Skip to content

ASEM-ASEM DAGING

February 7, 2006

Description:
Ini masakan khas semarang. Aslinya cuma isi daging saja, kadang pakai urat sapi (di sebut koyor).
tapi orang2 sering menambahkan buncis. Sementara aku lebih senang pakai jagung muda ketimbang buncis.

di makan panas2, dengan teman kerupuk kampung atau kerupuk aci yang bulat putih, enak di makan di segala cuaca.

Ingredients:
5 Butir bawang merah iris tipis
4 siung bawang putih iris tipis
3 cabe hijau iris 1 cm
3 cabe merah besar iris 1 cm
sepotong lengkuas
2 lb daun salam
10 buah belimbing wuluh (kalau nggak ada pakai tomat hijau)
1 sdm asam jawa, di remas2 dengan 100 ml air
1/2 sdm garam
4 sdm gula jawa serut
4 sm kecap manis
500 gr daging sengkel rebus, potong 1X2X1 cm
200 gr jagung muda potong 2 cm (optional, bisa di ganti buncis yang dipotong 3 cm)
2000 cc kaldu (bekas rebusan daging yang sudah di saring)

Directions:
– Tumis bawang merah, bawang putih, lengkuas dan daun salam dengan sedikit minya.
– Setelah harum, masukkan cabe, potongan daging dan belimbing wuluh, air asem, garam, kecap manis, aduk2 sebentar masukkan dalam kaldu sapi, tambahkan gula jawa.
– Rebus sampai bumbu meresap dan daging empuk, masukkan jagung muda/buncis, masak sampai matang.

Catatan:
– Gunakan panci presto untuk merebus daging agar mempersingkat waktu. Untuk merebus daging, cukup 10-12 menit sejak mendesis.
– Lebih enak kalau masak ini sehari sebelumnya, karena lebih meresap. masukkan buncis/jagung menjelang di makan saja supaya tidak lembek.
– Bagi yang suka pedas, bisa ditambahkan segenggam cabe rawit utuh saat memasaknya.

From → Uncategorized

16 Comments
  1. aku kangen kerupuk kampung, mbak. itu yang warnanya merah jambu kan?

  2. foodngarden said: aku kangen kerupuk kampung, mbak. itu yang warnanya merah jambu kan?

    ada yang kuning, orange dan putih. Bentuknya bulet. aku selalu pilih yang putih, takut ama pewarnanya Fi.

  3. elkaje said: Ini masakan khas semarang.

    oh.. ini masakan khas semarang tokh? kirain karena ada resto-nya Koh Liem aza lho..πŸ˜€

  4. admonike said: oh.. ini masakan khas semarang tokh? kirain karena ada resto-nya Koh Liem aza lho..πŸ˜€

    Emang Nike, padahal jauh sebelum koh Liem ngetop, ini jadi masakan rumahan, kalah ngetop ama soto.

  5. hr ini aku masak resep cik inne yg ini lo!! sedapp… asik banget yah seger bener asem2 gituu… tenkiu ya resepnya!

  6. kwek2 said: hr ini aku masak resep cik inne yg ini lo!! sedapp… asik banget yah seger bener asem2 gituu… tenkiu ya resepnya!

    seger ya….tambah sering kamu panasi, tambah meresap tuh.duuh….tau gitu…aku tadi ikutan makan siang:-)). lagi nggak sempat bawa lunch box, trus gak nafsu ama menu di kantin.

  7. kekeke lain kali mampir de…πŸ™‚ aku di kemayoranπŸ˜›

  8. mbak aku nyontek resepnya ya…lagi dingin2 pengen makan yang berkuah anget2, bosen soto, mau bikin rawon lupa bikin toge,jadi bikin asem2 ajalah kebetulan nemu tomat ijo…makasih ya mbak…

  9. estherlita said: mbak aku nyontek resepnya ya…lagi dingin2 pengen makan yang berkuah anget2, bosen soto, mau bikin rawon lupa bikin toge,jadi bikin asem2 ajalah kebetulan nemu tomat ijo…makasih ya mbak…

    iya mbak, seger kog. ntar ikut makan di situ ya :-))

  10. Mbak ine, aku nyontek resep ini ya…Makasih mbaakSalam kenal,Lisa

  11. lisadianty said: Mbak ine, aku nyontek resep ini ya…Makasih mbaakSalam kenal,Lisa

    silakan Lisa, salam kenal juga

  12. mbak ine, aku nyontek jugadi sini gak ada tomat ijo, saya ganti tomat merah aja gpp kali yaπŸ˜€

  13. boleh nyontek resepnya ya….

  14. mbak kalo gk ada tomat ijo n belimbing wuluh diganti apa ya?

  15. luarlingkaran said: mbak kalo gk ada tomat ijo n belimbing wuluh diganti apa ya?

    bikin soto aja deh.. jangan bikin asem2 :-))

  16. mbak,, aku nyontek juga ya resepnya,,,, kiyatannya uenaakk tenan! mksh,,

Leave a Reply

