Skip to content

Panekuk Coklat

February 2, 2006

Description:
Bentuk dan penampilannya sederhana, crepese coklat isi rum vla dan raisin. Enak juga di buat es panekuk. Panekuk yang di dinginkan, trus di potong potong selebar 2 cm di cemplungin es campur kayak Esnya Sinar Garut, sedap sekaleee

Ingredients:
Kulit :
250 gr Tepung terigu Cakra
2 btr Telur antero
600 ml Air
15 gr coklat bubuk
15 gr Susu bubuk
2 sdm margarine di cairkan
1 sdt baking powder
1/2 sdt garam
1 sdm pasta coklat

Bahan Vla:
625 cc Susu cair
65 gr Maizena
4 btr kuning telur
150 gr gula pasir
2 sdm margarine
1 sdm Rhum (atau ganti dengan vanilie extract 1 sdt)

100 gr kismis

Directions:
Kulit:
– Campur semua bahan kering, aduk rata
– tambahkan telur, margarine cair dan air sedikit sedikit, aduk searah agar tidak meringkil. Jika sampai meringkil, jangan segan untuk menyaring.
– Istirahatkan adonan selama 30 menit.
– Dadar dengan Teflon diagmeter 24 cm
kira kira jadi 25 lembar.

Isi:
– campurkan Maizena, telur dan sedikit susu, aduk rata, sisihkan
– Sisa susu, gula dan margarine, didihkan
– masukkan larutan maizena, aduk sampai meletup letup.
– angkat dari api, tuangkan rhum, aduk cepat sampai rata.

– Isikan 1 sdm adonan isi pada selembar kulit, beri 6-8 butir kismis,
bungkus seperti risoles.

tips:
jika tidak segera di makan, tutup rapat dengan plastik agar kulit tidak mengering. Enak di sajikan dingin (keluar dari lemari es)

From → Uncategorized

24 Comments
  1. elkaje said: Bentuk dan penampilannya sederhana, crepese coklat isi rum vla dan raisin. Enak juga di buat es panekuk. Panekuk yang di dinginkan, trus di potong potong selebar 2 cm di cemplungin es campur kayak Esnya Sinar Garut, sedap sekaleee

    mbak ine,kalau nggak punya pasta coklat bisa diganti dengan apa, mbak ?

  2. gak usah di ganti gak apa, cuma pengaruh ke warna coklat saja. rasa kan udah di dapat dari coklat bubuk. pakai pasta coklat bisa lebih coklat, tanpa menambah rasa pahit coklat.Anak2ku suka banget panekuk ini yang sudah masuk lemari es.

  3. panekuk ini barangkali sama dengan pancake ya mbak in cuma tipis kayak crepes? kok bisa halus gitu ya mbak ga bolong2?

  4. telor antero itu ama ya mbak ine?

  5. foodngarden said: kok bisa halus gitu ya mbak ga bolong2?

    kalau bikin crepes halus gak bolong2, jangan kebanyakan margarine di adonannya,saat mendadar, teflonnya jangan di oles minyak.Aku bikin dengan komposisi yang sama, coklat di ganti terigu, air diganti air daun suji, tanpa susu, untuk Kue dadar gulung maksudnya, eh….di protes teman, katanya gak pantes, krena trade marknya dadar gulung justru kulit yang bopeng2/bolong2 karena selalu di oles minyak.

  6. riani said: telor antero itu ama ya mbak ine?

    Maksudnya kuning dan putihnya. Mau aku tulis “telur Utuh”, ntar bulat2 se-kulit2nya di cemplungin ke tepung :-))Kalau di tulis telur aja, ntar di tanya lagi, kuning doang atau putih doang, atau dua2nya?Antero ini kog nggak populer ya, padahal di resep2 jadoel, istilah ini selalu di pakai untuk menyatakan utuh, tapi gak utuh….alias isinya doang.

  7. elkaje said: kalau bikin crepes halus gak bolong2, jangan kebanyakan margarine di adonannya,saat mendadar, teflonnya jangan di oles minyak.

    iya, bener. jgn pake margarin ato mentega. aku udah sering bikin pancake trus teflnnya tak oles mentega. berikutnya ngga, ternyata yg ga dioles emang alus. cumaaaaaa… ntar kan sisi yg di atas jg bolong2 juga sblm dibalik jg mbak. aku pernah nyobain ngebaliknya ga nyampe bolong2 atasnya, jadi masih rada setengah matang gituh, agak enceran di atasnya, tp agak susah soalnya itu adonan blum kuat diajak bolak balik. ada masukan ga mbak?

  8. elkaje said: Antero ini kog nggak populer ya, padahal di resep2 jadoel, istilah ini selalu di pakai untuk menyatakan utuh, tapi gak utuh….alias isinya doang.

    aku juga ga ngeh telor antero, apa merknya ato jenisnya hihihi… waktu itu kan beli buku resepnya ibu lilyani, ada telor antero, ga jadi bikin, takut salah hihihi..setelah dijelasin ma temen2 ncc, baru aku mudeng hehehe…

  9. foodngarden said: aku juga ga ngeh telor antero, apa merknya ato jenisnya hihihi… waktu itu kan beli buku resepnya ibu lilyani, ada telor antero, ga jadi bikin, takut salah hihihi..setelah dijelasin ma temen2 ncc, baru aku mudeng hehehe

    Ayo…kita populerkan lagi istilah yang hampir terlupakan ini di dunia kuliner.

  10. Aku udah coba nich kemarin sore…Enakkkk…acung jempol2 untuk Ci Ine. aku bikin isinya dulu, trus baru kulitnya. pas waktu bikin kulit, udah di kerubutin anak2 & isinya (Vla) dicomotin tuh sama mrk.trus aku kasih di mangkuk kecil utk mrk, biar aku bisa tenang kerjanya🙂 stlh jadi semua, baru aku bagi2 panekuk-nya buat mrk, mrk bilang enakkkk. yg kerja 1, yg makan 5. ngga balance yach :-)Thanks utk resepnya yach…

  11. rika1435 said: mrk bilang enakkkk. yg kerja 1, yg makan 5. ngga balance yach :-)Thanks utk resepnya yach…

    Rika, biarpun begitu, seneng dong ya, dagangan laris manis:-)aku kalau bikin kulit dulu, suka di ambil anak2, di taburi gula pasir atau meisyes, di gulung dan di makan langsung. Suka tekor kulitnya ketimbang isinya.

  12. jadi inget dadar gulung isi vla yg ada di mon ami.. beda ya mbak?

  13. riani said: jadi inget dadar gulung isi vla yg ada di mon ami.. beda ya mbak?

    gak tahu ya Ri, mungkin sama. Tapi…salah satu klienku, persh gede, yang juga di supply oleh Mon Ami, kog sering banget order panekuk ini ke aku ya, mungkin punyaku lebih cocok baginya.Ordernya juga bukan ecek2 gitu lho. sekali pesen panekuk bisa 150-300 an sampe aku gak doyan panekuk sekarang :-((

  14. mbak Ine aku jadi kepingin bikinin buat bekal sekolah Nadya nih (alasan sih padahal aku yg kepingin ngemil…hehehe)

  15. ci ine, kalo kismisnya diganti sama plum kalengan yg ditirisin kira2 cocok nggak yah sama pasta coklat kulitnya? Hmmm…makasih ya ci resepnya ^_^ biasanya sih dalemnya dadar dikasih unti tuh khas yg dijual di pasar he he he he

  16. cusson90 said: ci ine, kalo kismisnya diganti sama plum kalengan yg ditirisin kira2 cocok nggak yah sama pasta coklat kulitnya? Hmmm…makasih ya ci resepnya ^_^ biasanya sih dalemnya dadar dikasih unti tuh khas yg dijual di pasar he he he he

    Coba aja Len. nggak pakai kismis juga enak kog. Kalau di isi unti, namanya dadar gulung.lha ini kan juga dadar gulung. sama-sama di dadar dan di gulung🙂

  17. Ci Ine, Aku dah praktekin resepnya nih. Isinya aku tambahain almond slices. Jadi agak ngelawan gitu. Suamiku bilang, coba deh kalo isiannya dimiripin kayak klapertart buat variasi… Boleh juga ya idenya…Ma kasih ya Ci…

  18. mbak Ine..salam kenal dari belanda….wih resep2nya menggiurkan…bolehkah daku contek?mbak aku udah nyoba panekuknya…tapi kulitnya cuma jadi 15…terus kok vlanya keenceran ya….mohon feedbacknya ya mbak….thanks lho resepnya udah kuintip…salam

  19. salam kenal yah… ci ine, saya baru belajar masuk dapur nih.. kebetulan punya sisa terigu & coklat bubuk.. so jadi pingin belajar bikin panekuk coklat… makanya saya numpang nyontek yah…

  20. salam kenal juga…

  21. ci Ine makasih yah… dah dipraktekin ( tapi aku ga upload fotonya ).. waah anakku sampe pingin lagi…. enak katanya..hehehhe.. padahal ada yg aku ga pakein loh.. udah dibilang enak.. apalagi kalo nyontek 100% ???? Sekalian mau nyontek yang lain lagi ach.. tapi yang gampang2.. dulu.. kaga bisa masak neehhh…. thanks yah ci ine

  22. hi, kemaren saya coba panekuk ini..pertama wajan gak diolesi minyak, tapi lengket..gagal 2..trs selebihnya diolesi minyak tp koq kulitnya mulus..dan menurut anak2 enak, cuma kulitnya gak manis..boleh kah ditambahi gula utk kulitnya..krn kulit yg ini rasanya tawar..klu ditambahi gula, pakai gula pasir atau gula halus?..krn ada faktor gula apakah cpt hangus?..mohon infonya ya Ne..makasih

  23. hallo,karena isinya manis, kulitnya gak perlu manis.tapi bisa di tambah gula, jangan terlalu banyak, karena ntar gosong.satu resep itu, bolehlah di beri 75 gr gula pasir aja, campur dengan terigu, baru di tambahkan bahan2 cairnya.

  24. hi ine, tks ya ada satu lagi..koq gak bolong2 ya malah mulus..kenapa tuh?..klu teflonnya gak diolesi mentega, lengket..tp klu diolesi malah kulitnya mulus gak seperti kulit dadar gulung yg bolong2 gitu..

Leave a Reply

