Skip to content

PASTEL TUTUP

April 12, 2006

Description:
Pastel tutup ini masakan populer, mungkin perpaduan antara kuliner belanda dan chinese. Bahkan di kraton, Salah satu Sunan Solo punya menu favorit namanya Pastel krukup, dengan bentuk yang lebih sederhana.

Isi pastel dengan tambahan soun dan jamur kuping yang membuat aku menyimpulkan ada unsur chinese di sini. Biarpun ini belum tentu ingredient yang baku dari pastel tutup, tapi kubakukan buat pastelku:-)

Favoritku, pastel yang berkuah, sehingga ketika di makan, kentang toppingnya berpadu dengan kuah yang gurih, jadi tidak seret:-))
tapi saat gaya ini di pakai untuk jualan, aku dikomplen, karena pastelnya kog kayak sop:-(

Jadi, kalau bikin untuk orang diluar keluarga, biasanya perlu di kentalkan sedikit, supaya tidak di protes

Pastel Tutup….mau kering atau berkuah…ini masalah selera

Ingredients:
Pure kentang :
500 gr kentang
½ sdt garam
¼ sdt merica bubuk
2 sdm margarin
1 sdm Maggie seasoning

Isi :
25 gr soun, rendam air panas, potong2 4 cm
25 gr jamur kuping, rendam, iris halus
3 sdm kacang polong kalengan
150 gr wortel, iris kecil2
2 lbr daun bawang, iris halus
4 butir telur rebus, iris bulat jadi 8 bagian
150 gr fillet dada ayam rebus, suwir-suwir, potong2
50 gr smoked chicken potong2 (mis merk Fiesta)
2 sdm margarin, untuk menumis
1 butir bawang bombay, cincang
250 cc kaldu ayam
250 cc susu cair
1 sdt garam
1 sdt merica bubuk
½ sdt pala bubuk
1 sdt gula pasir
1 sdm maggie seasoning

untuk mengentalkan (kalau gak mau pastel berkuah)
4-6 sdm tepung terigu

Olesan pastel tutup :
1 kuning telur, kocok sampai rata
1 sdm margarin

Directions:
Cara Membuat :
1. Olesi pinggan tahan panas ukuran 20X20X5 cm dengan margarin.

2. Pure kentang : Kukus kentang hingga masak, kupas. Panas-panas
lumatkan. Bubuhi garam, merica dan pala, masukkan margarin, maggie seasoning, aduk rata, sisihkan.

3. taruh satu bagian kentang di dasar pinggan, ratakan. (kalau mau pastel yang berkuah spt favoritku, nggak usah di kasi kentang di dasarnya, langsung aja isinya, dan kuahnya. kentang semua buat tutup aja)

4. Panaskan margarin, tumis bawang bombay+pala bubuk, hingga harum, masukkan daging ayam. Aduk, tuangi kaldu. Masukkan soun, jamur, kacang polong, daun bawang, wortel dan soun. Tuang susu, bubuhkan garam, merica dan gula.

5 Aduk hingga wortel matang, angkat. (kalau mau versi kental, kentalkan dulu dengan tepung terigu yang di ayak langsung di adonan, saat masih mendidih… aduk cepat, hingga mengental… jangan terlalu kental, karena saat dingin akan mengeras) tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah di alas kentang pure, atur potongan telur rebus di atasnya.

6. taruh pure kentang di atasnya. Rapikan pure.

7. Olesi permukaan kentang dengan kuning telur, kalau mau, buat motif gurat dengan garpu diatas permukaan kentang setelah di oles kuning telur, panggang selama 30 menit, atau hingga kekuningan. Angkat, olesi butter begitu keluar dari oven.

From → Kue, Pie/Pastry

46 Comments
  1. ehhh brp hari lalu mbak esther posting pastel tutup juga kayaknya…itu pastel cantik banget pk garnish segala..

  2. waaaawwww…… keren banget pastel tutup-nya….. aku mau coba buat ah…makasih ya resepnya….

  3. evimeinar said: ehhh brp hari lalu mbak esther posting pastel tutup juga kayaknya…itu pastel cantik banget pk garnish segala..

    iya Vi, lagi kompakan, namanya juga mendekatkan diri ama bakal besan🙂 hehehe…aku teringat resep pastel ini saat ngeliat pastel tutupnya mbak Esther.tapi beda versi.

  4. mycapsicum said: aku mau coba buat ah…makasih ya resepnya….

    sama sama luc,jangan lupa kirimi aku icip2nya ya:-))

  5. hmmm….cocok buat menu maem anakku ….:D soale lebih gampang masuk sayurannya kalo dsielip-selipin dimana-mana …..Mbak ..aku jadinya ke semarang tgl 18 tapi langung purwokerto ..baru tgl 20 nya bisa jalan-jalan ..hikss ….tp list dari mbak tetep dong dibawa …

  6. Mbak,cantik banget pastel tutupnya…aku nggak pernah pas bikin isinya.Aku tiru ya resepnya,mau coba bikin.Bojoku pasti seneng.Terima kasih ya mbak!

  7. mbak, motif pastelnya lucu, cara bikinnya piye mbak?

  8. kuenyaoyan said: Mbak ..aku jadinya ke semarang tgl 18 tapi langung purwokerto ..baru tgl 20 nya bisa jalan-jalan ..hikss ….tp list dari mbak tetep dong dibawa …

    coba kamu di semarang sampai sabtu, jumat malam bisa jalan2 di pasar semawis Yan.

  9. indbahar said: Bojoku pasti seneng.Terima kasih ya mbak!

    silakan Indri, mudah2an Kareem juga senang🙂

  10. deaaminy said: mbak, motif pastelnya lucu, cara bikinnya piye mbak?

    Pakai garpu, di guratkan setelah di semir telur. bikin motif gedhek (anyaman bambu) ini kan pelajaran waktu sd Des, dulu pakai pinsil, sekarang pakai garpu. hihihihi……

  11. makasih resepnya ya mbak, salam kenal…………

  12. mbak ine, pastelnya cakep banget.. klo rasanya, udah pasti top markotop.. pure kentang buat tutupnya disemprot pake spuit ya, mbak? ato digoret goret pake garpu? cakep euyy….

  13. hehehe, nggak nyimak aku kethoke🙂 pdhl di atas mbak ine udah bilang klo anyamannya itu goretan garpu…

  14. duuuh kepingin nih Mba Ine

  15. baru tahu fillingnya pake soun. dua kali karbo tha mbak? kentang ma soun. iya, mbak litha posting pastel tutup pake ayam rougut kalo ga salah. kalo kata aku sih mirip sama sheperd’s pie pastel tutup ini. cuma nutupnya atas doang.

  16. pastel tutupnya cantik ci, udah lama juga enga bikin, jadi kepengen bikin, selama ini aku enga pernah pake jamur kuping,nanti mau dicoba ah pake jamur kuping, thanks utk resepnya.

  17. foodngarden said: baru tahu fillingnya pake soun. dua kali karbo tha mbak? kentang ma soun. iya, mbak litha posting pastel tutup pake ayam rougut kalo ga salah. kalo kata aku sih mirip sama sheperd’s pie pastel tutup ini. cuma nutupnya atas doang.

    Soun gak banyak Fi. pantesnya kalau dibilang aksen doang.

  18. amadeus18 said: pastel tutupnya cantik ci, udah lama juga enga bikin, jadi kepengen bikin, selama ini aku enga pernah pake jamur kuping,nanti mau dicoba ah pake jamur kuping, thanks utk resepnya.

    hayo…coba Dew!

  19. elkaje said: Pakai garpu, di guratkan setelah di semir telur.

    Kemarennya bikin perkedel kentang tapi engga digoreng…terus bagian atasnya disemir kuning telur; terus ikutan di gurat pake garpu…hehehe.. jadi cantik ya..Thanks ya buat advice nya..

  20. admonike said: Kemarennya bikin perkedel kentang tapi engga digoreng…terus bagian atasnya disemir kuning telur; terus ikutan di gurat pake garpu…hehehe.. jadi cantik ya..Thanks ya buat advice nya..

    sama sama Monike, Minggu lalu aku pas bikin pesenan, nyuruh si mbak ngukus 3 kilo kentang, lha….kog dia dengernya 5 kilo. ya….. kelebihan banyak. buat perkedel nggak bisa digoreng pasti ancur juga. Mau bikin kroket, udah bosen, akhirnya juga dibikin perkedel panggang buat nemeni soto ayam. Nggak segurih kalau di goreng emang, tapi tetep aroma perkedel. hehehe….

  21. Duh cantik banget tuh pastel tutup….nyetaknya gimana mbak In??. pastel tutup kegemaran akang gue nih😉

  22. mbak Ine, permisi minta ijin resep pastel tutupnya pepy ambil buat buku resep MP, kalo misalnya diperbolehkan, pepy aka ambil juga headshot mbak Ine.makasih

  23. evimeinar said: mbak Ine, permisi minta ijin resep pastel tutupnya pepy ambil buat buku resep MP, kalo misalnya diperbolehkan, pepy aka ambil juga headshot mbak Ine.makasih

    Silakan Pep, dengan senang hati aku kasi ijinnya. *berbunga-bunga hatiku*

  24. Saya ingin menambahkan berita baru tentang Semawis. Tidak hanya menjual aneka jalanan. Pada bulan Oktober 2006, saya pergi ke Semawis. Anehnya saya menemukan satu stan yang tidak makanan melainkan tentang sebuah stan Ahli Meramal, Nasib dan Jodoh dengan melihat wajah. Saya penasaran lalu saya mencoba menanyakan nasib dan jodoh saya. Ternyata benar-benar tepat semuanya. Bapak yang satu ini, tidak hanya tahu jodoh saya, dia juga tahu tentang sifat dan watak saya serta kejadian yang saya alami hanya diri saya tahu. Bapak yang satu ini, Tahu segalanya tentang saya. Kalau anda penasaran Anda bisa mencobanya datang ke Semawis. Saya cuma ingin menginformasikan tentang hal-hal yang menarik di Semawis.

  25. desi14 said: Saya cuma ingin menginformasikan tentang hal-hal yang menarik di Semawis.

    thks Desi, di semawis memang bukan cuma makanan tok. saya dah pernah cerita di journal juga bahwa anakku belajar menggunakan tinta Bak di semawis. kami juga beli barang kecil2 kayaknya import dari china, dan beberapa baju di situ.kalau ramalan….hihihihi…nggak kali ya…karena aku sudah mempercayakan hari depanku pada Tuhanku.

  26. Cik Ine… aku kok bikin guratannya ga bisa apik yaaaaa huahuahua.. :< ajarin toooo

  27. helvinrita said: Cik Ine… aku kok bikin guratannya ga bisa apik yaaaaa huahuahua.. :< ajarin toooo

    setelah kentang di ratakan rapi…biasanya aku pakai tangan yang diselubungi kantong plastik. Lalu dioles dengan telur, spy permukaannya mengkilap dan kentang rada lembek di beberapa mm paling atas, baru di gores dengan garpu. Setiap menggores…garpu di lap, spy tidak ada gumpalan kentang yang nempel di garpu dan merusak guratan berikutnya.semoga mudheng dan sukses ya…

  28. cakep bener sih pastelnya..mo coba bikin ah..thanks ya..

  29. halo, resepnya boljug nih .. boleh minta ya? please =D

  30. yurindasaputri said: halo, resepnya boljug nih .. boleh minta ya? please =D

    boleh…semoga cocok ya

  31. mbak ine makasih banyak resepnya ya……jaminan mutu nih..temen2 bilang enak :)mbak boleh saya modif ya….. untuk lapisan kentang aku tambah susu bubuk sedikit trus tambah bubuk pala. untuk isinya saya tambah maggi seasoning dan kaldu blok. Makasih…makasih….

  32. azizasf said: mbak ine makasih banyak resepnya ya……jaminan mutu nih..temen2 bilang enak :)mbak boleh saya modif ya….. untuk lapisan kentang aku tambah susu bubuk sedikit trus tambah bubuk pala. untuk isinya saya tambah maggi seasoning dan kaldu blok. Makasih…makasih….

    Senengnya Tan….kalau resepku cocok. Laris jualanmu ???di modif? tentu saja boleh, supaya ntar pastelnya jadi Style Tanti gitu lho!

  33. Ci Ine, itu bagian terakhir proses nya kentang digilas supaya apa yaa? supaya berkulit yaa? lagi nyari inspirasi buat modif resep ku niy…. Ci..

  34. alvinafaustina said: Ci Ine, itu bagian terakhir proses nya kentang digilas supaya apa yaa? supaya berkulit yaa? lagi nyari inspirasi buat modif resep ku niy…. Ci..

    di gilas fungsinya untuk gampang meratakan aja kog. supaya berkulit, lapisi kuningtelurnya lebih tebal Vin.

  35. Wis aku contek resepé. Enak dimakan waktu winter gini. Thank you mbak Ine….Iki hasil contekanku (cuma aku ora telaten, dadi yo ora roto purene). Tapi sing penting rasane to? http://cutyfruty.multiply.com/recipes/item/4/Pastel_Tutup_hidangan_winter

  36. makasih banget nih resep pastel tutupnya. kalo mama aku dulu bikinnya ditambah sosis dan jamur kuping. tapi purenya rasanya lebih enak resep ini. thanks, bisa buat hidangan akhir pekan.

  37. ikut senang, kalau resepnya cocok.pastel tutup emang gampang di kreasikan isinya…pake kacang polong, smoked beef, isinya di ganti daging sapi…terserah yang mbikin dah! pokoknya sekeluarga doyan!

  38. Gara tadi di TBK ketemu orang yang mo bikin pastel tutup jadi iseng nyari resepnya di gugel.Eh, ketemu di blognya mba ine. Penampakannya sih bikin ngiler. Jadi pengen nyoba nih…^_^

  39. fitrianireni said: Gara tadi di TBK ketemu orang yang mo bikin pastel tutup jadi iseng nyari resepnya di gugel.Eh, ketemu di blognya mba ine. Penampakannya sih bikin ngiler. Jadi pengen nyoba nih…^_^

    ayo…coba…enak ndak mboseni

  40. Waaa…ini pastel favorit ku sejak kecilturun temurun.. Dulu oma yg bikin, trus ke tante, akhirnya aku d..

  41. mbak Ine ijin nyontek ya…..makasih sebelumnya

  42. thank’s ya atas resepnya

  43. mbak..ijin nyontek ya.. yummy banget…pure kentang itu apa ya?? harap maklum masih ABG.. :Dtq mbak..

  44. kentang rebus/kukus yang dilumatkan

  45. Ci, kalau pastel tutup bisa di freeze ga ya, sebelum dipanggang? Lumayan nih kalau bisa di freeze, utk stock emergency food di freezer. Thanks ya ci utk resep dan reply nya (in advance).

  46. bisa banget

Leave a Reply

