Skip to content

AREM AREM MAREM

January 22, 2006

Description:
Hari Menurutku, di pasar sekitar rumahku, ndak ada yang
jual arem2 enak. Isinya kalau nggak sayuran pedes, ya oncom
pedes, lha…mana marem? pantas aja mereka (pedagang)
menyebutnya Lontong, mungkin nggak punya nyali menyebut arem2,
karena tahu nggak marem🙂. Makanya, untuk arem-arem, kalau
mau marem dan bisa bikin yang makan melek merem🙂, bikin
sendiri.

Isinya, nggak cuma daging cincang, tapi di kasi potongan ampela
ati, biar ada sensasi ‘geal-geol’ sedikit, (biarpun ampelanya
udah super empuk) hehehe….

Ingredients:
Bahan-bahan
Nasi:
1000 ml santan sedang kentalnya
1 sendok teh garam
2 lembar daun salam
500 gram beras, cuci, tiriskan

Isi:
Bumbu Halus:
3 siung bawang putih
3 siung bawang merah
4 buah cabe merah besar, buang bijinya
(ini rasanya mild, kalau mau pedes, tambah beberapa cabe rawit)

bahan lain:
250 gr daging sapi giling
5 pasang ampela ati ayam, rebus sampai empuk, potong dadu 0.5 cm
1 potong lengkuas
2 lembar daun salam
200 cc santan sedang
garam
1/2 sdt gula pasir (pengganti vetsin)
2 sdm minyak untuk menumis

** kalau mau “di ganjal” biar lebih banyak isinya, bisa di kasi
1 butir kentang potong dadu 0,5 cm

Directions:
– Isi: Tumis bumbu halus dan lengkuas+daun salam sampai harum,
masukkan semua bahan isi, masak sampai santan meresap dan
mengering. sisihkan.

– Nasi: campur semua bahan, aduk rata, masak di atas api sedang
hingga santan habis terserap sambil terus diaduk, lalu angkat,
dinginkan.

– Ambil selembar daun pisang, lalu letakkan 2 sendok makan
aronan nasi, ratakan hingga setebal kurang dari 1 cm.
– Tambahkan 1 sendok makan adonan isi di atasnya, gulung dengan
ukuran panjang 8 cm, lalu semat kedua ujungnya dengan lidi.

– Kukus selama 30 menit hingga matang, angkat, dinginkan,
lalu sajikan setelah dingin.

Note: Arem2 gak terlalu enak di makan panas, karena masih lembek.

mau variasi lain, namanya AREM AREM KERATON.

Pakai telur kocok (3 butir telur+20 cc santan + sedikit garam,
dikocok lepas) di dadar tipis, letakkan 2 sendok makan adonan
kulit, ratakan hingga setebal kurang dari 1 cm, tambahkan 1
sendok makan adonan isi di atasnya, gulung dengan ukuran
panjang 8 cm, seperti membungkus lumpia, lalu bungkus dengan
daun pisang spt lontong, semat kedua ujungnya dengan lidi.
ini mungkin niru niru lemper, yang di bungkus telur, namanya
semar mendem. Tapi herannya, arem2 kog nggak di namakan arem
arem mendem:-), tapi di kasi nama anggun🙂

From → Uncategorized

10 Comments
  1. mbak ine….thank you for sharing the recipe.kepingin coba, penambahan cabe rawitnya makin bikin mantep ;)salam

  2. kalau cabe rawit utuh di masukin di tengah, ntar namanya ganti aja Syl, Arem-arem ranjau, or Arem arem mercon. Hehehe….hari sabtu di TV tayang, kalau di Yogya ada masakan ngetop namanya oseng-oseng mercon, saking pedes dan pakai banyak rawit.

  3. elkaje said: namanya ganti aja Syl, Arem-arem ranjau, or Arem arem mercon.

    he..he..he…bisa’an aja, mbak ine kasih nama penggantinya😉

  4. mba Ine,seneng banget deh ada yg tahu arem2 keraton.mungkin karna itu khas arem2 keraton solo.kalo saya bilangnya arem2 khas solo.tapi ternyata nyari nya susah di Solo.harus pesen katanya.biasanya isinya adalah sambel goreng ati (sapi) pake kentang.dibikin pedes.

  5. iya, waktu aku bikin dengan isi sambal goreng hati, ada yang protes, kog aneh…biasanya isinya oncom. hihihii….dasar….

  6. Aku susah cari daun pisang di sini, kalo di bungkus pakai aluminium foil bisa ngga yah ?

  7. odhetta said: Aku susah cari daun pisang di sini, kalo di bungkus pakai aluminium foil bisa ngga yah ?

    bisa aja, cuma sensasi wangi daunnya yang gak dapat ya..

  8. Alo Ci Ine, Aku bikin arem-arem disini ngikutin prosesnya ci Ine, cuma koq abis dikukus 30 menit nasinya tetep gak nempel ya? Maksudnya ya masih pecah berai gitu…kenapa ya? Apa perlu direbus biar nempel? thank you ya

  9. ini modelnya bukan yang padat kayak lontong, tapi juga nggak ambyar kog… jangan panas2 di sajikan, karena kurang enak di makan panas, terlalu lembek dan ambyar.biarkan dingin sebentar.kalau yang model lontong padat menyatu, emang kudu di rebus, tapi bukan kayak gini resepnya. ngaroninya air/santannya nggak perlu segitu banyak.

  10. Mbak, nanya yg arem2 keraton..adonan kulit disini adonan nasi bukan?..jadi telur dadar+beras aron+isi baru digulung dan dibungkus lagi dgn daun pisang?..lagi pengen buat arem2 nih..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: