Skip to content

GARANG ASEM AYAM

January 31, 2006

Description:
Masaknya gampang, hasilnya sedap dan segar. Pakailah ayam negri yang tidak terlalu besar. Kalau ayam kampung, rada alot ntar.

Ayam bisa di ganti dengan ampela ati (sudah di rebus, ampela sudah
empuk) atau pakai uritan (telor muda yang sudah di rebus) atau pakai telur asin mentah. Hati hati kalau pakai telur asin, kurangi garam pada santannya, kita gunakan asin dari telurnya.

Kalau nggak ada belimbing sayur, terpaksalah di ganti tomat hijau,
tapi nggak sesedap belimbing ya.

Beberapa daerah punya masakan yang di sebut garang asem juga, tapi penampilan bisa jauh berbeda satu sama lain. Garang asem ini gaya Solo. Di daerah Kudus dan Pati, garang asemnya miriplah.

Ingredients:
1 ekor ayam (besarnya sedang) potong jadi 12 (tanpa
kepala dan ceker)
1500 cc santan sedang
garam
daun pisang

bumbu iris:

6 butir bawang merah iris tipis
5 siung bawang putih iris tipis
5 cabe merah besar potong serong
5 cabe hijau besar potong serong
cabe rawit (kalau suka)
12 potong kunyit (1/2 X 1/2 cm)
daun salam
12 iris tipis lengkuas
20 buah blimbing sayur iris 1 cm

Directions:
1. Campurkan garam pada santan, aduk sampai rata, jangan lupa di cicipi, rasa harus rada asin, agar bisa meresap ke ayam.
2. taruh pada daun, bumbu iris, sepotong ayam, tuangi
santan, bungkus dan sematkan dengan lidi.
3. kukus selama 30 menit.

note:
Supaya tidak bocor, di antara 2 lembar daun pisang, di lapisi selembar plastik tahan panas. sehingga jika daun pecah, kuahnya nggak tumpah.

From → Uncategorized

23 Comments
  1. Hallo Ine….Aku lagi nyari resep garang asem dan akhirnya aku terdampar disini.Aku contek ya resepnya….?Makasih Ine.Salam kenal.

  2. Salam kenal…selamat memasak ya! semoga ketagihan :-))

  3. salam kenal..yup, ini masakan khas dari kampung halaman saya…tapi …saya ngga pke kunyit….

  4. salam kenal juga…kunyit ini di potong saja, untuk nambah aroma, bukan warna. maka warnanya tetep pucat…bukan kuning spt kare atau soto kuning.

  5. salam kenal ya mba, aq lagi cari2 resep garang asem, aq contek ya resepnya….

  6. Hallo ce, ce Ine dari solo yah?aku juga dari solo..makanya seneng banget isa nemu blog ini. Karena masakannya masakan yg familiar banget buat aku. Kalau garangasem resep nenek ku dikasih tomat juga…mungkin bisa jadi referensi. Enak juga kok..

  7. mela82 said: Hallo ce, ce Ine dari solo yah?aku juga dari solo..makanya seneng banget isa nemu blog ini. Karena masakannya masakan yg familiar banget buat aku. Kalau garangasem resep nenek ku dikasih tomat juga…mungkin bisa jadi referensi. Enak juga kok..

    thks ya Mel, iya…kalau gak ada belimbing wuluh, aku pake tomat ijo. tapi belum pernah nyoba pakai belimbing wuluh plus tomat juga seperti nenek kamu. tapi layak di coba nih

  8. salam kenal ya mba, aku juga dari solo nih kebetulan aku lagi nyari resep garang asem buat suamiku.aku mo cobain ya,,,

  9. salam kenal mbak,aku lagi cari resep garangasem, kebetulan nemu resep ini. aku cobain ya…. trims lo

  10. kasihanugrah said: salam kenal mbak,aku lagi cari resep garangasem, kebetulan nemu resep ini. aku cobain ya…. trims lo

    slamat mencoba ya

  11. Mba… Aku lagi mau buatin garang asem buat asem.coba search di google, eit, malah terdampar disini.kalo yang biasa aku beli, ga pake kunyit mba.apa tidak mengurangi kenikmatan yah kalo saya ga pake kunyit.

  12. dicontek resepnya ya jeng…matur nuwun😀

  13. salam kenal…lagi kepengen bikin garang asem, trus searching en dapet deh disini. Tadi curious banget pas mo buka soalnya ada kata Solo. wong Solo juga nih …jadi semangat pengen nyobain.. maturnuwun ya

  14. aku suka buanget makanan ini…aku nyontek resep nya yach..thQ

  15. mbak Ine, aku baru nyobain garang asem ini di warteg dekat bank mandiri tg. priok. Uenak ya ternyata, lagi cari2 resep eh ketemu di mpnya mbak Ine. Jadi pengen bikin, tks ya…

  16. Mb ine,aq udah coba resepnya dan hasilnya bener2 mak nyusssss…Aq orang solo tp sekarang tinggal di batam,garang asem makanan favorit aq sama kakakku.Aq muter2 batam cari makanan ini,gak ada.saking ngilernya aq search di google…eh…La dalah ketemu,makasih ya!

  17. Salam kenal mb Ine, mau ijin nich.. nyontek resep garang asemnya ya.. buat temenku.Tks

  18. Mba..nyontek resepnya yah🙂 buat buka puasa..tengkyu

  19. nderek tepang mbak, kula badhe nyonto resep garang asem-ipun. mugi kepareng nggih,.. suwun…

  20. mb Ineee…aku nyontek resepnya ya, soalnya tadi waktu gugel garang asem, yg pertama nongol resep ini dan cara bikinnya paling simpel, suka deh🙂

  21. permisi, menyontek resep nih, ma;acih

  22. ci Ine, ching ikut copas ya, ini ada Om nanyain cara bikin, sedangkan ching belom pernah bikin.Jadi nyontek ci Ine punya ya…Minta ijin, hehe….

  23. Teh ikut myobain resepny ya

Leave a Reply

