Skip to content

Ba ba Au Rhum

January 11, 2006

Description:
Baba au rhum adalah gabungan antara roti dan cake yang dibuat di loyang tulban lalu disiram dengan sirup dan campuran rhum. Rasanya menjadi segar dan mengenyangkan. Kata Femina di mana resep ini di kutip, ini salah satu haute cuisinenya wong prancis. Resep asli di tulis, juga perubahan yang telah kulakukan.

Ingredients:
Bahan:
75 gr gula pasir
6 btr telur
1/2 sdt garam
1 bks ragi instan
180 cc air hangant
525 gr tepung terigu
175 gr margarine, kocok sampai warnanya pucat
2 sdm kulit jeruk sunkist yang sudah di parut (aku pakai jeruk lemon)
100 gr kismis (pakai sukade asli)
500 gr gula pasir (aku pakai cuma 250 gr saja)
125 cc air
1 buah jeruk sunkist, dipotong 2 (aku pakai jeruk lemon)
150 cc rhum (aku pakai 50 cc saja)
5 sdm selei apricot di cairkan dengan 2 sdm air jeruk nipis. (aku pakai 1 buah jeruk lemon, ambil airnya)

Directions:
– Kocok gula, telur dan garam sebentar, sisihkan.
– campurkan tepung dan ragi instant, aduk rata, tuangkan kocokan telur, sambil terus diaduk dengan mixer. setelah rata, masukkan margarine, tambahkan parutan kulit jeruk dan kismis (sukade)
aduk sampai rata
– Olesi cetakan kue dengan margarine dan taburi dengan sedikit tepung. tuang adonan kue ke dalamnya, diamkan selama 1 jam sampai adonan mengembang 2 kali dari semula.
– Panggang dalam oven dengan suhu 180 derajat, selama 45 menit sampai kecoklatan. Angkat, diamkan sebentar, dinginkan.
– Sementara itu masak gula bersama air sampai mendidih dan gula larut, masukkan potongan jeruk. Masak sampai jeruk layu. Angkat dari atas api, tuangkan rhum dan air jeruk. Aduk rata.
– tuangkan sirop panas2 ke atas kue yang masih berada di dalam cetakan, perlahan2 dan rata.
Diamkan selama 2 jam.
– Keluarkan kue dari loyang, lalu hias atasnya dengan di oles selei aprikot dan potongan jeruk,

From → Uncategorized

6 Comments
  1. nyam nyam🙂

  2. Mbak Ine, baba au rhum ini sama dengan bluder *eh.. bluder apa bludder* ya mbak? Aku pernah 2 kali bikin pakai resepnya mbak Riana cuma ngga pakai rhum dan topingnya cuma pakai taburan gula halus, enak manisnya samar2 pas makan pertama kalinya bingung.. ini cake apa roti sih? hehe.. tapi hasil pertamaku agag mengecewakan soale ambyar pas dipotong =(

  3. Entah ini roti atau cake🙂 caranya cake, hasilnya mirip roti. pokoke enak.bisa juga gak usah pakai rhum, aku pernah nyoba di siram dengan sirop lemon aja, tetep seger. padat mengenyangkan. soal bluder, ada yang nyebut bluder, bruder, brudel wis…emboh lah. hehehe……

  4. Oalah…ini toh baba au rhum….namanya keren yah….padahal pernah bikin…hihihi…Thx Cie!

  5. oentung said: Oalah…ini toh baba au rhum….namanya keren yah….padahal pernah bikin…hihihi…Thx Cie!

    lha iya…. rasanya juga sekeren namanya kog. pokoknya, muantep.

  6. Ce Bon, Madame.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: