Skip to content

KWETIAU GORENG

February 26, 2006

Description:
Kwetiau sudah jadi makanan umum di sini, bahkan pedagang asongan yang keliling membawa nasi bungkus kertas koranpun, juga menyediakan bungkusan kwetiau. Tapi menyajikan kwetiau sendiri di rumah, dengan memenuhi rumah pakai aroma kwetiau goreng saat memasak, adalah kepuasan tersendiri buatku.

Ini penilaian subyektif versiku banget ya, beberapa kali makan di beberapa tempat, dapat kesimpulan apa beda antara Kwetiau Pontianak dan kwetiau Medan.

Kwetiau pontianak menggunakan daging sapi, porsi kwetiau dan dagingnya proporsional seimbang.
Kwetiau Medan menggunakan daging babi, porsi kwetiau lebih sedikit ketimbang dagingnya.

Dari melihat para koki berbagai versi memasak kwetiau di depan kita, kusimpulkan bahwa telur yang di masukkan belakangan pada kwetiau goreng, adalah memberi rasa gurih pada kwetiau yang cenderung hambar, karena telur bercampur membalut para kwetiau ini. Dan….kesimpulan ini kubenarkan sendiri🙂, saat bikin kwetiau goreng, dengan telur yang sudah di orak arik lebih dulu, beda rasanya. Jadi….telur sabar menunggu, masuk belakangan aja.

Isian kwetiau sayuran dan baso dan daging dan sebagainya, terserah apa yang ada di kulkas. yang kudu ada….telur!

Ingredients:
300 gram kwetiau basah, cuci bersih

3 sdm minyak goreng
3 siung bawang putih di geprek
4 butir baso potong2
50 gr daging ayam, potong2
4 buah otak2 goreng, potong2

1/2 sdt garam
4 sdm kecap manis
1 sdm kecap asin
1/2 sdt kecap ikan
1 sdm angciu
1 sdm saus tiram
1/4 sdt merica

2 btr telur, kocok lepas
100 gr taoge
3 lembar kol di iris 2 cm
3 bonggol sawi, potong 3 cm
1 lembar daun bawang, potong 1 cm

Directions:
1. Tumis bawang putih dengan minyak, sampai harum.
2. Masukkan daging ayam, aduk sampai berubah warna, tambahkan baso dan otak otak.
3. Masukkan kecap asin, kecap ikan, angciu, saus tiram, kecap manis, garam, merica
4. Masukkan kwetiauw, Aduk cepat dan merata.
5. Tuangkan telur yang sudah dikocok lepas, aduk rata, terakhir masukkan sayuran.
6. Masak sampai sayuran layu.

Sajikan bersama acar mentimum

From → Uncategorized

19 Comments
  1. Mbak, ini beli kwetiau basah-nya dimana ? Dulu saya suka beli di pasar, tapi sejak ada isu formalin jadi ga berani lagi.. padahal kwetiau adalah kedoyanan saya. Sedang mau pake kwetiau kering, rasanya tidak se-enak yang basah.

  2. czplaza said: Mbak, ini beli kwetiau basah-nya dimana ? Dulu saya suka beli di pasar, tapi sejak ada isu formalin jadi ga berani lagi.. padahal kwetiau adalah kedoyanan saya. Sedang mau pake kwetiau kering, rasanya tidak se-enak yang basah.

    di Pasar. Ada banyak jenisnya. ada yang di uwel2 rapi, di bungkus plastik trus di bungkus kertas di ikat kayak kado🙂 pakai tali rafia. Ada yang cuma di kantongi plastik gitu aja. kata yang jual, yang di kantong plastik itu kwetiau pontianak. mungkin yang bikin orang ponti.menurutku ini lebih enak, lebih kenyal.Waktu beli, aku tanya ama si abang, pake formalin gak? dia bilang “enggak” ya wis aku percaya, pasrah seutuhnya hihihi….gak mau pusing gitu lho!

  3. waaa ini demenan ku, cuman kalau saya sukanya malah pake toge aja, tapi ide pake otak2 kayakne bisa jadi pengganti baso ikan ya ?

  4. iya mbak, baso ikan, otak2, kekian, wis….apa yang bisa dicemplungi, di cemplungi aja, biar tambah kaya.

  5. elkaje said: di Pasar. Ada banyak jenisnya. ada yang di uwel2 rapi, di bungkus plastik trus di bungkus kertas di ikat kayak kado🙂 pakai tali rafia. Ada yang cuma di kantongi plastik gitu aja. kata yang jual, yang di kantong plastik itu kwetiau pontianak. mungkin yang bikin orang ponti.menurutku ini lebih enak, lebih kenyal.Waktu beli, aku tanya ama si abang, pake formalin gak? dia bilang “enggak” ya wis aku percaya, pasrah seutuhnya hihihi….gak mau pusing gitu lho!

    Waktu beli, aku tanya ama si abang, pake formalin gak? dia bilang “enggak” ya wis aku percaya, pasrah seutuhnya hihihi….gak mau pusing gitu lho!he he he .. iya juga ya, kalo terlalu pusing ama isu formalin jadi ga bisa makan apa2.

  6. Kwetiau goreng, jadi inget kwetiau sapi hayam wuruk, kwetiau akang, kwetiau yg diboulevard deket toko sepeda + sambelnya hmm sedap & ngiler hiks..hiks…Tapi daku paling suka sama kwetiau sirem, pernah coba bikin sendiri tapi kurang puas, terutama pas bikin adonan sagunya agak2 susah, Ci Ine punya resep utk kwetiau sirem enga, kalu ada share lagi dong (*aduh sidewi ini kerjanya minta resep mulu, maklum pemula*), thanks ya sebelumnya.

  7. amadeus18 said: Tapi daku paling suka sama kwetiau sirem, pernah coba bikin sendiri tapi kurang puas, terutama pas bikin adonan sagunya agak2 susah, Ci Ine punya resep utk kwetiau sirem enga, kalu ada share lagi dong (*aduh sidewi ini kerjanya minta resep mulu, maklum pemula*), thanks ya sebelumnya.

    Pemula?? aih Dew….itu poto kue dan masakan bejibun darimana coba? :-))ada nih kwetiau sirem pontianak. tapi aku gak pernah bikin. kamu aja yang coba. ntar kukirim langsung ke emailmu ya.

  8. Bener aku ini pemula banget, krn disini ajah jadi masak deh mau tidak mau, waktu masih tinggal sama mama mah tinggal santap masakan mama, kalu disuruh masak jawabannya males, enga mood, he..he…atau tinggal makan diluar(yg ini sering, terutama baso, soto mie, kwetiau sirem, tude menado). di Jkt enak tukang makanan banyak & enak2, disini mah sedih, kebanyakan cuman ayam goreng, kentang goreng, onion goreng hiks..hiks….Ok, thanks Ci, entar aku coba..

  9. Mbak Ine.. angciu itu apa ya… oh ya, di direction nya kok gak ada keterangan kapan masukin kwetiaunya? setelah kecap-kecapnya masuk sebelum telur dimasukin ya…

  10. adriafury said: Mbak Ine.. angciu itu apa ya… oh ya, di direction nya kok gak ada keterangan kapan masukin kwetiaunya? setelah kecap-kecapnya masuk sebelum telur dimasukin ya…

    Udah aku koreksi tuh di nomor 4. Thks ya inputannya.angciu itu arak masak, fungsinya nambah aroma. buat orang muslim katanya angciu non halal, jadi bisa di skip aja kalau memang perlu.

  11. Mbak Ine, jadi keingat sama mama setiap kali beli roti pasti dia tanya, baru (baru dibuat hari ini, maksudnya) ya bang?…pasti deh di jawab “baru”….😀 Trims dengan resepnya. Saya juga sering membuat kwetiau goreng tapi entah versi pontianak atau medan yang jelas enak….. oh ya sekedar mengingatkan bahwa setiap kali saya membeli kwetiau basah selalu di bilas ulang dulu sebab tidak tahan dengan “air putih” nya … (hmmm kalau saya dengar obrolan teman saya yang pernah jadi bos pabrik bakmi, rasa2nya ngak mau deh makan bakmi, kwetiau ataupun bihun/soun…)

  12. cecepnk said: sekedar mengingatkan bahwa setiap kali saya membeli kwetiau basah selalu di bilas ulang dulu sebab tidak tahan dengan “air putih” nya … (hmmm kalau saya dengar obrolan teman saya yang pernah jadi bos pabrik bakmi, rasa2nya ngak mau deh makan bakmi, kwetiau ataupun bihun/soun…)

    coba sharing dong..apa kejorokannya…jadi biar kita2 juga tahu

  13. Kalau di bilang jorok sih engak, cuma untuk bakmie yang banyak dijual di pasar2 tradisonal hampir 100% menggunakan pengawet (ini menurut dia). Hal ini berlaku juga untuk bihun malah ditambah dengan pewarna (idem dengan bakmi ‘kuning’ yang biasa dipergunakan pada soto mie).

  14. cecepnk said: Kalau di bilang jorok sih engak, cuma untuk bakmie yang banyak dijual di pasar2 tradisonal hampir 100% menggunakan pengawet (ini menurut dia). Hal ini berlaku juga untuk bihun malah ditambah dengan pewarna (idem dengan bakmi ‘kuning’ yang biasa dipergunakan pada soto mie).

    Mie aku bisa bikin sendiri…bihun yang kering…pakai pengawet juga? jangan2 pakai pemutih ya?lha kwetiau…tau cara bikinnya nggak? pingin coba sih…belum pernah ketemu resep bikin kweetiaunya.

  15. ntar resepnya aq coba deh… ku jg pengen resep2 yg lain nih

  16. sudah…. di coba nichhhhhhh…….ehmmm yuummyyy…………..

  17. Ci Ineeee….thx yah infonya. Aku tuh hari ini mau masak kwetiauw utk pertama kalinya dalam hidupku ini, tapi kurang pede. Ndilalah liat resep ini jadi tau yg bikin rasanya uenakkk itu krn telornya dimasukin terakhir. Sip sip sip…dah kucoba dan yahud!!!

  18. ci, udah pernah nyobain kwetiau goreng yg di pasar muara karang? letak kiosnya bukan di gedungnya. yg jual nci2, orang medan. menurutku sih sedep banget rasanya🙂 btw, ntar kalau dah nyoba bikin kwetiaunya sendiri, kabar2i ya… aku sih mending beli aja deh, bikin kwetiau jauh lebih ribet daripada bikin mie😉

  19. wulan permalink

    Salam kenal bu Ine, aku nyoba pake kwetiau kering nggak enak ya bu, 😀 kering gitu. Peruntukan kwetiau kering untuk apa sebenarnya bu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: