Skip to content

ONDE-ONDE

February 21, 2006

Description:
Nenekku yang lain – bukan nenek langsung – pembuat onde2 yang enak. Dia mensortir sendiri wijen yang dipakai, supaya tidak ada sebutirpun wijen yang hitam menempel di onde2nya. Selain onde2 kumbu kacang hijau, dia membuat juga onde2 isi tangkwe atau manisan labu. Masa itu keju masih jadi makanan langka dan mahal, jadi belum di pakai sebagai isi onde2.

Kenangan masa kecilku dengan onde2 nenek adalah, aku di suruh membantu melapis wijennya, ini menyenangkan sekali. Tapi suatu ketika salah satu tanganku di sengat lebah dan bengkak di telapak tangan, aku dilarang membantu, tapi karena ini menyenangkan, aku tetap nekad mau ikut melapis wijen, daaaaan…..plung…onde2 terjatuh ke tanah, karena tanganku gak bisa kokoh memegang.

Caraku menikmati onde2 adalah, menggencetnya di antara 2 lembar kertas merang (kalau sekarang pakai tissue), sehingga onde2 jadi gepeng dan minyak terserap kertas, dan mulut tidak perlu mangap lebar2 untuk menggigit onde2.

Ingredients:
kulit:
250 gr Tepung ketan
60 gr gula pasir
150 cc air

isi:
125 gr kacang hijau
60 gr gula pasir
50 cc air
1/4 sdt garam
2 lembar daun pandan

bahan lain:
100 gr wijen
minyak untuk menggoreng

Directions:
ISI (disebut Kumbu):
1. rebus kacang hijau selama 10 menit dari saat masuk di air mendidih.
Tiriskan, kupas kulitnya dengan cara di uleg2 sedikit sedikit, rimbang dalam air banyak, kulit dan biji kacang hijau akan terpisah.
2. Kukus kacang hijau selama 45 menit. atau, kalau menggunakan presto, kukus selama 15 menit dari saat panci mendesis.
3. Tumbuk/giling kacang hijau sampai halus
4. rebus gula, garam, air dan daun pandan sampai gula larut, masukkan kacang hijau halus, masak sambil di aduk sampai rata.
5. buat bulatan2 dari kumbu ini sebesar baso. sisihkan

jika ingin onde2 gaya baru dengan rasa kumbu keju:
tambahkan 100 gram keju cheddar parut saat memasak kumbu tsb.

Kulit
Larutkan gula dalam air, pakai air gula untuk mengadoni tepung sampai bisa di pulung.

Penyelesaian:
ambil segumpal adonan kulit, tipiskan, isikan kumbu di tengah, bulatkan kulit sampai menutup rapat kumbu. gulingkan di wijen.

Goreng dengan minyak banyak dan api sedang, sambil terus di aduk agar matangnya rata.

Note:
– Onde2 tidak tahan renyah, kerenyahan hanya sebentar setelah di goreng. Jadi, goreng sesaat akan di sajikan.
– Onde2 yang meletus saat di goreng, karena kurang gula. Komposisinya antara tepung : gula adalah 3:1
– Onde2 yang dibuat dari tepung ketan baru di tumbuk, lebih enak dan legit rasanya daripada tepung ketan jadi.
– Ada yang menyarankan, agar mencampur sedikit tepung beras agar terjaga kerenyahan kulitnya. yang ini belum di coba
– Air gula untuk mencampur tepung ketan, jangan dalam keadaan panas, ini salah satu penyebab onde2 lemas tidak renyah dan tidak mekar.
– Menggoreng onde2 perlu kesabaran, karena api tidak terlalu besar, maka butuh waktu untuk mengembangkan dan mematangkannya.

From → Uncategorized

47 Comments
  1. mantaaaaaf….

  2. wah mbak ine.. beda sekali ya penampilannya sama onde2 ketawa hehe.. yg ini manis, putih, kemayu mirip putri keraton. kalo yg satunya ngakak padahal dari solo ya🙂

  3. Emang, tapi yang ini pucat efek cahaya. aslinya lebih kuning. tapi kalau makan nih ya…..lebih nggak sopan makan onde2 ini mesti mangap selebar2nya saat mau menggigit.:-))caraku makan yang di gencet, katanya menyalahi aturan makan onde2 hihihi……

  4. hmm.. pake cadar aja mbak kalo mau makan biar mangapnya ngga keliatan atau.. balik badan dulu hehe.. aduh kog dibahas :-))

  5. elkaje said: Caraku menikmati onde2 adalah, menggencetnya di antara 2 lembar kertas merang (kalau sekarang pakai tissue), sehingga onde2 jadi gepeng dan minyak terserap kertas, dan mulut tidak perlu mangap lebar2 untuk menggigit onde2.

    hihihihiiiiiii…teknik jitu mbak!!! kayak makan burger kan mangapnya selebar gaban, dari kuping kiri ke kuping kanan huahahahaaaaaaaaa…

  6. mau nyoba, kayanya gak rumit banget… laporannya menyusul ya kalo berhasil dan nggak pake kecipratan minyak pas lagi ngegoreng. Hobi banget ni tangan item item kena minyak panas mulu. Kata akang gue & minyak panas saling cinta pengennya bercumbu mulu

  7. deaaminy said: hmm.. pake cadar aja mbak kalo mau makan biar mangapnya ngga keliatan atau.. balik badan dulu hehe.. aduh kog dibahas :-))

    wakakakak….ntar di catet deh, trik makan burger, bakpao, onde2 ….pokoknya yangperlu mangap lebar2, pakai cadar!

  8. cindil said: mau nyoba, kayanya gak rumit banget… laporannya menyusul ya kalo berhasil dan nggak pake kecipratan minyak pas lagi ngegoreng. Hobi banget ni tangan item item kena minyak panas mulu. Kata akang gue & minyak panas saling cinta pengennya bercumbu mulu

    gak rumit, cuma mesti sabar. apalagi waktu proses kacang ijonya. Minyaknya gak nyiprat2 kog, kecuali kalau meletus onde2nya (biasanya karena kurang manis)kecuali juga kalau emang minyak dan tanganmu emang bener2 saling cinta :-)) hehehe….ah…jangan…moga2 nggak lagi ya An.

  9. Mbak ine ,saya nemu resep onde-onde orang vietnam,menurut mbak ine,enak nggak yah kok kulitnya pake kentang,mohon sarannya,terimakasih sebelumnya.Tiara.Onde-onde vietnamFor the Outer Pastry: -1lb glutinous rice flour -100g rice flour -2 tsp baking powder -200g sugar -400g water -75g potato -1 tsp oil -sesame seeds *Peel, steam and mash potato. Mix together flours and baking powder. Boil together sugar and water and pour into flour mixture (while still hot, right off the stove). Use a wooden spoon to mix together flour and syrup so that the flour soaks in all of the syrup. Let mixture cool enough to handle before kneading in potato and oil to make a smooth dough (dough will be sticky). Filling: -100g mung beans (peeled and split) -100g sugar -50g grated coconut -2 tbs oil *Rinse, soak, cook and mash beans. Mix in sugar and oil. Stir fry over medium heat until thickened add coconut and Mali flavor. Cool and divide into 20 portions. Making the Pastries: Wet hands with water, and grab some dough, flatten it and wrap filling in the middle. Roll in sesame seeds. Deep fry over medium heat until golden and puffy (about 15 mins).

  10. ci Ine, aku baru sadar kalau onde-onde hasil praktek resep cici ini salah pake tepung, harusnya kan tepung ketan aku tempo hari pakenya tepung beras biasa.. tapi ternyata jadinya ok juga :-)kata yg makan sih enak, empuk😀

  11. Mau nyoba kok belum kesampean aja, padahal kacang ijo kupasnya udah beli, nagkring ada dilemari, kemarin malah dapat ide katanya pake ogura(?), kacang merahnya jepang, katanya lebih enak dan sehat ( kononnye), juga udah dibeli tapiiiii kok belum jadi aja ya. Kayaknya mesti di “gebhuk” dulu…..Onde kentang nih banyak ditoko Thailand disini…, tapi gak berani beli karena guede2, makan satu bisa 5 hari kenyang……ho ho ho

  12. tukangkue said: Mbak ine ,saya nemu resep onde-onde orang vietnam,menurut mbak ine,enak nggak yah kok kulitnya pake kentang,mohon sarannya,terimakasih sebelumnya.Tiara.

    Aku gak tau Tiara. belum pernah nyicipi yang kulitnya di campur kentang. Ada sih yang isinya di ganti kentang. mentang2 mirip2 ama kacang ijo kupas yang dihancurkan, tapi tetep rasa emang gak pernah bohong🙂

  13. irma303 said: ci Ine, aku baru sadar kalau onde-onde hasil praktek resep cici ini salah pake tepung, harusnya kan tepung ketan aku tempo hari pakenya tepung beras biasa.. tapi ternyata jadinya ok juga :-)kata yg makan sih enak, empuk😀

    hehehe…lha yang makan belum kenal onde2 beneran yang pake tepung ketan Ir.

  14. estherlita said: Mau nyoba kok belum kesampean aja, padahal kacang ijo kupasnya udah beli, nagkring ada dilemari, kemarin malah dapat ide katanya pake ogura(?), kacang merahnya jepang, katanya lebih enak dan sehat ( kononnye), juga udah dibeli tapiiiii kok belum jadi aja ya. Kayaknya mesti di “gebhuk” dulu…..Onde kentang nih banyak ditoko Thailand disini…, tapi gak berani beli karena guede2, makan satu bisa 5 hari kenyang……ho ho ho

    Iya kali, onde2 kacang merah, lebih gampang ketimbang kacang ijo yang belum di kupas mbak. Itu…jangan2 wijennya udah habis buat bikin wijen keju mbak? hehehe….

  15. mba ine,aku kemaren coba juga loh..enyak enyak enyak…:Dtapi isinya aku ganti keju soalnya pemalesan bikin kumbunya.ternyata ga sesulit yang dibayangkan yah..oh ya,aku campur tepung beras juga.trus tadi lupa minta ijin posting resep ke ncc ga papa ya mba..hehehhehee..

  16. pippilotta said: tapi isinya aku ganti keju soalnya pemalesan bikin kumbunya.ternyata ga sesulit yang dibayangkan yah..

    Kamu kreatif ya Aya, aku juga ntar pingin coba di kasi tepung beras sedikit.Gak apa di posting, lha emang di taruh di sini untuk di sharingkan kog.

  17. mbak ine, onde2ku wijennya kabur ga lengket. jadi di wajan penuh wijen. tapi ada 4 onde2 yg selamat dan cantik. tapi hasilnya rada item. blum cantik tp wijennya nempel sempurna. kenapa ya, mbak?

  18. foodngarden said: mbak ine, onde2ku wijennya kabur ga lengket. jadi di wajan penuh wijen. tapi ada 4 onde2 yg selamat dan cantik. tapi hasilnya rada item. blum cantik tp wijennya nempel sempurna. kenapa ya, mbak?

    Gimana caramu bikin/membentuk Fi?1. semua di isi dulu…setelah semua jadi…baru di gulingkan di wijen?2. setiap jadi satu biji, langsung digulingkan di wijen.kalau nomor 1 caranya, ada kemungkinan permukaan onde2 udah rada kering, sehingga wijen nggak nempel. bisa di siasati dengan di oles air putih dulu, biar lembab, baru di gulingkan di wijen.kalau nomor 2, ada kemungkinan adonan kurang lembek, bisa disiasati telapak tangan di basahi air saat membulatkan onde2, biar permukaannya lembab.

  19. oooooohhh nomor satu, mbak. lah abis, kalo bolak-balik gulingin ke wijen, aku maunya nyuci tangan mulu dari satu biji dg biji lainnya. aku ga suka tanganku lengket hehehe… (aku paling boros handuk di dapur, soalnya paling demen cuci tangan).

  20. mbak ijin copy resep yah….thanks

  21. ukitop said: mbak ijin copy resep yah….thanks

    Silakan Suci, semoga sukses onde2 nya ya

  22. ci ine salam kenal, udah nyontek resep onde2nya hehe…udah praktek baru lapor..ngak pa-pa ya..hehe onde2nya udah di praktekin hasilnya bagus ngak sempet di foto udah ludes duluan,thanks a lot. and praktek jg di tambah ama tepung beras hasilnya agak alot dikit klu dah dingin enak pake tepung ketan semua.

  23. media75 said: ci ine salam kenal, udah nyontek resep onde2nya hehe…udah praktek baru lapor..ngak pa-pa ya..hehe onde2nya udah di praktekin hasilnya bagus ngak sempet di foto udah ludes duluan,thanks a lot. and praktek jg di tambah ama tepung beras hasilnya agak alot dikit klu dah dingin enak pake tepung ketan semua.

    Salam kenal juga.Senengnya…. bisa menyenagkan keluarga dengan onde2.

  24. lam kenal mbak ine,resep ini udah lama aku cari.kucopi ya mbak,ntar kalau uda jadi laporan deh.mbak blognya kulink ya

  25. salam kenal mbak, hobi saya nih… makan onde2… biasanya sebelum digelindingin di wijen, onde2 nya saya celupin di air mateng dulu mbak, baru di guling2 kan di wijen, hasilnya wijen lebih merata dan rapi mbak… hidup onde2

  26. Ci Ine, salam kenal, ma kasih ya resepnya. Saya keburu rendam kacang ijo semalaman buat kupas kulitnya, telat ketemu tekniknya di blog-nya Ci Ine.

  27. mba ine… semoga di tanggapin yah mba… aku udah berkali2 mencoba onde2 mba ine ini… krn mmg cocok dan mudah….. tapi mba masalah sy selalu pada saat menggoreng… sy sudah coba menggoreng dengan api sedang dan dibolak balik… tp kenapa kulit onde2 pada bagian dalam…tidak matang… jadi di kulit onde2 masih ada lapisan putih tanda tak matang… mba punya solusinya mba? makasih ya mba… fonsa76@yahoo.com

  28. fonsa76 said: mba ine… semoga di tanggapin yah mba… aku udah berkali2 mencoba onde2 mba ine ini… krn mmg cocok dan mudah….. tapi mba masalah sy selalu pada saat menggoreng… sy sudah coba menggoreng dengan api sedang dan dibolak balik… tp kenapa kulit onde2 pada bagian dalam…tidak matang… jadi di kulit onde2 masih ada lapisan putih tanda tak matang… mba punya solusinya mba? makasih ya mba… fonsa76@yahoo.com

    kemungkinan2nya adalah:1. api masih terlalu besar, jadi, coba lebih kecil lagi apinya, onde2 kudu terendam minyak.2. kulit terlalu tebal, jangan lebih dari setengah senti ya.

  29. Ci Ine, saya sukses bikin onde2 pakai resepnya Ci Ine. Uenak tenan Ci. Tetangga, saya bawain, suka banget, dari baru dianter makan terus.. sampai tanya2 resep dan cara bikinnya segala. pas pulang katanya : “thanks for andi-andi”. Soalnya dia ngga bisa bilang “onde-onde” :DSalam dari NC, USA

  30. firstari said: Ci Ine, saya sukses bikin onde2 pakai resepnya Ci Ine. Uenak tenan Ci. Tetangga, saya bawain, suka banget, dari baru dianter makan terus.. sampai tanya2 resep dan cara bikinnya segala. pas pulang katanya : “thanks for andi-andi”. Soalnya dia ngga bisa bilang “onde-onde” :DSalam dari NC, USA

    siiip, ikut senang Frista, kalau ada yang sukses praktekkan resep.selamat makan andi andi ya!🙂

  31. onde2 adalah makanan kesukaan MM, bakal dicoba aaah

  32. cik ine, tanya nih, bisa gak, adonan onde2 dibuat sehari sebelumnya, udah dipulung dan disi, terus besoknya baru digoreng?

  33. lielie said: cik ine, tanya nih, bisa gak, adonan onde2 dibuat sehari sebelumnya, udah dipulung dan disi, terus besoknya baru digoreng?

    Lielie, aku biasanya bikin sore, besok paginya baru di goreng, taruh di tempat tertutup, spy tidak kering.

  34. HIDUP ONDE ONDEE….waktu di polandia aku kangen banget sama onde-onde….. kalo di indo kan bisa nemu dimana mana… trus sekarnag udah di kampoeng halaman.. pengen bisa bikin.. untung ada disini resepnya.. thanks ya.. mba, tak coba dulu…

  35. Mbak….aku ijin co-pas cara buat kumbunya ya…Buat tambahan info di sini:http://tsuroiya.multiply.com/recipes/item/162/Onde-OndeMakasih sebelumnya…

  36. hmmmm…ijin di copy ya mba Ine…sepertinya mudah untuk dipraktekkan.

  37. siiip… asyik bikin onde2 ndiri ya Ienas

  38. mau tanya neh… gmn caranya supaya kerenyahan onde2nya bisa bertahan lbh lama? thx

  39. boleh tanya….kalo pake tepung beras…segimana ya?Thanks…..

  40. hallo mba….lam kenal ya…makasih ya buat resepnya

  41. Salam kenal,Mba’ aku nyontek resepnya yach….

  42. I have been visiting various blogs for my Term Papers writing research. I have found your blog to be quite useful. Keep updating your blog with valuable information… Regards

  43. hmm. . .Nice site, and a nice blog design. Oh, and very useful information as well.buy term paper online

  44. This kind of information is very limited on internet. Nice to find the post related to my searching criteria. Your updated and informative post will be appreciated by blog loving people.cpanel reseller hosting | whm reseller hosting

  45. aiva aviaavia permalink

    Yg bwt adonan air gulax hangat apa uda dingin.mbak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: