Skip to content

Devil’s Food Cake

April 17, 2006

Description:
Sajian Paskah, Devil Food Cake, yang hitam legam tapi legit.

Ingredients:
BAHAN CAKE :
15 btr kuning telur
1 btr putih telur
100 g gula pasir
50 g terigu
25 g coklat bubuk
10 g maizena
125 g Mentega/margarin cair

SIMPLE SIRUP :
75 gr gula
125 cc air
rebus sampai gula larut. dinginkan

BAHAN GANACHE :
350 g dark cooking chocolate potong kecil2
125 g whipped cream
cara :
masak whipped cream sampai menjelang mendidih, jaga jangang sampai mengering di pinggiran panci. mati api, masukkan potongan Dark Cooking chocolate, aduk sampai semua coklat meleleh dan tercampur dengan cream.
sisihkan

Directions:
1. Kocok semua telur dan gula pasir sampai putih dan kental
2 Ayak terigu, coklat bubuk, maizena ke dalam bahan adonan telur, sambil di aduk dengan spatula sampai rata.
3. Masukkan mentega cair lalu aduk rata, tuang/bagi ke dalam 3 buah loyang bulat diagmeter 20 cm. sehingga masing2 loyang, tinggi adonan lebih kurang 1,5 cm.
4. Panggang selama 15 menit dengan suhu 180 derajat.
5. setelah matang, keluarkan dari oven, dinginkan.
6 Basahi tiap cake dengan simple sirup.
7 Oles dengan ganache sampai rata, tumpuk dengan cake yang sudah di siram simple sirup, oles dengan ganache, tumpuk dengan cake terakhir yang sudah di siram simple sirup.
8. Tutup semua permukaan cake dengan sisa ganache, hias dan siap disajikan.

Olesi seluruh permukaan cake dengan sisa ganache hingga merata, hias atasnya dengan royal icing.

Note:
– Untuk 1 buah Devil cake ukuran loyang bulat 20 cm tinggi 7 cm.
– Cake bisa saja di buat dalam 1 loyang, dan di belah menjadi 3 sama tinggi.

From → Cake, Kue

31 Comments
  1. Aduh mbak Ine,mana tahan liatnya.kebayang legitnya kombinasi coklat dan kuenya…hmhm..yummyPinggirnya disisir pake alat sisir yang segitiga ya mbak?Royal icing,yang hiasan putih diatas mbak? sorry banyak tanya,interesting soale.Coba ditulis happy easter dipermukaan kuenya.

  2. Duh….Mbak, itu atasnya bisa mulus gitu. Caranya disiram ganache ato gimana, trus pinggirnya juga gimana caranya….Hi..hi..nanya mulu, habis hasil masakan Mbak Ine selalu menarik buatku…

  3. indbahar said: Pinggirnya disisir pake alat sisir yang segitiga ya mbak?Royal icing,yang hiasan putih diatas mbak? sorry banyak tanya,interesting soale.Coba ditulis happy easter dipermukaan kuenya.

    Iya Ndri, alat itu namanya scrapper. yang putih itu whipped cream. Tadinya di tengah aku mau taruh banyak telur puyuh yang di warna warni, tapi udah nggak sempet lagi. hehehehe…..

  4. indlest said: Duh….Mbak, itu atasnya bisa mulus gitu. Caranya disiram ganache ato gimana, trus pinggirnya juga gimana caranya….Hi..hi..nanya mulu, habis hasil masakan Mbak Ine selalu menarik buatku…

    Ganache yang untuk atas, pas masih rada cair, setelah di oles rata langsung cake di banting2.lalu waktu ngoles pinggirnya, Ganachenya dah rada mengental, oles rada tebal, lalu disapu pakai scrapper aja.aku tuh males dekor macam2, jadinya, cari cara paling simple. hehehe….

  5. wah tampangnya enak sekali nih ci😀

  6. waaaa… akhirnya muncul proyek long wiken mba ine.. dr pagi tadi udah aku tunggu! Rupanya cantik, dan rasanya pasti enak. Jadi supaya bagian atasnya mulus, ganache dioles waktu masih rada encer ya, mbak..baru abis itu dibanting2.. hehehe thanks buat tipsnya

  7. aduh devils aja enak begitu apalagi angels ya.. hihihi

  8. mbak Ine yang baik,Aku sudah coba resepnya mbak ine african roll, sukses, enak banget dan lembut,mbak aku ingin nanya kalau resepnya mbak ine yang african roll itu bisa nggak aku bikin jadi roll cake kuning???, jadi cokelat bubuknya diganti dengan maizena??,atau cokelat bubuknya mesti diganti tepung terigu??,aku pikir cokelat bubukkan lembutnya seperti maizena, menurut mbak bagimana,tolong yah mbak,soale aku seneng sama resepnya empuk gitu jadinya, thanks loh sebelumnya .Tiara

  9. mauuuuuuuuu… ting ting ting!!!

  10. irma303 said: wah tampangnya enak sekali nih ci😀

    luar dalem enak Ir:-)

  11. ningnong said: mbak..baru abis itu dibanting2.. hehehe thanks buat tipsnya

    ati2 ngebantingnya Ning…harus dengan penuh perasaan :-))

  12. bundazidansyifa said: aduh devils aja enak begitu apalagi angels ya.. hihihi

    hehehe…Inong bisa aja… tapi nih ya… berdasarkan pengalaman…yang berlumuran dosa itu yang nikmat. huahahaha….

  13. tukangkue said: african roll itu bisa nggak aku bikin jadi roll cake kuning???, jadi cokelat bubuknya diganti dengan maizena??,atau cokelat bubuknya mesti diganti tepung terigu??,

    tentu bisa Tiara, ganti dengan terigu aja, di situ dah pakai maizena kan? spy nggak terlalu lembut. bisa pakai vla juga, vla coklat, kopi atau moka

  14. Makasih banget mbak Ine , nanti aku mau bikin lagi african rollnya tapi jadi yellow cake roll pakai sarannya dari mbak Ine,pasti deh enak.

  15. kamu hebatt banget sihh mbak….. aku mo coba devil gak berani2..tp kali ini aku mo cb resepmu ahhh… biasa klo coba resepmu aku gak pernah gagal..heheheh

  16. tukangkue said: Makasih banget mbak Ine , nanti aku mau bikin lagi african rollnya tapi jadi yellow cake roll pakai sarannya dari mbak Ine,pasti deh enak.

    sama sama, semoga percobaannya sukses dan enak ya.

  17. cicipcicip said: kamu hebatt banget sihh mbak….. aku mo coba devil gak berani2..tp kali ini aku mo cb resepmu ahhh… biasa klo coba resepmu aku gak pernah gagal..heheheh

    dduuuuh Rivaaa, ini mah resep sama aja dengan resep yang lainnya. bisa gagal juga lho kalau bikinnya sambil melamun :-)) hehehehe…. kalau takut, bikin setengah resep aja, pakai loyang persegi, ntar kuenya di potong jadi dua trus di tumpuk. Jadi…kalau gagal, nggak terlalu kecewa

  18. wahhhh..tau gitu kemarin Paskah sowan ke rumah Mb Ine yaaa………🙂

  19. wow pasti sedap nih, ngiler.com

  20. agreatlife said: wahhhh..tau gitu kemarin Paskah sowan ke rumah Mb Ine yaaa………🙂

    lhaa….Bet….nggak usah nunggu ada acara, kalau mau sowan…datang aja. kalau ndak ada suguhan….kita ntar bikin bareng. hayo…kapan?

  21. wah ya bener2 devil nih kue, 15 kuning deh…mana terigunya dikit, pake loyang 20 cm sih kok kelihatannya besar ya ? tapi kok hitam banget ya gak coklat ?

  22. estherlita said: wah ya bener2 devil nih kue, 15 kuning deh…mana terigunya dikit, pake loyang 20 cm sih kok kelihatannya besar ya ? tapi kok hitam banget ya gak coklat ?

    Saya pakenya Dark cooking chocolate mbak, emang coklatnya bener2 gelap mengarah ke hitam.

  23. mba Ine, klo bikin ganache pake whip krim bubuk gimana ya caranya? pernah baca katanya whip krim dikocok kaku dulu, trus masukin dcc (panas) yg udah dilelehin….bener gitu mba?

  24. mamazefa said: mba Ine, klo bikin ganache pake whip krim bubuk gimana ya caranya? pernah baca katanya whip krim dikocok kaku dulu, trus masukin dcc (panas) yg udah dilelehin….bener gitu mba?

    hmmm….gak perlu di kocok dulu. whipcream bubuk di cairkan dengan air sesuai petunjuk, lalu di panaskan. DCCnya di potongi, trus cemplungin dan aduk rata.tapi mungkin dengan cara dccnya yang di cairkan, di campur whipcream yang udah dikocok bisa juga kali, aku belum pernah nyoba yang ini.

  25. bisa mbak saya pernah nyoba, hanya kalau saat dicampurnya gak pake whisker agak susah soale mrintil2 ….harus paling engga pake whisker , waktu itu saya kehabisan cream cair adanya dilemari es krim kocok lalu aku campurkan bisa aja. lebih bagus kalau coklatnya hangat2 karena krimnya kan langsung leleh jadi gampang nyampurnya. waktu itu saya nyampur dccnya udah hampir dingin jadi selain agak alot juga mrintil.

  26. jadi…prinsipnya bisa ya mbak pakai krim kocok dengan dcc cair/hangat. thks memperkaya kita nih.

  27. hallo mba Ine,minggu lalu aku coba bikin devil’s food nyba mba Ine ini, tapi bantet… huaaaaaa:( berurai air mata deh … gimana ngga, 15 kuning telur …. huhuhuhuuuuu …. kenapa ya mba? trus apa memang cake ini ngga pake emulsifier samsek? tulunk dong mba Ine, masih penasaran nie …. thanks ya

  28. mamazefa said: trus apa memang cake ini ngga pake emulsifier samsek? tulunk dong mba Ine, masih penasaran nie …. thanks ya

    aku kalau bikin sebisa mungkin menghindari cake emulsifier. Kalau cukup waktu, saya akan sabar menunggu telur dan gula di kocok sampai bener2 kental dan putih.Tapi kalau pingin cepat kelar, saya kasi emulsifier juga. karena beda waktu pengocokan untuk mencapai kekentalan yang cukup agar kue tidak bantet. dengan emulsifier, 7 menit selesai (mixer besar), tanpa emulsifier, bisa 15-20 menit. tapi ini tergantung juga komposisi gula dan telurnya.Gini…biar aman, resep type sponge cake pakai saja emulsifier, kira2 saja, 1 sdt munjung.Cirinya adonan sudah layak di campur tepung dan margarine, kalau adonan diangkat dan dituangkan lagi ke bowl dari sendoknya, akan membentuk pita dan meninggalkan jejak di atas adonan, tidak segera mencampur ke adonan tsb.sayang sekali kemarin bantet ya, tapi kue bantetnya masih bisa di daur ulang…di jadikan rhum balls misalnya.

  29. mbak ine, aku udah coba devilnya.. enak banget deh, pas manisnya dan lembut…tapi aku gak bisa menghias secantik kuenya mbak ine, jadi cuman aku poles ajah trus, dibentuk pake spatula…

  30. prazz said: mbak ine, aku udah coba devilnya.. enak banget deh, pas manisnya dan lembut…tapi aku gak bisa menghias secantik kuenya mbak ine, jadi cuman aku poles ajah trus, dibentuk pake spatula…

    waaa…senengnya…soal hias menghias, aku juga nggak terlalu hobby. sering asal aja. Apalagi setelah sering melihat Bara Patirajawane di Gula gula, yang menghiasnya asal…tapi kog ya…hasilnya oke, aku jadi merasa sudah berada di jalan yang benar. huahahaha…..

Leave a Reply

