Skip to content

PISROTI

March 28, 2006

Description:
Entah bagaimana menuliskan judul makanan ini, yang aku dengar adalah PISROTI, mungkin dari kata pepes roti ya…

Ini salah satu makanan yang dibikin nenekku, untuk menghabiskan kulit roti tawar. Jadoel…kulit roti tawar yang bentuknya kayak VW Combi itu alot dan tidak terlalu enak. Dari pada dibuang, kulit dikumpulkan dan di keringkan, lalu di bikin pisroti.

Aslinya, ini bener2 dibikin dari potongan roti tawar. Cuma memang lebih enak dari kulit, lebih gurih dan terasa berbeda.

Kali ini, Pisroti di bikin bukan dalam rangka menghabiskan roti tawar, tapi menghabiskan kelapa muda sisa bikin klappertart. Jadi…roti tawarnya dari roti bagus.

Pisroti enak di makan kalau sudah dingin, dengan santan yang berlimpah ruah. Jangan masukkan terlalu banyak roti, supaya santan tidak terserap habis, ntar jadi bongko roti:-))

Ingredients:
1 buah kelapa muda, kerok dagingnya
2 lembar roti tawar, potong jadi 8
4 lembar daun pandan potong2 3 cm
800 cc santan encer
100 gr gula pasir
1/4 sdt garam
Daun pisang untuk membungkus

Directions:
1. larutkan gula dan garam pada santan, aduk aduk.
2. ambil 2 lembar daun pisang yang cukup lebar, letakkan sepotong daun pandan, 2 potong roti tawar, 1 sdm kelapa muda, 1 sendok sayur santan (kira kira 100 cc)
3. bungkus bentuk tum, dan semat hati2, jaga agar santan tidak bocor.
lakukan sampai semua bahan habis.
4. kukus selama 20 menit.

Sajikan setelah dingin

From → Kue, Tradisional

36 Comments
  1. mbak ine kok ga pernah kehabisan ide yaaaaa.. mirip bread butter puding, tapi pake duan pisang hihihi..

  2. Mbak dapat resepnya dari orang Semarang bukan ? soale temenku yang orang Semarang suka bikin ini, tapi rotinya di ijo in. Dia bilang pipes roti…. kali ya pepes roti juga ya…..

  3. foodngarden said: mbak ine kok ga pernah kehabisan ide yaaaaa.. mirip bread butter puding, tapi pake duan pisang hihihi..

    Fi, ini idenya orang jadoel, aku cuma niru aja. hihihi…

  4. estherlita said: Mbak dapat resepnya dari orang Semarang bukan ? soale temenku yang orang Semarang suka bikin ini, tapi rotinya di ijo in. Dia bilang pipes roti…. kali ya pepes roti juga ya…..

    Saya kenal pertamakali di solo, mungkin mami saya belajar dari nenek pihak papi, kan asli semarang tuh. Roti di ijoin? mungkin pakai roti tawar pandan mbak, kan udah ijo tuh.

  5. elkaje said: Roti di ijoin? mungkin pakai roti tawar pandan mbak, kan udah ijo tuh.

    oh iya ya roti yang udah ijo….he he he….Tapi mbak bongko roti itu kayak apa sih ? mungkin pernah makan tapi gak tau namanya.Resep ini asin ya? rasanya teman saya itu manis kok, dan ada gula merahnya inget saya …. jadi rotinya ijo, kayak dilipat 2 gitu lalu ditengahnya kayaknya dikasih gula merah agak utuh jadi waktu matang dia cair tapi kental, lalu ada kayak santannya yang memang melimpah ruah…..gitu…. gak gitu inget detil juga kayaknya.Abisnya saya cuman pernah nyoba sekali, nyolek aja sedikit, nyesel sekarang …..

  6. Makanan waktu kecil beneran deh…jadi paling rajin komentarin masakan mbak Ine jadinya….dimakannya lebih enak klo udah masuk lemari es sebentar,,,,wah,,,uenak tenan…

  7. wah yang ini juga sedap, pake kelapa muda, yummy

  8. mbak, apa ini yg disebut pipis kopyor??

  9. foodngarden said: mbak, apa ini yg disebut pipis kopyor??

    Ih Arfie…. “pipis” kok kopyor…air dong…..ha ha ha becanda….pizzzzzzz????!!!!!!!

  10. estherlita said: Resep ini asin ya? rasanya teman saya itu manis kok, dan ada gula merahnya inget saya …. jadi rotinya ijo, kayak dilipat 2 gitu lalu ditengahnya kayaknya dikasih gula merah agak utuh jadi waktu matang dia cair tapi kental, lalu ada kayak santannya yang memang melimpah ruah…..gitu…. gak gitu inget detil juga kayaknya.

    manis kog mbak rasanya. rotinya nggak dikasi apa2, ini kayaknya lebih sederhana ketimbang punya teman mbak Esther

  11. indbahar said: Makanan waktu kecil beneran deh…jadi paling rajin komentarin masakan mbak Ine jadinya….dimakannya lebih enak klo udah masuk lemari es sebentar,,,,wah,,,uenak tenan

    kita seselera kali ya In.

  12. foodngarden said: mbak, apa ini yg disebut pipis kopyor??

    kayaknya gitu Fi, tapi emang kata pipis itu lho…yang bikin risi, makanya nyebutnya cuma pisroti aja.

  13. elkaje said: manis kog mbak rasanya

    iya sih maaf kok anehnya dari pertama baca gak kebaca 100 gr gula pasir….maaaffffff

  14. Apa pernah denger jadul ada yang namanya kalau tak salah pak HOK Tanzil yang istrinya Bu Tanzil yang pinter masak..? Gak inget Bu Tanzilnya punya toko kue apa, tapi resepnya kan oke punya juga. Nah saya selalu tertarik ama reportage jalan2nya pak HOK Tanzil ini, yang selalu jalan2 sama istrinya dan istrinya selalu mencoba berbagai makanan setempat dan juga masak dengan alat seadanya, serba minim tapi jadi makanan enak. Juga mereka jalan2nya camping dengan mobil keliling mana aja kayaknya, seru banget baca ceritanya kayaknya di intisari jadul deh…. Apa Ine tau cerita ini ? kok rasanya cerita2 lama mulai tergelitik lagi di otakku? Apa ini gejala makin tuwek ya Ine?…..

  15. Iya, memang ini dari daerah dekat dekat Jawa Tengah, Semarang, Solo, YK etc. Di Madiun sini juga masih banyak penjual ‘Pipis Roti’ tapi udah ngga pakai kopyor lagi, pake kelapa aja. Heheh.. enak emang. Asal santannya ngga terlalu kental dan porsinya tidak terlalu besar, hehehe… jadi ngga enek. :p

  16. estherlita said: Apa pernah denger jadul ada yang namanya kalau tak salah pak HOK Tanzil yang istrinya Bu Tanzil yang pinter masak..?

    Mereka buka rumah makan di daerah Jatinegara mbak. Ibu Tanzil sudah tiada. Pak HOK sudah lebih dari 80 tahun umurnya. Aku dulu mengikuti catatan perjalanan pak HOK di Intisari juga mbak.

  17. beruang said: Iya, memang ini dari daerah dekat dekat Jawa Tengah, Semarang, Solo, YK etc. Di Madiun sini juga masih banyak penjual ‘Pipis Roti’ tapi udah ngga pakai kopyor lagi, pake kelapa aja. Heheh.. enak emang. Asal santannya ngga terlalu kental dan porsinya tidak terlalu besar, hehehe… jadi ngga enek. :

    Barangkali dulu emang pakai kopyor ya…sampai ada yang namanya Pis Kopyor.

  18. elkaje said: kayaknya gitu Fi, tapi emang kata pipis itu lho…yang bikin risi, makanya nyebutnya cuma pisroti aja.

    iyo mbak hehehe… mentang2 berair gituh ya, dibilang pipis.

  19. hehehhe…jadi inget kebiasaan di rumah jogja….abis perjamuan kudus di gereja, banyak persediaan kulit roti tawar….rasanya yg manis bikin kangen kampung halaman nih Mb Ine………- bettie

  20. agreatlife said: hehehhe…jadi inget kebiasaan di rumah jogja….abis perjamuan kudus di gereja, banyak persediaan kulit roti tawar….rasanya yg manis bikin kangen kampung halaman nih Mb Ine………- bettie

    iya…bener… dulu aku juga ngalami, kalau mami atau papiku jadi petugas yang menyiapkan PK. sekarang sih bisa beli roti kupas ya.Kamu gereja di mana waktu di Yogya? kakakku aktif banget di GKI Ngupasan.

  21. Mbak, aku udah berhasil dengan modif ala ngawur nan sesat, tapi hasilnya sedap banget apalagi dimakan dingin2 dengan kuah terpisah….diguyurin lagi santan encer waktu makannya….Kalau gak keberatan, aku mau posting resep modifku yang asalnya dari resep ini ? Boleh gak ?

  22. estherlita said: Mbak, aku udah berhasil dengan modif ala ngawur nan sesat, tapi hasilnya sedap banget apalagi dimakan dingin2 dengan kuah terpisah….diguyurin lagi santan encer waktu makannya….Kalau gak keberatan, aku mau posting resep modifku yang asalnya dari resep ini ? Boleh gak ?

    Boleh banget mbak….aku kan jadi tambah kaya lagi…. ntar bisa punya variasi pisroti kreasi mbak Esther.

  23. makasih makasih…..

  24. aku ke GKJ Ambarukmo….wah tapina aku dulu nge-fans bgt sama Pendeta GKI NGupasan : Pdt Budi Marsudi…sering dipanggil khotbah kalo retreat sekolahku…khotbahnya mudah dipahami, langsung kena dan humornya itu enak……Kapan2 aku nyoba pisroti deh Mba……..

  25. Mbak,aku bolak balik nih,liat resepnya…masalahnya punya roti tawar banyak dan ga tau mo diapain ga kemakan2.sptnya cocok utk dibikin pisroti ini…dicopy ya…thank you mbak Ine.

  26. ndri kalau dibikin pisroti masih sisa, itu roti kering dibikin tepung roti aja, kan bisa buat bikin amris lageee…..hmmmenyak….

  27. iya Indri, kayak kata mbak Esther, roti di jadikan tepung, tepung buat amris atau rolade.roti bisa juga untuk caserol (persis bikin kayak lasagne, tapi pakai roti tawar)

  28. elkaje said: roti bisa juga untuk caserol (persis bikin kayak lasagne, tapi pakai roti tawar)

    oh iya ya mbak jadi inget memang bisa tuh dibuat lasgna roti dan enyak juga. Satu lagi bisa dibikin kroket roti yang isinya ragout dalamnya, digulung celup telur goreng deh….enyak juga ( tapi puyeng udahnya abis kok kayanya nyerep banyak minyak sih ?)

  29. wuuuuaahh ini die mbak yang aku caari2 selama ini, itu persis banget ama yang mama aku bikin dullu waktu masih ingusan emang emang namanya “Pipis Kopyor” n kita suka tambahin kolang-kaling pasti uenak tenan. Begitu mama meninggalkan kita aku kehilangan resep beliau itu, eh nanya temen-temen malah diketawain koq namanya lucu gak pernah denger. aku contek ya mbak tenkiyuuu banget lho

  30. fransdenara said: wuuuuaahh ini die mbak yang aku caari2 selama ini, itu persis banget ama yang mama aku bikin dullu waktu masih ingusan emang emang namanya “Pipis Kopyor” n kita suka tambahin kolang-kaling pasti uenak tenan. Begitu mama meninggalkan kita aku kehilangan resep beliau itu, eh nanya temen-temen malah diketawain koq namanya lucu gak pernah denger. aku contek ya mbak tenkiyuuu banget lho

    hehehe…iya ya…kenapa dinamakan pipis ya? selamat mencoba ya.

  31. Mbak, kapan hari aku bikin ginian juga, cuman santennya aku campur sari daun suji & pandan wangi. Trus karna males ngebungkus2 jadi aku taro ajah di loyang. dialas dan ditutup daun pisang, maksaaaa deh :)) enak loh rasa pandan, matching ama kelapanya.

  32. mylianov said: Mbak, kapan hari aku bikin ginian juga, cuman santennya aku campur sari daun suji & pandan wangi. Trus karna males ngebungkus2 jadi aku taro ajah di loyang. dialas dan ditutup daun pisang, maksaaaa deh :)) enak loh rasa pandan, matching ama kelapanya.

    kau kemana aja Li? MP nggak di tengok2in. hihihi ….kalau yang makan cuma berdua ama mas Ali sih…gak apa2 cara gini. kalau yang makan rame2, keliatan berantakan. jadi…kudu..harus…di bungkus. biar keliatan eksklusive gitu lho!

  33. Dulu, saya suka baca cerita keliling dunianya Pak HOK Tanzil di Intisari. Jadi pada nostalgia nih. Sekarang udah tua.

  34. makanenak said: Dulu, saya suka baca cerita keliling dunianya Pak HOK Tanzil di Intisari. Jadi pada nostalgia nih. Sekarang udah tua.

    kamu nggak sendiri Lex, aku dan mbak Esther juga penggemar tulisan pak HOK Tanzil. siapa yang dah tua? hihihihi…emang kita semua dah berangkat tua. ya pak HOK ya kita-kita.

  35. punten ………

  36. cie Ine takcontek..udah aku publish di blogku ya..http://lidiasianturi.blogspot.com/tengkiu…

Leave a Reply

