Skip to content

BABAT GONGSO

February 20, 2006

Description:
Ini masakan populer di semarang dan solo. Bikinnya gampang, yang repot merebus babatnya, supaya nggak bau dan kenyal-kenyal.

Babat gongso ini bisa di teruskan jadi Nasi goreng babat, tinggal tambahkan nasi dan garam, goreng pakai api arang…lebih sedep lagi.

Ingredients:
500 gr babat rebus yang putih, iris 2X2 cm
(bisa campur dengan paru, limpa, usus yang telah di rebus empuk)

10 butir bawang merah, iris halus
4 siung bawang putih, uleg halus, campur dengan 50 cc air
2 sdm minyak untuk menumis
4 sdm cabe giling
5 sdm kecap manis
1 sdt garam
1/2 sdt gula (pengganti vetsin)

Pelengkap:
bawang merah goreng

Directions:
1. Tumis bawang merah, masukkan babat, tumis sampai harum dan babat setengah kering.
2. tuangkan air bawang putih, cabe giling, kecap, garam dan gula,
aduk rata, masak sampai air mengering dan bumbu meresap ke dalam babat.
3. sajikan panas dengan taburan bawang merah goreng

note: MEREBUS BABAT
– Bersihkan babat dari lemak2 yang berlebihan
– rebus babat dalam air mendidih selama 10 menit, lalu buang air perebusnya.
– Gunakan panci tekan, didihkan air, cemplungkan babat bersama sepotong besar jahe geprak dan 3 lembar daun salam. Rebus selama 15 menit dihitung dari pertama kali panci tekan mendesis.

From → Uncategorized

27 Comments
  1. wack…. disini sering banget nemu babat dan pengen nyoba tapi gak tau mo diapain. Thank you banget contekannya.

  2. yang harus diingat An, jangan banyak2…ngeri kolestrol. hihihi……

  3. kalo nyokap sering bikin ini tapi pake pork..

  4. olin said: kalo nyokap sering bikin ini tapi pake pork..

    Kalau pork, kayaknya namanya bukan babat, tapi tito. tekstur permukaannya beda, tito lebih halus. soal rasa….sama2 enang dan sama-sama membahayakan. hehehe…….

  5. elkaje said: Kalau pork, kayaknya namanya bukan babat, tapi tito. tekstur permukaannya beda, tito lebih halus. soal rasa….sama2 enang dan sama-sama membahayakan. hehehe…….

    ooo baru tau namanya tito..thanks ya..emang bener2 bahayaaaa…tapi endaaaaak…^__^

  6. Wadu mbak Ine….mau,sudah bertahun2 saya nggak pernah makan ini.Saya kan orang Semarang…tau banget enaknya makanan ini…

  7. indbahar said: Wadu mbak Ine….mau,sudah bertahun2 saya nggak pernah makan ini.Saya kan orang Semarang…tau banget enaknya makanan

    di situ ada babat ngak In? bikin gih, sekarang ada panci presto, bikin babat tuh nggak seribet dulu.

  8. saya baru coba bikin babat ini, duhh enak banget. thank you ci resepnya.

  9. wah.. aku jg sering bikin ini nih, Ci.. enak deh.. tp biasanya aku kasih saus tirem juga. resepnya sih dpt dr temen yg org jawa.Oh.. kalo misalnya rebus pake jahe + salam doang, baunya bisa ilang ya, Ci? biasanya aku cuci2 pake aer kapur sirih.. duuuh cape kalo kaya gitu. mending rebus pake jahe + salam aja ya.. Thank you for sharing ilmunya ya ci.. =)

  10. cvw10 said: saya baru coba bikin babat ini, duhh enak banget. thank you ci resepnya.

    hati hati…si koles mengintip. sekali kali aja makan enak kayak gini🙂

  11. vindaloo said: wah.. aku jg sering bikin ini nih, Ci.. enak deh.. tp biasanya aku kasih saus tirem juga. resepnya sih dpt dr temen yg org jawa.Oh.. kalo misalnya rebus pake jahe + salam doang, baunya bisa ilang ya, Ci? biasanya aku cuci2 pake aer kapur sirih.. duuuh cape kalo kaya gitu. mending rebus pake jahe + salam aja ya.. Thank you for sharing ilmunya ya ci.. =)

    gak ilang blas, mesti di ganti air sekali atau dua kali juga.menurutku kapur sirih dipakai untuk membersihkan hitam2nya.padahal nih, di semarang, namanya babat goreng atau gongso, bukan dari babat yang sudah putih bersih, tapi dari yang masih hitam, lebih enak. Tapi yang nggak yang item banget, masih semu abu2 gitu.kalau di perhatiin di tukang nasi babat/babat gongso/goreng, gak pakai saus tiram. Yang pakai saus tiram, mungkin sudah di variasikan lagi tuh.

  12. cobain aaaaaaaaaah….ada babat lumayan banyak nich….

  13. vaniahuebsch said: cobain aaaaaaaaaah….ada babat lumayan banyak nich….

    kalau nggak habis, di bikin nasi goreng babat Van

  14. elkaje said: kalau nggak habis, di bikin nasi goreng babat Van

    ide bagus jie…ada sisa sih tapi tetep tak makan sama nasi…pas aku makan si MM bengong dah…dia nggak mau dan tadi malam makan kare ayam

  15. waduh waduhhh… kemaren pas ke Ungaran sempet nyicipin di bu djaikem… mak nyusss… di alun2 ungaran…. babatnya uempukkk.. pedhes…. slrpsss…. jd pengen neh …

  16. Disini babatnya putih bersih, persis kaya handuk haha …. dan juga sudah empuk .. jd nggak usah direbus dulu …Pagi ini aku mau bikin nasi goreng babat, pake resepmu ya. Thanks.Sayang cuma aku yang suka nich … Anak bule mana mau makan babat hehe

  17. wah…ati2 makan nasi goreng babat cie…suka ketagihan:-))

  18. Duh jadi pengen pulang ke soloth gak kenapa soalnya si daerah kartasura ada warung soto babat namanya warung apa ya aku lupa pokoknya deket pom bensin di kartasura dechwah disana ada soto babat ma babat gongso enak banget dah gt nasi gorengnya enak jgpokoknya tuch warung langganan keluargaku klo aku pulang pa kakakku pulang dari Layar pasti kita ke sanaenak benerdi jakarta aku lom nemuin lho yang seenak ituFrom Nana – jakarta

  19. mutoko said: di jakarta aku lom nemuin lho yang seenak itu

    mbikin ndiri aja Na… aku juga nggak pernah ketemu yang enak di JKT. kekurangannya adalah, aroma smokey yang kuran, karena kita kan mbikinnya pake kompor, sementara tukang babat gongso pake kayu bakar ato arang

  20. silahkan mampir ke warung kami dapatkan alamatnya di nasgorbat.multiply.com

  21. Mbak ine, mohon ijin nyontek resep nya ya…

  22. mba, cara mnghlangkan bau prengus babat gmn yah?ak ud blansir berkali2 tp kq msh ngga enak aromanya..

  23. di rebus dengan daun salam dan jahe… buang airnya… bersihkan babatnya dari lemak2… cuci bersih, rebus lagi dengan daun salam dan jahe.aromanya memang khas prengus gak bisa hilang sama sekali, makanya babatnya di masak dengan banyak bumbu spt ini.

  24. ud th ce, ak ud rebus pke jahe ma daun salam kq, mlhan pke sere, asam jg wktu presto tapi klo sblumnya ak cmn rebus pke air aj smpai 3x. bau ny masi g enak. klo bumbu utk gongso nya simple bgt yah?

  25. nah…ini dia.. soal bau susah ukurannya ya.. babat tuh emang baunya gak akan ilang sama sekali, berganti bau jahe atau malah netral. tetep bau babat. hehehe.. lah iya.. bumbunya juga cuma sesimple itu,

  26. memang babat hitam lebih enak kayaknya. dulu sering makan bakmi pakai babat di bandung jl naripan kayaknya juga hitam2. di sini babat putih semua rasanya kurang ‘character’ gitu.

  27. hai Irene, tapi buat yang nggak biasa, suka jijik makan yang hitam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: