Skip to content

LUMPIA SEMARANG

January 19, 2006

Description:
Ciri khasnya, kulit crispy, isi rebung.
Kulit Crispy, dibuat dari terigu dan air, tanpa telur, dan di masak dengan cara di beset pakai tangan langsung ke wajan panas.
Jika ingin di makan tanpa di goreng, kulit tidak perlu direkatnya dengan telur putih mentah. Biasanya sih…perekatnya saus coklat yang kayak lem.

Aslinya, pakai bumbu mirip lem warna coklat, yang menurutku nggak ngefek pada rasa lumpia, dan aku bikin saus sendiri, yaitu saus bawang putih manis. lebih nendang rasa bawangnya. dan dahsyat rasanya.

Ingredients:
30 lembar kulit lumpia siap pakai
500 gram rebung, rebus, iris halus bentuk korek api
200 gram daging Ayam, rebus, suwir2 halus
150 gram udang potong kecil2
100 gram wortel, iris halus, bentuk korek api
3 siung bawang putih, geprek, cincang
2 batang daun brambang, iris 2 cm.
garam, gula pasir, merica bubuk, secukupnya
2 sendok makan kecap asin
1 sendok makan kecap ikan
sepotong ikan asin pihi di goreng dan uleg halus (adanya di semarang, gang baru), kalau gak ada di ganti sesendok makan ebi, di uleg halus.
3 butir telur, di kocok lepas

BAHAN SAUS:

3 siung bawang putih, uleg halus
2 sendok makan gula pasir
1/2 sendok teh garam
beberapa tetes cuka
2 sendok makan air

Directions:
1. Tumis bawang bawang putih sampai harum, lalu masukkan daging ayam dan udang tambahkan daun brambang, ikan asin halus dan bumbunya, juga rebung dan wortel.
2. masak sampai bumbu meresap, tuangkan telur kocok, aduk2 sampai telur tercampur rata.
3. Ambil kulit lalu. Taruh 1 sendok makan isi, gulung dan rekatkan
dengan putih telur.
4. Goreng sampai kuning kecoklatan, sajikan segera selagi panas.
5. Rebus semua bahan saus, Sajikan lumpia dengan saus.

From → Uncategorized

32 Comments
  1. Mbak, nyari rebung di jakarta dipasar mana ya…, kok aku belum pernah nemu.

  2. aduh ngences.. lumpia ini mirip dgn lumpia di kampungku.. sausnya juga saus coklat pakai tauco dan sedikit cabe .. bawang putihnya banyak.. tapi isinya selain rebung juga suka ditambahin potongan tahu kuning goreng

  3. kalau lagi mau tahun baru imlek gini, di pasar2 yang banyak komunitas chinesenya banyak lho. tadi aku beli lagi, se kilo 8 ribu. makin dekat tahun baru, makin mahal rasanya.di bogor dekat asinan gedung dalam juga banyak tuh.

  4. irma303 said: aduh ngences.. lumpia ini mirip dgn lumpia di kampungku.. sausnya juga saus coklat pakai tauco dan sedikit cabe .. bawang putihnya banyak.. tapi isinya selain rebung juga suka ditambahin potongan tahu kuning goreng

    iya Ir, banyak kog yang nambah2i isi lumpia, bisa taoge, bengkuang dllkamu ngeces….saingan ama Noah ya? jangan2 dia dah nggak ngeces lagi.hihhihi

  5. elkaje said: saingan ama Noah ya? jangan2 dia dah nggak ngeces lagi.hihhihi

    iya ci :-)Belakangan ini Noah udah agak kering.. dulu bisa 3-4 kali ganti alas leher hanya krn basah kuyup sekarang paling 1-2 biji seharimungkin krn dia sekarang lagi sibuk konsentrasi dgn gaya jalannya :Ddia sekarang sudah ngga merangkak lagi lho ci.. sudah hampir seminggu ini dia jalan mulu ngga mau merangkak kecuali kalau lagi nangis😀

  6. irma303 said: mungkin krn dia sekarang lagi sibuk konsentrasi dgn gaya jalannya :Ddia sekarang sudah ngga merangkak lagi lho ci.. sudah hampir seminggu ini dia jalan mulu ngga mau merangkak kecuali kalau lagi nangis😀

    wuahahahahaaaa…another episode of his life ya ir…slamet dah, ntar lama2, dikou kewalahan kejar2an sama dia, ato noah kejar2an sama tyler huahahaha…begitu baru ngeh, eh udah lumpad2 hayooooo…

  7. irma303 said: iya ci :-)Belakangan ini Noah udah agak kering.. dulu bisa 3-4 kali ganti alas leher hanya krn basah kuyup sekarang paling 1-2 biji seharimungkin krn dia sekarang lagi sibuk konsentrasi dgn gaya jalannya :Ddia sekarang sudah ngga merangkak lagi lho ci.. sudah hampir seminggu ini dia jalan mulu ngga mau merangkak kecuali kalau lagi nangis😀

    waaa….selamat menikmati gaya barunya Irma:-) selamat berkejar2an dengan Noah.

  8. elkaje said: selamat berkejar2an dengan Noah.

    Wah ci Ine, Arfi.. Noah sekarang gaya lhoogah dia dipegangi tangannya.. maunya jalan sendiri tanpa bantuan malah sudah bisa dia ‘lari’ kalau didatengintrus yg paling aku suka itu, dia suka dateng ke saya trus ngasih cium (walaupun dia kalau cium mulutnya mangap) trus meluk trus pergi lagi keliling2.. eh dateng lagi, cium lagi, pergi lagi.. gitu ulang-ulang :Dmemang senang punya anak ya :Dkemaren kami malah membicarakan soal anak seri ketiga hahaha

  9. irma303 said: trus yg paling aku suka itu, dia suka dateng ke saya trus ngasih cium (walaupun dia kalau cium mulutnya mangap) trus meluk trus pergi lagi keliling2.. eh dateng lagi, cium lagi, pergi lagi.. gitu ulang-ulang :Dmemang senang punya anak ya :Dkemaren kami malah membicarakan soal anak seri ketiga hahaha

    Kalau gak ingat umur, nggak ingat tanggung jawab berat, pingin rasanya aku punya anak lagi setelah Rachel nggak bisa di uwel2 lagi :-)hehehe….mangkanya, aku jadi Guru Sekolah Minggu, bukan semata-mata mengabdikan diri tok, tapi ada pamrihnya juga:-)), aku sering di glendoti anak2 yang menyayangiku dan aku sayangi kayak anakku sendiri. Anak2 emang lucuuuuu.

  10. di sini ada Bamboo Shoot kalengan,kira2 baunya pesing juga gak ya mbak??Hanni males bikin lumpia yang persis lumpia semarang karena gak suka bau rebungnya. Ngilangin bau pesingnya gimana sih ya??biar gak berasa lagi, seneng lumpia tapi klo dah berasa-rasa pesing jadi mau muntah mbak.

  11. ferhan2812 said: di sini ada Bamboo Shoot kalengan,kira2 baunya pesing juga gak ya mbak??Hanni males bikin lumpia yang persis lumpia semarang karena gak suka bau rebungnya. Ngilangin bau pesingnya gimana sih ya??biar gak berasa lagi, seneng lumpia tapi klo dah berasa-rasa pesing jadi mau muntah mbak.

    Nggak tahu yang kalengan ya Hanni, karena belum pernah pakai.Di supermarket dekat rumah, ada rebung rebus di gelar, baunyaaa…..dari jauh udah tercium, trus ada juga di beberapa gerobak jual lumpia semarang, bau rebungnya juga menyengat. Kalau di semarang sendiri nggak sampai begitu kog. Karena rebung segar langsung di olah, nggak sampai nginap nginap lagi.Kemarin aku belinya rebung mentah, yang kita rebus sendiri, 2 kali rebus nggak sampai bau pesing kog. Mungkin aja yang bau itu karena salah olah atau sudah diinapkan.

  12. Jadi tambah pengetauan.. dikasi ikan pihi yah… makasi ya Cik..🙂

  13. helvinrita said: Jadi tambah pengetauan.. dikasi ikan pihi yah… makasi ya Cik..🙂

    sama2 Rit.

  14. Mbak Ine, aku hari ini kebetulan bikin lumpia. Pake bahan-bahan yang ada di dapurku saja dan cemplang-cemplung nggak pake ukuran. he…he…he…Tapi aku masih belum bisa nggoreng lumpia secara baik. Susah banget untuk membalik lumpia. Maunya tidur tengkurap melulu (maksudku bagian yang di-lem pake telur putih selalu maunya di bawah). Walaupun aku sudah masukkan bagian yang dilem ke arah atas, tetep saja dia membalik dan tengkurep. Ada tip nggak mbak untuk menggoreng lumpia? Atau apakah aku salah nglipatnya? Aku sudah coba 2 cara. Posisi isi ditaruh dari arah sudut kulit lumpia baru digulung jadi amplop. Cara kedua, posisi isi aku taruh sejajar dengan sisi kulit dan kemudian digulung. Aku pake deep frier. Suhu minyak yang aku gunakan sekitar 180 derajat. Mauku setelah satu bagian coklat, aku pengin langsung balik. Tapi susah. Harus nunggu lama supaya bisa dibalik (itu juga kadang nggak mau dibalik), jadi takut gosong juga. Kalau rasanya sih enak menurut suamiku, bahkan renyah. Maklum mbak, baru bikin lumpia sejak di sini, waktu di Indonesia belum pernah. Wong beli saja bisa kok, ngapain repot-repot bikin. He…he…he…. dasar males. Tapi di sini, mau nggak mau harus bikin sendiri (walaupun ada sih yang jualan tapi kan mahal dan nggak selalu cocok dengan selera). Jadi kalau sedang pengin lumpia, bergerilyalah cari bahan-bahan persediaan di dapur. Untung tadi nemu sekaleng rebung. Tapi ya itu mbak, nggorengnya masih belum pinter. Tolong ya mbak kalau ada tips menggoreng lumpia. Thanks ya mbak sebelumnya.

  15. Sri, lumpianya bukan gepeng toh? bentuknya roll bulet kan? padatnya rata kan?mestinya bisa segala sisi tuh, nggak cuma yang di bagian di lem aja. Yang di lem itu, bentuknya masih rata kah? atau ada bagian yang menggelembung?

  16. elkaje said: Yang di lem itu, bentuknya masih rata kah? atau ada bagian yang menggelembung?

    Lumpianya roll bulet mbak. Kalau yang dilem nggak menggelembung. Aku pake kulit lumpia beli jadi. Tapi mungkin kurang padat seperti lumpia yang dibuat mbak Ine. Jadi harus padat ya mbak? Aku takut kebanyakan isi dan bocor. Thanks ya mbak sudah share.

  17. iya, coba di bikin padat yang rata, spy beratnya rata di semua sisi, jadi nurut waktu di balik

  18. OK, mbak nanti kalau aku bikin padat rata. Kayaknya aku bikin yang padat cuma ditengah tapi diujung-ujungnya kurang padat. Thanks ya atas tip nya.

  19. sama sama

  20. Salam kenal mbak. Thank ya udah share resepnya. Kebetulan saya kemaren baru diberi satu kotak lumpia semarang oleh teman saya. Kelihatannya sih industri rumah tangga gitu soalnya di boxnya gak ada alamat, cuma ada nomer telpon & website. Packagingnya bagus banget dan rasanya enak. Cocok sih di lidah saya, gak seperti kalo’ beli di Semarang yg menurut saya terlalu manis. Saya akan coba resep mbak, kalo’ ada yg kurang jelas nanti saya tanya2x lagi ya. Thanks ya sebelumnya.

  21. akanayukihime said: Salam kenal mbak. Thank ya udah share resepnya. Kebetulan saya kemaren baru diberi satu kotak lumpia semarang oleh teman saya. Kelihatannya sih industri rumah tangga gitu soalnya di boxnya gak ada alamat, cuma ada nomer telpon & website. Packagingnya bagus banget dan rasanya enak. Cocok sih di lidah saya, gak seperti kalo’ beli di Semarang yg menurut saya terlalu manis. Saya akan coba resep mbak, kalo’ ada yg kurang jelas nanti saya tanya2x lagi ya. Thanks ya sebelumnya.

    Salam kenal juga Akana.

  22. mbak Ine salam kenal ya… di daerahku (sidoarjo) jarang ada kulit lumpia yg tipis kayak di Semarang itu.. adanya kulit lumpia yang tebel kayak kulit pangsit itu jadi kurang enak kalo dibuat lumpia semarang. Gimana cara bikin kulit lumpia semarang ya mbak?? aku dah nyoba tapi kok gak isa tipis

  23. Salam kenal mbak… numpang tanya donk.. ikan pihi kalo’ di Jakarta belinya dimana ya? Kalo’ minta dikirimin dari Semarang datangnya suka banyak ulat kecil2xnya gitu… Makasih ya sebelumnya.

  24. fabi2tata said: mbak Ine salam kenal ya… di daerahku (sidoarjo) jarang ada kulit lumpia yg tipis kayak di Semarang itu.. adanya kulit lumpia yang tebel kayak kulit pangsit itu jadi kurang enak kalo dibuat lumpia semarang. Gimana cara bikin kulit lumpia semarang ya mbak?? aku dah nyoba tapi kok gak isa tipis

    waduh…aku sendiri baru belajar dan mencoba sekali, belum bener2 bagus hasilnya.coba kalau cari kulit lunpia import biasanya ada tuh di supermarket, frozen gitu

  25. sindra said: Salam kenal mbak… numpang tanya donk.. ikan pihi kalo’ di Jakarta belinya dimana ya? Kalo’ minta dikirimin dari Semarang datangnya suka banyak ulat kecil2xnya gitu… Makasih ya sebelumnya.

    coba cari di glodok, di petak sembilan, atau di ex city hotel

  26. Ikan pihi itu yg kayak apa yo mbak. Aku orang Smg tapi kok nggak ngerti :(Lam kenal mbak Ine

  27. sausnya, bener ya airnya cuma 2sdm? kalo direbus apa gak langsung abis nguap terlalu dikit aer? ga pake pengental ya mbak? aku lama cari2 resep saus bawang putih yang manteub buat makan dimsum sluuurppp….. tfs ya mbak

  28. mylianov said: sausnya, bener ya airnya cuma 2sdm? kalo direbus apa gak langsung abis nguap terlalu dikit aer? ga pake pengental ya mbak? aku lama cari2 resep saus bawang putih yang manteub buat makan dimsum sluuurppp….. tfs ya mbak

    benr Li, lha kan bawang putihnya sendiri juga berair kalau di haluskan.ini masak/rebus cuma sampai gula larut doang.

  29. Kalau benar benar kepingin di Jakarta juga ada Lumpia Semarang yang sudah dijual dari 1962 saat ini diteruskan oleh generasi ke 3. kami sudah jadi pelanggan mereka 2 generasi. Sekarang diteruskan oleh cucu dan rasanya tidak berubah, kalau mau coba hubungi di 7816881 sekarang pake nama Bamboo kalau gak salah, didaerah pasar minggu tapi bisa dianter kok.Oh ya ada websitenya di http://www.bamboo-id.com

  30. Makasih banyak ya mbak………….!!!Ni mo tak voba dl ya cara mbuatnya.”_”

  31. jie Ine, apa kbr? Lg mau masakin lumpia bt swami, ipar n mertua. Cari resepnya pasti di jie Ine. Thanks ya!

  32. Ci ine, salam kenal, ijin copas resepnya yah, pengen cobain lumpia nih, cuma klo rebung di skip ganti bengkoang aja ga ngaruh bgt kali ya di rasanya🙂

Leave a Reply

