Skip to content

MARMER CAKE

February 16, 2006

Description:
Ini salah satu cake yang aku bikin di awal awal belajar bikin cake tempo doeloe. Resepnya dari Yasaboga. Saking biasanya cake ini, dan saking banyaknya jenis cake lain yang menantang di coba, trus….terlupakan.

Lha…kog… ya baru-baru ini ada yang maksa-maksa minta dibikinin marmer cake, karena pingiiiiin banget. Ya wis, orang hamil mesti dituruti keinginannya, sekalian bernostalgia dengan marmer cake.

Serasa kembali ke umur 15 tahun :-)) saat membuatnya pertama kali.

Ingredients:
6 kuning telur
5 putih telur
300 gr margarine (bisa campur butter 1:1)
250 gr gula halus
225 gr tepung terigu (aku ganti 200 terigu+25 maizena)
25 gr coklat bubuk
1/4 sdt vanili

Directions:
1. Kocok margarine dan gula sampai lembut
2. masukkan kuning telur satu persatu sambil di kocok terus. Masukkan vanili.
3. Masukkan tepung terigu sambil di aduk dengan spatula
4. Kocok putih telur sampai kaku, masukkan putih telur ini ke dalam adonan di atas, aduk rata.
5. Ambil 1 mangkuk adonan ini, campur dengan coklat bubuk yang telah di ayak, aduk rata
6. Tuang adonan putih setengah bagian ke dalam loyang yang telah di olesi margarine dan di tabur tepung terigu
7. tuang adonan coklat dan terakhir tuang sisa adonan putih
8. Gunakan sumpit atau garpu, untuk mengacak adonan putih dan coklat supaya bermotif marmer.
9. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan lebih dulu, dengan suhu 180 derajat selama lebih kurang 50 menit

note:
gunakan loyang tulban atau loyang loaf (9 X 22 cm tinggi 7 cm)

From → Uncategorized

31 Comments
  1. mba, kalu hasil bolu bagian bawah seperti karet, dan bagian atasnya mengembang bagus, itu kenapa ya? bisa gak krn ukuran oven yg kebesaran? aku kesel deh blom sukses2 bikin bolu2an

  2. itu karena bantat sebagian. coba di bahas yuk, kamu pake resep apa? ntar step2nya aku bantu detailkan. Kalau resep ini kategori butter cake. cake yang berat dan padat.

  3. nanti aku coba ah mbak…kayaknya enyuakkkk😀

  4. aduh pengen coba nih…Hi Ine..salam kenal ya..

  5. Mba mau tanya,mba dirumah pakai oven apa? kalau utk produksi kecil-kecilan ex terima pesenan kue bagusnya apaki oven apa yach..makaci..

  6. iin713 said: Mba mau tanya,mba dirumah pakai oven apa? kalau utk produksi kecil-kecilan ex terima pesenan kue bagusnya apaki oven apa yach..makaci..

    Aku pakai oven gas Iziper, dan oven gas keluaran pasar senen.pakai oven2 ini, lumayan menunjang produksi🙂 cuma yang keluaran senen….kasar banget barangnya. Karena aku dah kenal sifat ini oven, ya….dah nggak masalah lagi.

  7. mba, klo bikin mermer cake tuh ngocok adonannya berapa lama kira2? dan mixernya pakai kecepatan brp?

  8. ubby said: mba, klo bikin mermer cake tuh ngocok adonannya berapa lama kira2? dan mixernya pakai kecepatan brp?

    Tergantung mixernya ya. Waktu jangan di jadikan patokan. yang penting liat hasil kocokannya. karena tiiap2 mixer punya spesifikasi tersendiri. kalau margarine/butter sudah mulai pucat dan lembut, cukuplah.

  9. Haaa…ini dia….belakangan ini wondering pengen bikin marmer cake resep jadul hehehehe..mamaku demen banget dulu bikin ginian..aku pengen juga bikin buat anak-anak..maklum Ruth dan Jo lagi demennn banget ngemil, tiap hari harus ada kue klo nggak anak-anak panik minta jajan ke warung hehehehehe…..

  10. dewijoris said: Haaa…ini dia….belakangan ini wondering pengen bikin marmer cake resep jadul hehehehe..mamaku demen banget dulu bikin ginian..aku pengen juga bikin buat anak-anak..maklum Ruth dan Jo lagi demennn banget ngemil, tiap hari harus ada kue klo nggak anak-anak panik minta jajan ke warung hehehehehe…..

    yang ini…berat banget Dew…. padat!

  11. hallo ine, manggilnya apa ya enaknya? saya umur 21.. lg merantau kuliah hehe saya mau bikin kue marmer ini buat mama soalnya mama suka bgt jd kepengen buatin. tp saya gak punya mixer di sini. Bisa ndak ya?oya trs oven saya itu jg kayaknya tua gt,kmrn pas bikin kue sus yg gosong bawahnya aja.. Trs kan klo semisal bikin marmer ini, klo saya panggangnya satu demi satu layer nya boleh ndak? ato ada saran? Thx sebelumnya

  12. theena15 said: hallo ine, manggilnya apa ya enaknya? saya umur 21.. lg merantau kuliah hehe saya mau bikin kue marmer ini buat mama soalnya mama suka bgt jd kepengen buatin. tp saya gak punya mixer di sini. Bisa ndak ya?oya trs oven saya itu jg kayaknya tua gt,kmrn pas bikin kue sus yg gosong bawahnya aja.. Trs kan klo semisal bikin marmer ini, klo saya panggangnya satu demi satu layer nya boleh ndak? ato ada saran? Thx sebelumnya

    Hallo Agustina, terserah mau manggil apa. ada yang manggil ine, cik, mbak, bu, bahkan mbok hehehe…bebas aja…aku bakal noleh kog. Umurku lebih dua kali lipat umurmu.Cake ini termasuk butter cake yang padat. kalau di panggang selayer selayer, malah ntar gosong bawahnya.dan gak jadi marmertetep aja panggang spt ini, kira kira setelah bagian pinggir mengering, selipkan loyang yang di isi air, ke bawah loyang kue ini, untuk meredam panas merambat di bagian bawahnya.ya…ini salah satu trik saja.

  13. hehe epanggil cik aja ya.. hehehemakasih sarannya ya cik.. nanti mau dicoba ^^

  14. wadooohhh…masih banyak ya…..resepnya…akan kupraktekkan dirumah…

  15. nyontek ya, ci!

  16. Thanks yah cie,atas resepnya.pengen nyoba,mudah-mudahan suksess.salam kenalxoxo, ida

  17. salam kenal juga!

  18. Ci Ine aku dah coba buat marmer cake tapi kenapa coklatnya ngumpul dibawah semua ya? terus atasnya terbelah..mohon info..thx

  19. mba ine, saya dah coba ni, enak sekali..makasih yah mba ine

  20. lagi nyari resep cake nih…nyontek ya mbak?…

  21. cik ine.mo tanya neh.itu vanilinya bubuk atau cair? kalo saya punyanya cair gimana? thx

  22. liat penampakannya jadi menggoda…,tapi kok tinggal seiris ya…yg lain menguap kemana?he…he…salam kenal mba ine,lagi gogling marmer cake nich…,eeeee terdampar disini…mau nyoba resepnya nich mba ,mudah2an berhasil .makasih mba.

  23. aq kmaren bikin cake marmer tapi coklat kok gak bagus malah ngumpul…gmana donk.?wktu aq kocok adonannya aq bingung pas disatuin kok jd kental gitu..apalagi pas campur coklatnya…aduh cake ku error…mohon bantuannya mba…

  24. I have been visiting various blogs for my dissertation research. I have found your blog to be quite useful. Keep updating your blog with valuable information… Regards

  25. berhasiilll….uueenak bgt…empuk…Makasih yaa…udah share resepnya…

  26. ine..aku coba resepnya yah..moga2 berhasil:) itu panggangnya pake api atas bawah aau atas aja ato bawah aja???

  27. ine,mau tanya lagi kenapa putih telornya hrs dipisah and dikocok sampe kaku dulu baru disatuin,ga bs sekalian sama kuning??…thanks yahh

  28. butter cream yg enak apaan ya…aku pake orchid kok eneg bgt….pake whisman mahal bgt…hehe…

  29. mbak salam kenal, ijin ngopi resepx ya mbak…terima kasih.

  30. Decy permalink

    Ci Ine salam kenal….thanks untuk resepnya….coba cari2 resep marmer cake….eh mata langsung lihat punya yang ci Ine,udah dicoba dan hasilnya enaaak bangeut….kebetulan lagi ikut suami tugas di luar,jadi menemukan resep ini dan membuatnya cukup mengobati kerinduan akan makanan indonesia…..sekali lagi thanks ya ci…:).

Leave a Reply

