Skip to content

SAMBAL GORENG PETIS BUMBON

April 12, 2006

Description:
Ini nama yang kukenal ketika mami sering memasaknya dulu.
Setiap kali bikin bisa dua atau tiga kilo telur, karena semakin lama, semakin meresap. kalau bosan, di simpan di lemari es, dan di hangatkan lagi saat mau makan.

Konon, ini masakan kuno yang mungkin sekarang udah jarang banget di temui di warung makan di semarang, karena pada masa itu pun, ada nenek tua yang khusus pesan ke mami, minta dikirimi kalau lagi masak ini.

Aku ingat, mengantarkan Bungkusan telur sambal goreng petis bumbon ini ke rumah nenek tsb, trus aku di tahan nggak boleh pulang, diajak minum teh, makan kue, pulang di kasi sangu 3 buah daster baru. hehehe…. Barter nih….. critanya. si Nenek pemilik toko batik.

Trus Liyah Suroboyo, kasi resep Telur bumbu petis alias petis Lading
Kata Liyah, Tapi kalo versi madura rempah2nya dihaluskan, namanya “Petis Lading” dan HARUS pake petis ikan, aroma & rasanya akan beda kalo pake petis udang.

Karena cari2 di jakarta nggak ada petis Ikan, aku khusus pesan ke Liyah supaya dibelikan di surabaya. Inilah hasilnya, sangat mengobati kangenku pada masakan khas mami.

Telur ini enak di makan dengan nasi putih dan lalap ketimun, atau dijadikan campuran lontong cap go meh.

Ingredients:
Bahan:
10 butir telur rebus kupas (Kalau ada telur bebek, lebih gempi/enak)
300 ml santan kental
500 ml santan sedang
100 gr cabe buah cabe merah besar, iris serong tipis. (terkenang pasar gang baru, tukang cabe bersedia menyisir cabe tipis dan rapi)
20 buah Cabe rawit buang tangkainya & biarkan utuh
Garam secukupnya
Gula merah secukupnya
2 sdm petis ikan

5 siung bawang putih iris tipis
5 btr bawang merah iris tipis
50 gr temu kunci, iris tipis panjang2 lebih halus dari batang korek api
5 lembar daun jeruk
1 btang sereh di memarkan bagian putihnya
1 potong lengkuas di memarkan
2 lembar daun salam

3 sdm minyak goreng untuk menumis

Directions:
Panasin minyak, tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum, masukkan cabe iris, daun jeruk, sereh, lengkuas dan daun salam, masak sampai cabe layu, tambahkan petis ikan, garam (hati2 ya…karena petis cenderung sudah asin), gula dan santan.
Masukkan telur,
Masak dengan api kecil sambil diaduk2 biar santan tidak pecah. Masak sampai santan menyusut dan bumbu meresap.

27 Comments
  1. mbak Ine, huhuhu.. masakan mbak Ine banyak yg mengingatkanku sama mama😦 telur petis ini masakan rutin khas mama setiap lebaran tapi biasanya blio pakai petis udang dan telur rebusnya digoreng dulu sebentar baru masuk ke kuah petis, dimakan bareng kuah opor ayam dan sambal goreng ati sluurrrpp =p~

  2. hehehe….aku belum pernah masak telur petis yang petis udang dan di goreng Des.pedes juga nggak?

  3. pedesnya sedang2 mbak, kalau mau lebih pedes tinggal rawitnya sekalian dimakan hehe..

  4. Asyik….. aku tu punya petis dikasih teman dari wellington tapi gak tau mo diapain. Terus minggu lalu waktu ke Asian warehouse juga liat banyak banget petis.Sekarang dah tau dan akan dicoba. Thank you ya…

  5. petis itu = sambal ya mbak? sambal tumis ya??

  6. telur petis dicampur sama lontong cap gomeh???wah mbak Ine nih jadi bikin ngileer dan laper.Di Jkt dimana ya ada lontong cap gomeh yg enak?ntar pulang pengen makan ah…

  7. hah..ada lontong cap gomeh?? dimanaaa? *clingak clinguk*

  8. huaaa mau mau mauuuu… aku lg banyak maunya, liat ini mau itu mau..kadang sampe termimpi2, cuma kalo lagi disuruh masak lagi ogah banget… hu huuu.. ci ine…ke colorado donk…

  9. makanan baru bagiku nih, belum pernah nyoba, hik..hiks..kuper ya.maklum daerah tempat tinggalku dulu di Bogor & Jakarta, he..he..sebenernya petis itu sejenis apa sih Ci, apa seperti terasi gitu, atau sama tidak dengan sambel belacan?

  10. Kangen Petis Lading

  11. amadeus18 said: sebenernya petis itu sejenis apa si

    petis berwarna hitam dan rada lengket2 gitu, ada yg dibuat dari udang ada yang dari ikan..

  12. cindil said: Asyik….. aku tu punya petis dikasih teman dari wellington tapi gak tau mo diapain. Terus minggu lalu waktu ke Asian warehouse juga liat banyak banget petis.Sekarang dah tau dan akan dicoba. Thank you ya…

    An, petisnya ikan atau udang? beda rasa tuh.

  13. foodngarden said: petis itu = sambal ya mbak? sambal tumis ya??

    bukan Fi, petis itu secam sari ikan atau sari udang yang di kentalkan. mbuh gimana cara mengolahnya. Warnanya hitam bentuk pasta. Bisa di bikin sambal petis, sebagai bumbu utama rujak cingur, bumbu tahu dll

  14. indbahar said: Di Jkt dimana ya ada lontong cap gomeh yg enak?ntar pulang pengen makan ah…

    nggak tahu ya Ndri, aku tuh nggak puas ama lontong cap go meh di sini. yang pernah kucicipi, komplit dan enak, justru di pesta kawinan, kalau jasa cateringnya pakai Chris Iwan…. dan di sajikan lontong cap go meh, jangan di lewatkan.bener2 lontong cap gomeh yang seperti bikinan nenek dan mamiku. rasanya pun mantap.

  15. olin said: hah..ada lontong cap gomeh?? dimanaaa? *clingak clinguk*

    bikin…bikin…Lin! :-))

  16. olmaga77 said: huaaa mau mau mauuuu… aku lg banyak maunya, liat ini mau itu mau..kadang sampe termimpi2, cuma kalo lagi disuruh masak lagi ogah banget… hu huuu.. ci ine…ke colorado donk…

    ngidam ni yeeee….. :-)) sini…krimi aku tiket pp:-))

  17. amadeus18 said: makanan baru bagiku nih, belum pernah nyoba, hik..hiks..kuper ya.maklum daerah tempat tinggalku dulu di Bogor & Jakarta, he..he..sebenernya petis itu sejenis apa sih Ci, apa seperti terasi gitu, atau sama tidak dengan sambel belacan?

    Yang banyak pakai petis sebagai bumbu itu sih masakan semarang dan surabaya/jawa timur Dew.

  18. evimeinar said: Kangen Petis Lading

    iya…Petis lading namanya kalau di madura

  19. di sidoarjo namanya juga petis ladingduhhh nyari petis dimana disini yah?

  20. mbak baru lihat nih resep…tiap lebaran aku selalu bikin nih telur petis, hanya kalau mami bikin dan aku juga ikutan niru mamiku telornya pake digoreng dulu….aduh dimakan ama opor ayam dan ketupat yummy banget…ah kapan ya lebaran ????

  21. estherlita said: ah kapan ya lebaran ????

    hehehe….. ingat jaman kecil kalau di janjiin apa2, “tunggu ntar lebaran kuda…”, atau “kalau pas lebaran kucing…” aku percaya aja dan menunggu lebaran2 itu yang tak kunjung datang.lha kalau ini mbak Esther pingin makan telur bumbu petis, ngadain lebaran sendrii, misalnya besok nih…lebarannya mbak dan Mas🙂

  22. he he he inget aja…..lagi bingung nih mau bikin apa buat besok…abis yang ditanya enak aja jawabnya…apa aja deh aku suka…walah…..

  23. elkaje said: HARUS pake petis ikan, aroma & rasanya akan beda kalo pake petis udang.

    Beda petis ikan dan petis udang apa ya?

  24. Yang pasti beda rasa ya.Petis udang lebih pekat, rada manis. warnanya lebih hitam. di makan tanpa di masak juga enak, contohnya untuk olesan tahu petis atau bikin pecel/petis kangkung atau rujak cingur.Petis ikan warnanya lebih bening dan lebih muda, rada kecoklatan gitu, rasanya lebih asin, aromanya lebih tajam.

  25. jadi inget makanan di rumah….jatim banget

  26. aduh, bikin ngiler aja, tapi susah mau cari petis disini, boro2 petis ikan, petis udang aja susah. bisa di ganti bahan lain?

  27. kalo resep mami dan mama mertua, itu kunci dicuci dulu ama aer garem.ini makan favorit keluarga kami juga kok…. thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: