Skip to content

NGO HIANG ROLL

January 31, 2006

Description:
Ngo Hiang roll sering disebut ngo hiang saja.

Biasanya pakai daging babi, tapi bisa juga di ganti daging ayam giling.
hasilnya gak kalah enak di banding daging babi.

Ngo hiang ini merupakan salah satu lauk nasi campur, bisa juga di makan begitu saja dengan sambal botol, atau di buatkan saus taoco.

Ingredients:
200 gr daging babi/daging ayam cincang halus
200 gr udang, cincang halus
50 gr wortel, potong 1X1X1 mm (halus spt untuk risoles)
2 lbr daun bawang iris halus
1 btr telur kocok lepas
2 sdm sagu tani
4 siung bawang putih, haluskan
2 ruas jahe, kira2 3X3 cm, di haluskan, tambahkan 2 sdm air, peras dan saring airnya. buang ampasnya
1 sdm ang ciu
1 sdm kecap asin
2 sdm minyak wijen
1 sdm gula pasir
1 sdt bumbu ngo hiang bubuk
1/2 sdm garam
1/4 sdt merica bubuk

bahan lain:
1/2 lembar kulit tahu, potong jadi 4
1 btr telur putih untuk merekatkan

Directions:
1. campur jadi satu semua bahan, aduk rata. cicipi asin dan manisnya, dengan cara, ambil sedikit campuran daging, taruh di teflon, masak sebentar tanpa penambahan minyak atau apapun.
2. Bagi adonan menjadi 4, masing2 bagian di bungkus dengan kulit tahu, cara membungkus seperti membungkus lumpia atau risoles bulat besar, rekatkan kulit dengan telur putih
3. Bungkus masing2 rol dengan aluminium foil
4. Kukus selama 30 menit.
5. Goreng sampai kulit kuning kecoklatan, potong2, sajikan dengan sambal botol

From → Uncategorized

35 Comments
  1. ini seperti yang dijual di bogor kan…di jalan suryakencana kan?

  2. Seinget saya,kalau yg di bogor biasanya disiram pakai kuah kental. trus ada acarnya juga..Ci Ine punya resepnya ?

  3. admonike said: ini seperti yang dijual di bogor kan…di jalan suryakencana kan?

    Beda ya, kalau di bogor kulitnya pakai kulit tepung terigu yang tebal.isinya daging aja. sama2 pakai bumbu ngo hiang.kalau ini kan untuk lauk. di daerahku banyak tuh yang jual ngo hiang spt ini, siap goreng.trus kalau di bogor, sering di sebut go hiong.

  4. rika1435 said: Seinget saya,kalau yg di bogor biasanya disiram pakai kuah kental. trus ada acarnya juga..Ci Ine punya resepnya

    Iya bener, sausnya pakai kacang. aku gak punya resepnya.

  5. ya ampun..aku pikir ngo hiang itu nama bumbu..kemaren baru belajar bikin bebek sama mamanya temenku di bogor pake bumbu ngo hiang ini…hehhehehee

  6. loh kok sama ngky huehehe…sebetulnya ngo hiang tuh terjemahannya apa sih mbak in?

  7. pippilotta said: ya ampun..aku pikir ngo hiang itu nama bumbu..kemaren baru belajar bikin bebek sama mamanya temenku di bogor pake bumbu ngo hiang ini…hehhehehee

    Emang bener itu nama bumbu kog. yang aku nggak tahu, kenapa hasil masakan ini namanya ngo hiang. hehehe…

  8. foodngarden said: sebetulnya ngo hiang tuh terjemahannya apa sih mbak in?

    aku nggak tahu Fi, ntar aku cari tahu, apa arti Ngo Hiang itu sendiri.

  9. mbaa ine…kemaren aku liat loh mba ine sama rachel sama papa-nya rachel lewat depan standku…hihihihi..kayaknya sebuk yaaah..jadi juri kan?oh ya,makasih ya atas invitenya ^_^ emailku di NCC erydani.hutagalung@hm.com alias “aya.”tapi kalo mba arfi manggil aku “Angky” gara-gara bolkus hitam..hihihihihi……=D

  10. lha mbok ya kemarin itu manggil🙂 kamu jualan apa kemarin?

  11. Ci Ine,resep ini apa juga bisa utk Ngo Hiang ala Semarang tapi tanpa wortel?Elika

  12. erm718 said: Ci Ine,resep ini apa juga bisa utk Ngo Hiang ala Semarang tapi tanpa wortel?Elika

    bisa aja, kayaknya ngohiang semarang yang di makan pakai saus taoco di jual bersama sio bak itu bungkusnya kulit lumpia, di bungkusnya model pisang crispy masa kini itu lho.

  13. Cuma mau nambahin dikit Ci Ine, Ngo Hiang (Go Hiong/U Siang) itu memang nama bumbu, Ngo atau Go, atau U, itu artinya kan 5, lalu Hiang/Siang artinya yang macam, jadi sebenernya bumbu Go Hiong itu adalah campuran dari 5 macam bumbu yang diblend jadi satu dan diberi nama Go Hiong.

  14. rnsurya said: Cuma mau nambahin dikit Ci Ine, Ngo Hiang (Go Hiong/U Siang) itu memang nama bumbu, Ngo atau Go, atau U, itu artinya kan 5, lalu Hiang/Siang artinya yang macam, jadi sebenernya bumbu Go Hiong itu adalah campuran dari 5 macam bumbu yang diblend jadi satu dan diberi nama Go Hiong.

    wah….thk ya, tambah ilmu nih.

  15. Bumbu ngo hiang bubuk di sini ada nggak ya? bahasa chinesenya apa mbak? tahu nggak?

  16. rasti812 said: Bumbu ngo hiang bubuk di sini ada nggak ya? bahasa chinesenya apa mbak? tahu nggak?

    justru bahasa Inggrisnya yang kutahu Five Spice powder.terdiri dari pekak, merica szechuan, kayu manis, adas dan cengkih. komposisinya gak tahu

  17. Ci Ine, trims banget posting-an resep2nya. Walau jauh dari kampung halaman, makanan ala indo selalu tersedia di rmh🙂. Kemaren sdh coba kroket & ngo hiang.Besok mo nyoba kakap tausi-nya.

  18. rinycolin said: Ci Ine, trims banget posting-an resep2nya. Walau jauh dari kampung halaman, makanan ala indo selalu tersedia di rmh🙂. Kemaren sdh coba kroket & ngo hiang.Besok mo nyoba kakap tausi-nya.

    senagnya Rin, bisa menghadirkan masakan kampung halaman di negri orang.

  19. Aku suuuukkkaaaa sekali Gohyong.. coba deh liat2 disini ada ga Five Spice Powdernya ya?? tar tak bilangi lagi kalo jadi ya..😉

  20. jrdd said: Aku suuuukkkaaaa sekali Gohyong.. coba deh liat2 disini ada ga Five Spice Powdernya ya?? tar tak bilangi lagi kalo jadi ya..😉

    mudah2an ada bumbunya ya Ros

  21. Nah, ketemu bumbunya trus tadi bikin… lumayan enak, cuma kurang garam dikit en mbungkusnya ga bener jadi waktu digoreng di Fry-pan, isinya keluar.. minyaknya jadi kotor semua.. eniwei TX a lot Ine, Jaap suka kok..!!

  22. Ros, kalau mau ngicip sebelum di masak, apakah rasanya udah pas belum, ambil setengah sendok adonan, trus di goreng pakai sedikit minyak. lalu di cicip. kalau dah pas….terusin prosesnya. kalau kurang garam…ya tambah garam dulu. selamet deh….udah demen masak ya.

  23. Tadi baru dicoba enakkkk booo, cuma gak pake kulit tahu (gak ada sih) di masukin kantong plastik terus di kukus. thanks buat resepnya.

  24. inigueatiek said: Tadi baru dicoba enakkkk booo, cuma gak pake kulit tahu (gak ada sih) di masukin kantong plastik terus di kukus. thanks buat resepnya.

    Sama sama Tiek…aku jadi ikut ngiler :-))

  25. cie, saya dpt kulit tahu, cuma keras gimana mau bungkusnya. musti direndem atau gimana yach, tolong donk. penasaran mau nyoba pake kulit tahu abisnya enakkkkk sih

  26. inigueatiek said: cie, saya dpt kulit tahu, cuma keras gimana mau bungkusnya. musti direndem atau gimana yach, tolong donk. penasaran mau nyoba pake kulit tahu abisnya enakkkkk sih

    ini kulit tahu yang buat sup…atau yang buat bungkus?kalau yang kering…biasanya buat sup. emang kudu di rendam dulu, tapi nggak yakin bisa buat membungkus ini apa enggak.

  27. iya salah beli, maklum dech

  28. dicontek yaa resepnya , hmm enak banget, boleh tanya sekalian kalo mau bikin baktim( ong ti teh, pake bumbu ngo hiong juga ngak yaa( 5 spice powder) . thanks sebelumnya salam kenal .

  29. kellyofbandm said: dicontek yaa resepnya , hmm enak banget, boleh tanya sekalian kalo mau bikin baktim( ong ti teh, pake bumbu ngo hiong juga ngak yaa( 5 spice powder) . thanks sebelumnya salam kenal .

    wadhuh…gak tahu aku apa itu baktim? critain yang kayak apa ya…soalnya istilah tiap daerah bisa beda2 buat barang yang sama ya.

  30. ci Ine salam kenal dari jauh…..resepnya tadi saya udah coba en enak banget…krn bikinnya banyak akhirnya ngundang semua keluarga besar…..luar biasa mereka menyukainya….wo sie-sie…..groetjes, deni

  31. wondergirl1971 said: ci Ine salam kenal dari jauh…..resepnya tadi saya udah coba en enak banget…krn bikinnya banyak akhirnya ngundang semua keluarga besar…..luar biasa mereka menyukainya….wo sie-sie…..groetjes, deni

    sama2, senangnya, kalau resepnya bisa bermanfaat dan menyenangkan orang banyak

  32. Ci Ine,Nyontek ya, keamrin makan ini di kenanga, anak2 pada suka…..

  33. pake ayam bisa kali ya mbak?

  34. aduhh..nyobain resep ini, gagal niih..aku beli kulit tahu kering. Kulit tahu buat bungkus tuh spt apa ya? Ada fotonya?Tapi rasanya tetep aduhayy…walaupun bentuknya ancur lebur

  35. bentuknya seperti kertas tipis… warnanya coklat muda. dan teksturnya lemas…nggak kering.kalau di pasar2 di jkt sini, umumnya yang jual orang yang jual aneka baso, kulit pangsit, sayur asin, mie basah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: