Skip to content

Pinneaple up side down cake

April 23, 2006

Description:
Penampilan aslinya cantik, dasar cake berhias nanas dan cherry merah.
Yang ini, sengaja di banyakin taburan kayu manisnya, jadi kelihatan seperti nyaris gosong. padahal…nggak gosong.
Rasa…oke banget, wangi, legit, favoritku sejak remja, ketika pertama kali kenal resep ini dari Femina tahun 80-an, dari resep Rahasia Ratu Dapur.

Ingredients:
Bahan Cake:
100 gr Terigu
100 gr Gula pasir
100 gr Margarine kocok sampai lembut dan pucat
3 butir Telur
1/2 Buah Nenas, di buat setup

2 sendok makan Margarine cair untuk dasar cake
2 sendok Makan Gula palem
1/2 sdt kayu manis bubuk

Directions:
1. Kocok gula dan telur sampai mengembang, kental dan putih.
2. campurkan terigu, sambil diaduk dengan spatula sampai rata
3. Masukkan margarine yang telah di kocok, aduk rata.
4. Atur nenas dan cherry di loyang, siram dengan margarine cair,
Taburi dengan gula palem dan kayu manis bubuk
5. Tuang adonan kue diatasnya
6. Oven lebih kurang 30 menit

Note:
– Loyang yang digunakan ukuran 20X20 cm
– Cake ini tidak terlalu tinggi, spy nanas dan gula tidak menjadi karamel di dasar cetakan

From → Cake, Kue

36 Comments
  1. Rasa..tidak diragukan lagi deh kue yang satu ini mbak ine.bisa coklat begitu ya mbak dasarnya dan garingnya mulus banget.Thanks resepnya, aku mau coba resep mbak ini.

  2. Mbak Ineee weekend kemaren bikin kuenya banyak bangetsss, coba kita tinggal deketan udah gw samperin deh hehehe

  3. duhhhh coba tetanggan pasti kebagian kuenya😀

  4. mbak in, pake apricot juga enak loh! udah nyobain belum?trus ada resep lain yan gpake nenas dan jahe. yg ini belum nyoba hehehe…

  5. indbahar said: Rasa..tidak diragukan lagi deh kue yang satu ini mbak ine.bisa coklat begitu ya mbak dasarnya dan garingnya mulus banget.Thanks resepnya, aku mau coba resep mbak ini.

    Ndri, justru coklat ini kurang cantik. kalau liat aslinya di majalah, nggak banyak palm sugar dan bubuk kayu manis, malah keliahan kuning cantik. Tapi soal rasa, aku berani bertaruh…:-) menang yang coklat! hihihi

  6. kayaknya seger-seger gitu yah mbak rasanya …*slurp* ..mbak …udah sampe ni kirimannya …. makasi …*bisik2….motransferni*

  7. 3astwest said: Mbak Ineee weekend kemaren bikin kuenya banyak bangetsss, coba kita tinggal deketan udah gw samperin deh hehehe

    hehehe…. yang ini di bikin rabu lalu Rat, baru sempat posting sekarang.

  8. evimeinar said: duhhhh coba tetanggan pasti kebagian kuenya😀

    huahahaha… tetep, mesti saingan dulu ama orang rumah Pi, biarpun cuma sedikit, tapi lumayan ganas2.

  9. foodngarden said: mbak in, pake apricot juga enak loh! udah nyobain belum?trus ada resep lain yan gpake nenas dan jahe. yg ini belum nyoba hehehe…

    belum pernah Fi, kalau pakai apel pernah juga.

  10. kuenyaoyan said: kayaknya seger-seger gitu yah mbak rasanya …*slurp* ..mbak …udah sampe ni kirimannya …. makasi …*bisik2….motransferni*

    iya Yan, enak dan wangi.itu kiriman…ntar japrian aja ya.

  11. Mbak Ine kuenya cantik sekali, ada masukan nih,tapi saya belum pernah coba, pernah dikasi tahu kalo bikin kue pineaplle up side down loyangnya pake loyang dari silicone, itu tuh yang loyangnya lembek dari bahan silicone, katanya supaya gampang ngeluarin kuenya, menurut mbak gimana?

  12. ini kue kesukaan suami, ternyata ditambahin cherry jadi lebih cantik ya.

  13. tukangkue said: Mbak Ine kuenya cantik sekali, ada masukan nih,tapi saya belum pernah coba, pernah dikasi tahu kalo bikin kue pineaplle up side down loyangnya pake loyang dari silicone, itu tuh yang loyangnya lembek dari bahan silicone, katanya supaya gampang ngeluarin kuenya, menurut mbak gimana?

    Tiara, aku belum pernah pakai loyang silicone, saking mahalnya, belum tega beli:-)Ini pakai loyang biasa juga gampang banget, nggak lengket kog. aku kasi kertas roti di dasar loyang.di Ace hardware ada loyang khusus PUSD ini bentuknya bulat, ada cekungan2 untuk meletakkan potongan nanas. tapi kan kita harus ikuti itu cekungan. sementara kalau pakai loyang polong, bentuk nanas bisa kita atur semau kita.

  14. amadeus18 said: ini kue kesukaan suami, ternyata ditambahin cherry jadi lebih cantik ya.

    iya Dew, barangkali di taburi kenari juga, ada krenyes2nya tambah enak. aku belum nyoba yang pakai kenari. baru ide.

  15. Mbak ine aku dulu pernah dikasi cake dari surabaya, dibawah cakenya ada banyak sekali kelapa mudanya, apa kira-kira bisa dibikin dengan cara seperti ini yah?,sorry nih banyak nanyanya🙂

  16. tukangkue said: Mbak ine aku dulu pernah dikasi cake dari surabaya, dibawah cakenya ada banyak sekali kelapa mudanya, apa kira-kira bisa dibikin dengan cara seperti ini yah?,sorry nih banyak nanyanya🙂

    klapertart kali? coba describsikan rasanya. kayaknya di sby ada klappertart ngetop tuh

  17. bukan mbak bukan klappertart, atasnya kue bolu/cake seperti semacam sponge cake gitu.

  18. mbak ine masih nyimpen koleksi rahasia ratu dapur femina yah😀 mau donk pinjem foto copy gubraakkk

  19. tukangkue said: bukan mbak bukan klappertart, atasnya kue bolu/cake seperti semacam sponge cake gitu.

    waaa…mesti cari tahu ke orang2 manado nih. apa namanya, gimana bikinnya.tapi boleh juga di coba bikin cake klamud. (klapa muda)

  20. cusson90 said: mbak ine masih nyimpen koleksi rahasia ratu dapur femina yah😀 mau donk pinjem foto copy gubraakkk

    masih Len, sebagian ilang dipinjam gak dikembalikan. tapi masih banyak kog. hayo…kapan mau di pinjam?

  21. wah…asli aku br mau coba buat kue ini..pas ngintip2 ternyata yg pny mba lbh simple cara buatnya…asyikk…aku cobain yaa mba..thx b4. salam kenal

  22. katokumamoto said: wah…asli aku br mau coba buat kue ini..pas ngintip2 ternyata yg pny mba lbh simple cara buatnya…asyikk…aku cobain yaa mba..thx b4. salam kenal

    salam kenal juga Wheny, ini kue gak gitu cantik, tapi aroma dan rasanya….yummy

  23. aku br buat nih mba…tp bawahnya kok ga hitam kyk punya mba yaa.?? kuning gt..apa krn kurang kayu manis?? rasanya sih udh OK pisannnn euyy…ntar fotonya aku pasang deh :)…kalo pny mba gmn ya?? bawahnya renyah atau lembut??

  24. aku demen pakai kayu manis banyakan. bawahnya lembut.pernah bikin, api bawahnya kegedean, tuh gula di dasar jadi kayak karamel.rasanya…jadi rada pahit. aku demen yang lembut

  25. elkaje said: Ndri, justru coklat ini kurang cantik. kalau liat aslinya di majalah, nggak banyak palm sugar dan bubuk kayu manis, malah keliahan kuning cantik.Tapi soal rasa, aku berani bertaruh…:-) menang yang coklat! hihihi

    Iyo, aku eling banget kue ini jaman daku masi esde di femina. Mbak Ana beberapa kali bikin dan jadi kue kebanggaan. Yang di femina tuh pake nenas kalengan yang bundar2 ituh kan, trus bolong tengahnya diisi ceri.Seneng banget kenal Mbak Ine, koleksi resep2 khas Femina yang kukangenin bisa muncul kembali, tinggal jerit ajah, “Mbak Ineee… minta resep A yang ada di femina jadul” lalu *cling!* nongol deh hihihihi…

  26. mylianov said: Seneng banget kenal Mbak Ine, koleksi resep2 khas Femina yang kukangenin bisa muncul kembali, tinggal jerit ajah, “Mbak Ineee… minta resep A yang ada di femina jadul” lalu *cling!* nongol deh hihihihi…

    aku seneng kenal ama kamu, ilmunya luar biasa, dalem banget. iya Femina jadul, jadi andalan, karena umumnya sukses dan enak kalau di coba.

  27. mylianov said: Seneng banget kenal Mbak Ine, koleksi resep2 khas Femina yang kukangenin bisa muncul kembali, tinggal jerit ajah, “Mbak Ineee… minta resep A yang ada di femina jadul” lalu *cling!* nongol deh hihihihi…

    aku seneng kenal ama kamu, ilmunya luar biasa, dalem banget. iya Femina jadul, jadi andalan, karena umumnya sukses dan enak kalau di coba.

  28. Aku dulu sering bikin kue ini. Resep dapet dari sekolah tata boga (SMKK) hihihi. Favoritnya almarhum bapak juga…*nostalgia* rasanya emang enak dan bikinnya gak rumit

  29. Cik Ine,Tolong tanya, nanas dibikin setup, itu diapain ya? maklum baru mulai belajar bikin kue :)Kebetulan aku punya nanas masak, dibuat rujak, seisi rumah pada ga mau . Nemu resep tacik, seneng banget.Kalo 1/2 buah nanas, kira2 seberapa berapaya? punyaku nanas palembang, kecil, apa dipake semua yah?Terima kasih banyak.Salam Nana

  30. nanas di potong2… trus bikin air gula…panas2 nanasnya di cemplungi… jganan di masak..ntar bonyot. Ada yang memasukkan kayu manis saat merebus gula, spy aromanya wangi.setup ini…ntar kalau mau di pakai, di tiriskan dulu.nah… kira2 aja Na… kalau di tata sudah memenuhi loyang..cukuplah.

  31. Cik Ine, thanks banget buat penjelasannya. Kalo udah bikin ntar aku laporin gimana hasilnya.Have a nice daysalam, nana

  32. Ck Ine,Sudah bikin jadinya ketipisan, krn pake loyang uk 25X25, yg ukuran tacik, ga punya. Kalo pake ukuran 20X20 ke tebalan ga?cakenya basah ya? rasanya enak sekali. Sayang potong nanasnya agak ketebalan & setupnya kurang manis, cinnamon bubuknya juga tabur kurang banyak.Air setupnya ga aku buang, aku buat minuman setelah aku didihkan lagi…lumayan segerrrr :)Salam, Nana

  33. pake 20 X 20 pas kog. maksudnya cake basah gimana? cake permukaannya seperti sponge cake biasa.bagian nanasnya memang rada lengket2…lha kan gula, mentega dan nanas.doyan Na?

  34. doyan, wong enak :)bagian atasnya emang kayak yg tacik bilang.cakenya rada kayak spiku, basah, legit juga jadi kayak cake yg banyak telur.minggu depan ke pasar, beli nanas lagi, penasaran, aku mau coba lagi :)Thanks ya cik. Nana

  35. Ci Ine…..ini kesukaan keluargaku jg loh….Mama jg suka koleksi resep Femina, sampe kertasnya kuning2 gituh saking lamanya, seingatku aku dulu msh SD deh waktu buka2 koleksi Mama, ada yg booklet Femina kecil, aku dulu paling suka kalo covernya Mba Sarita yang rahangnya unik he he he….

  36. ingetvivi said: Ci Ine…..ini kesukaan keluargaku jg loh….Mama jg suka koleksi resep Femina, sampe kertasnya kuning2 gituh saking lamanya, seingatku aku dulu msh SD deh waktu buka2 koleksi Mama, ada yg booklet Femina kecil, aku dulu paling suka kalo covernya Mba Sarita yang rahangnya unik he he he….

    sama dong Vi, ini klipingku juga masih ada beberapa, udah kuning2 juga.

Leave a Reply

