Skip to content

SERABI KANCING

January 19, 2006

Description:
Semalam iseng2 bikin serabi kuah, buat teman nonton Tipi.
ini serabi 100% tepung terigu, jadi emang lembut, nyetaknya pakai cetakan poffertjes yang cuma di isi 1/3 bagian.

trus karena lagi gak ada daun suji, pakai pasta pandan, eh…lha sedikit aja kog jadi ijo royo royo🙂

rasa serabinya enak lembut, di gado tanpa kuah santan juga udah enak, gurih. Aku sendiri lebih seneng di cocolin ke selei strawberry. hihihi….kayak pancake gitu lho!

Yoke dan Rachel langsung cekikikan lihat serabi lucu, dan bilang…”idiiih…..kayak kancing jeans”. satu resep ini bisa jadi sepiring serabi kancing.

Ingredients:
125 g tepung terigu Segitiga Biru
1/2 sdt garam
275 ml air
1 butir telur ayam
1/2 sdt baking powder
pasta pandan hijau secukupnya

Kuah santan:
400 cc santan sedang
100 g gula merah rebus dalam 100 ml air larut, saring
1/2 sdt garam
2 lembar daun pandan, simpulkan, sobek-sobek

Directions:
– Aduk rata tepung terigu, garam, telur dan air hingga menjadi adonan yang kental. Kalau mringkil, jangan ragu di saring ya.
– Diamkan selam 30 menit.
– campurkan baking powder, aduk rata
– Bagi adonan menjadi dua bagian. Satu bagian diberi pasta pandan secukupnya, sebagian dibiarkan putih.
– Panaskan cetakan poffertjes, gunakan api kecil, tuangkan adonan hanya 1/3 cetakan, jangan di tutup, spy adonan berlubang lubang, masak sampai matang.
– angkat menggunakan tusuk sate

KUAH SANTAN:
– Rebus santan bersama larutan gula merah, garam dan daun pandan hingga santan kental dan matang. Angkat.

Sajikan serabi bersama kuah santan.

From → Uncategorized

7 Comments
  1. Dear Mbak Ine,saya Erna, ABG di NCC. Saya udah 2x coba bikin serabi kancing, tapi gagal terus. Bantat, nggak bisa ngembang, apalagi berlubang-2. Bagian tengah atas kue selalu kelihatan masih basah, walaupun bawahnya udah mulai gosong. Kira-2 salahnya di mana ya, Mbak? Penasaran nih… Makasih sebelumnya🙂

  2. Sudah kasi baking powder? api jangan terlalu besar, agar matang bisa sampai ke permukaan sebelum bawah gosong.kalau perlu, serabi di balik sebentar untuk mengeringkan bagian atasnya saja.baking powder akan membuat berlubang2 serabinya.

  3. Trima kasih, reply nya cepet banget. Gak nyangka…. Udah ta’kasih BP kok Mbak… Ada gelembung tapi di adonan yang very 1st time dimasukin ke cetakan. Setelah itu si gelembung nggak muncul lagi.Apinya…hmm, perasaan sih udah kecil, soalnya matengnya lamaaaaa banget. Sampe pegel kakiku nungguin sambil berdiri. Aku coba juga cetak di wajan teflon, jadinya kaya panekuk gitu. Nggak keluar lubang-2 khas serabi. Aku udah balik serabinya biar bagian atas kering, tapi jadinya bener-2 nggak kaya serabi, soalnya kecoklatan atas bawah. Malah ada yang pas dibalik keluar gelembung-2, karena dibaliknya agak lama, jadilah gelembung-2nya berwarna kecoklatan. Eh, baby sitterku bilang, Mbak, jadinya kok kaya gelembung-2 di wajah orang sakit di sinetron hidayah ya?. Sedih campur geli dengernya…

  4. mbakkk ….nyontek resep ..semalem bikin bantet pake resep yasaboga…huhhuhuhuhuh …:((

  5. Moga2 kl aku coba ga Bantet yach..soalnya aku orang yg gampang PA alias putus asa,kl uda ga jadi dijamin males nyoba lagi,hihihiii

  6. hallo Ka ine,ak mau tanya,klo ga pake cetakan bw porffetjes bisa pake cetakan apa lagi sih.soalnya ak tinggal di LA n susah banget carinya. Thanks!

  7. Ci Ine, pas liat potonya, jadi teringet suka beli ama mbok tenong yg sering lewat depan rumah jualan ini. Aku pengen cobain bikin, cmn ngga tau tepung terigu Segitiga Biru itu maksudnya apa ya Ci?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: