Skip to content

TAHU SUSUR

February 7, 2006

Description:
Tahu isi, macam-macam namanya, ada tahu berontak, tahu sumpel, tahu isi, baso tahu dll. Yang ini tahu susur, tahu yang di isi sama dengan isi lumpia, yaitu rebung. Dinamakan susur, mungkin karena di jejali isi penuh, seperti orang makan sirih menjejali mulut pakai gulungan tembakau. hehehe…. mungkin lho…. orang makan sirih, kalau di semarang di sebut Susuran sih.

Ingredients:
20 tahu goreng kering yang kosong tengahnya
100 gr wortel, potong panjang seperti korek api
200 gr rebung, potong panjang seperti korek api
50 gr daging ayam rebus, suwir kecil-kecil
1 batang daun bawang iris halus
2 siung bawang putih di geprek
1 btr telur antero
1 sdm kecap asin
1/2 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
1/4 sdt merica

bahan pelapis
100 gr terigu
1/4 sdt garam
1 siung bawang putih
1/2 sdt ketumbar
2 btr kemiri
40 cc air

Directions:
ISI:
Tumis bawang putih sampai harum, masukkan daging ayam, rebung, wortel dan daun bawang.
tambahkan kecap asin, garam, gula dan merica, aduk rata, masak sampai sayur matang dan bumbu meresap.
Tambahkan telur yang sudah di kocok sebentar, aduk-aduk sampai telur tercampur. Angkat.

Sobek salah satu sisi tahu agar berbentuk kantung. Isikan bahan isi sampai penuh padat. sisihkan

Buat adonan pelapis, haluskan bawang, ketumbar dan kemiri,
campur dengan tepung, garam, dan air. aduk rata.

Celupkan tahu pada adonan pelapis, goreng sampai kuning kecoklatan.
sajikan bersama cabai rawit, atau sebagai lauk

From → Uncategorized

7 Comments
  1. waaaaaaaaaa aku mau bikin aaahhhh… ini pake tahu yg padat kan mbak? ga yg sutera aluuuus gituh.

  2. iya, tahu yang spt tahu sumedang, kalau di goreng garing, tengahnya kosong, dan kulitnya menebal.

  3. wah jadi kangen sama sumedang. temenku yang pernah tak critian itu kan tinggal di sumedang, mbak. tiap aku sowan ke ortunya, aku slalu pulang bawa oleh2 tahu sumedang huaaaaa..enyuaaakkk…makan di bis, sampe rumah udah tinggal dikiiitt. abis enak makannya pas anget2 ama cabe rawit..nyam nyam…

  4. Ya udah…kan bentar lagi pul-kam. hihihi…bentarnya masih 3 bulan lagi ya Fi

  5. iyo, mbak. ini juga masih mau foto paspor untuk sarah. ntar hari rabu kita mau belanja,s ekalian belanjain bahan2 ultah john akhir pekan ini. sepertinya bulan depan deh mei itu hehehe…tapi ga lama kok mbak 3 bulan. tau2 udah di depan mata, dan tau2 aku udah berkemas2 siap2 berangkat hehehe

  6. Mba ine, resepnya aku coba ya. Izin posting di mp ku, aku sertakan link ke mp mba Ine🙂 tks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: