Skip to content

NASI LIWET SUNDA

March 26, 2006

Description:
Habis baca blognya Monike soal dapur cobek http://admonike.multiply.com/reviews/item/91 , jadi pingin makan nasi liwet Sunda. Dapat resepnya dari Emma Isti yang pernah ikut kelasnya pak Hadi Tuwendi.

Agak beda dari nasi liwet sunda yang pernah ku makan, tapi yang ini bener lebih enak. Aku tambah sereh dan nggak pakai teri medan, tapi di ganti ikan asin gabus, karena yang ada di lemari cuma itu:-)

Trus kalau khas sunda kan pakai Kastrol ada yang bilang kasrol, kalau aku bilang panci liwetan yang bentuknya mblendukšŸ™‚ Katanya bisa juga pakai mangkuk sapo.

Karena nggak punya kastrol, aku pakai panci camelotku yang dasarnya tebal yang biasa kupakai masak nasi.

Jodohnya nasi liwet ini, sambal, lalapan, ayam goreng atau gepuk.
Tapi aku makan tanpa jodoh apa-apa lagi, karena nasinya udah legit plus aroma cabe dan gurihnya ikan gabus asin.

Ingredients:
Bahan :
1 ltr Beras
1 Ā¼ lt air

Bumbu :
1 sdm garam
6 btr bawang merah
6 sdm minyak sayur (aku pakai 3 sdm saja)
3 lb daun salam
(aku tambah 1 batang sereh di geprek)

Tumis Teri :
5 siung bawang merah (didiris)
1 ons teri medan (aku pakai ikan gabus asin, di goreng dulu, lalu di pukul2 sampai memar, dan di suwir2 kasar)
2 btg daun bawang (iris tipis)
1 buah cabe merah besa
1 buah cabe ijo
20 buah cabe rawit
4 sdm minyak sayur (aku pakai 2 sdm saja)
Daun pisang secukupnya (2 atau 3 lbr lingkaran 15 cm/tergantung ukuran panci)

Directions:
1. Beras dicuci dan ditiriskan..sisihkan
2. Tumis bawang merah hingga harum langsung di panci yang untuk meliwet.
3. Masukan beras, aduk sebentar, tambahkan air, garam, daun salam dan sereh.
4. Masak dengan api sedang, aduk sesekali.
5. Kecilkan api airnya sudah mulai berkurang, kemudian masukan toping teri/Ikan gabus yang sudah ditumis diatas nasi dan dialasi dengan daun pisang.
6. Masak sampai nasi matang Ā± 20-25 menit. Total memasak nasi adalah 45 menit. (pakai panci camelot, cukup 20-30 menit)
7. Sajikan selagi hangat

Tumis teri :
– Teri, dicuci, tiriskan
(kalau pakai ikan gabus, cuci ikan, goreng sampai kuning, tiriskan, memarkan dengan di pukul2, lalu di suwir kasar)
– Goreng teri dan bawang merah setengah matang. Kemudian tambahkan cabe ijo dan merah iris serta bahan lainnya, aduk rata.
(kalau pakai ikan gabus, goreng bawang merah sampai harum, tambahkan cabe, ikan dan bahan lainnya, aduk rata)
– Angkat.
– Di atas nasi liwet, masukkan sepotong daun pisang, tuangkan tumisan ikan asin di atasnya, tutup kembali panci, sampai saat di sajikan

53 Comments
  1. yang lebih seru lagi pake jengkol atau pete diis tipis, uah manteep tenannnn, dan ikanya ikan asin peda gak ada yang nolak orang bule aja komentar nasi liwet buaatan ku paling enak sedunia ……………………. mau ada yang oba resep saya…….

  2. oohh jadi mudeng melihat penampilan dimari.. jadi nasinya dikukus diatasnya dialas daun dengan toping gitu.. irit gas.. dan nasinya lebih harum ya..

  3. tintin1868 said: oohh jadi mudeng melihat penampilan dimari.. jadi nasinya dikukus diatasnya dialas daun dengan toping gitu.. irit gas.. dan nasinya lebih harum ya..

    sedaap, weekend kemarin, ini menu makan siang keluarga elkaje

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: