas adonan tepung tsb.
– Kukus selama 25 menit.
– ambil dan sisihkan kelapa parut, potong2 putu tegal selebar 4X4 cm, gulingkan di atas kelapa parut.
– Sajikan dengan gula halus.

From → Uncategorized

8 Comments
  1. waaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa (saking ngilernya!!!) makanan kayak begini super langka mbak. aku jagi ngiler sengiler ngilernya hiks…sayang mbak in jauh, kalo ga udah tak samperin (sambil bawa piring)šŸ˜€

  2. Bikin dong, kan gampang. itu pisang metik di kebun, daun pisangnya juga. tepung ketan sih beli. Lha kelapa…pinginnya metik juga di kebun, tapi gak ada yang manjat, jadi…beli juga.wis….saat itu aku bener2 terkenang dirimu Fi.

  3. pisangnya ga ada yang raja di sini mbak. smua pisang filipina yang kuning itu loh. opo bisa? wong aku suka pingin tak goreng jadi lembek. kalo ngegoreng pisang suka pake yang ijo. nasiiiiiiibbb

  4. wah…embuh ya…gak tahu pisang filipina. Raja yang enak di masak menurutku Raja bulu. gak sepet kalau di masak.

  5. iyo mbak. ibuku kalo beli pisang selalu pisang raja kalo ga pisang tanduk. kalo udah dibikin nagasari wiiiiiihhhh..ludes. pisang goreng pun enak pake dua jenis pisang itu. aku jadi kangen tanahair mbak…tadi pagi udah ngobrol2 lagi sama masku, katanya kira2 kita pulang akhir april atau awal mei, mau menghindar dari keramaian anak sekolah liburan bulan april ntar. aku bisa maem pisang raja lagi dong asiiiikkkkk

  6. hehehehe..lucu juga liat mba arfie dan mba ine jadi kayak chat gitu..saut2an..^_^

  7. huehehehe… kebetulan waktu itu aku lg onlen, mbak ine lg onlen juga… mustinya MP buka chatting room juga ya…

  8. Aduh…jadi pengin pulang kampung ke tegal nih…bis di semarang ga ada..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: