Skip to content

Bumbu Bali

February 2, 2006

Description:
Ini salah satu masakan kesukaan mami, daging bisa di tambahkan /diganti telur rebus atau tahu goreng. Enak di makan dengan nasi hangat dan lalap irisan mentimun.

Ingredients:
1/4 kg daging sengkel. di rebus dan di potong 1 cm.
(kalau pakai presto, 10 menit saja)
atau, bisa di ganti dengan telur rebus atau telur ceplok. atau tahu
300 ml kaldu rebusan daging.
6 buah cabe merah, di haluskan
6 butir bawang merah, di haluskan
3 butir bawang putih, dihaluskan
4 cm jahe, di geprak
2 buah sere di geprak bagian putihnya, lalu di simpul
1 sdt garam
3 sdm gula jawa
3 lbr daun salam

Directions:
– Tumis bawang putih dan bawang merah.
– Masukkan jahe, sere, daun salam, tumis sampai harum.
– Masukkan cabe, garam, gula jawa, daging dan kaldu.
– Masak sampai daging empuk dan bumbu meresap.

– Sajikan dengan lalap timun

From → Uncategorized

4 Comments
  1. lhaa… kalo ini paporitku buat temen makan nasi pecel, palagi kalo isiannya pake tahu yang digoreng kering dan bandeng goreng, nginep semalem dulu sebelum dimakan, huaaaaa……

  2. Apa maksudmu, nasi pecel sayuran itu? ber lauk bumbu bali ? hehehe…baru dengar kalau enak. aku bayangin tubrukan ke dua menu itu🙂

  3. lhooo… gak tau yah. wis kapan ke sby lagi, aku ajakin makan nasi pecel yang uenak. selain pendamping berupa aneka lauk gorengan, rata2 nasi pecel di sby lauknya: kari daging ato ayam (juga ada tahu, tempe dan telur didalemnya), bumbu bali (paling sering bandeng, tahu, telur), empal srundeng ato dendeng ragi, lodeh yang dimasak sampe kering, mi goreng, oseng2 tempe, lalapan cincang. hehehehe… wis pokoke campur2 walo gak nyambung smua. kadang2 juga ada sambel tumpang (dari tempe tua dimasak ama santan).

  4. oooh…iya..sekarang aku ingat…di pecel bu Kris itu aku kan order pecel lodeh, ternyata nasi pecel lauknya sayur lodeh yang meresep.Kalau Sambel tumpang sering bikin Li, pake tempe semangit. (antara segar dan bosok, tapi belum bener2 bosok) hihihi…tempe bosok kalau mau di terjemahkan tempe busuk kog jadinya nggak enak yo!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: