Skip to content

KROKET KENTANG

May 9, 2006

Description:
Kemarin Dytha japri, cari kroket kentang di blogku kog nggak ada. lha emang belum pernah posting. Karena selalu lupa foto kalau pas bikin kroket. Kemarin langsung bikin dan di foto, sebelum di serbu anak2 yang penggemar kroket dan olahan kentang.

Kroket kentang, menurut pengelompokanku ada 2 jenis, yaitu
1. Kentang di luar
2. Kentang di dalam. hehehe… kayak iklan apa ya….

Kentang di luar, kalau kentangnya di jadikan kulit pembungkus isi, yang
biasanya daging dan sayur2an, mawur.
Kentang di dalam, kentang halus di campur dengan ragout, tidak tampak beda mana kulit mana isi.
Kalau favoritku sih, untuk bikin dan makan, kentang yang campur dengan ragout, karena gampang dan cepat.

Tapi umumnya kroket yang populer di sini justru kentang di luar.

Problem membuat kroket adalah sering pecah saat di goreng, penyebabnya adalah:
– Kurang rata saaat pelapisan tepung panir
– Terlalu sering di aduk saat menggoreng
– Kadar air pada kroket masih tinggi

Trik membuat kroket agar tidak gampang pecah
– Paling enak dan pulen sih kentang Tes, tapi kentang apa saja bisa dipakai.
– Kentang yang digunakan sebagai kulit, jangan di kukus, tetapi di goreng saja, agar kadar air pada kentang berkurang.
– Kentang yang untuk campur pada ragout, boleh saja di kukus, karena
perekatan masih bisa dilakukan dengan mengentalkannya dengan tepung terigu pada ragout.
– Pelapisan tepung roti dilakukan 2 tahap (lihat resep)
– gunakan minyak banyak dan panas, sehingga kroket terendam dalam waktu singkat langsung kuning keemasan, tanpa perlu di balik-balik lagi.

Siapa bisa bantu tambahi tip dan trik? monggo…..

Ingredients:
Bahan luar :
300 gr kentang
25 gr susu bubuk
1/4 sdt garam
1/8 sdt merica bubuk

1 butir telur kocok lepas atau pakai putih telur.
100 gr tepung panir
minyak untuk menggoreng

Isi :
1 butir kecil bawang bombay, cincang
1 sdm margarin
100 gr daging cincang
50 gr wortel, kupas, potong persegi kecil-kecil
1 batang daun bawang iris halus
50 cc air
10 gr susu bubuk
1/4 sdt garam
1/8 sdt merica bubuk
1 sdm tepung terigu, larutkan dalam 1 sdm air

Directions:
1. Kupas kentang, potong setebal 1 cm, goreng sampai matang, haluskan selagi panas. Campur dengan susu bubuk, garam, merica, Aduk hingga rata, sisihkan.

2. Isi : Tumis bawang bombay dengan margarin hingga harum,
masukkan daging cincang dan wortel, aduk. Tuangi air, susu,
masukkan garam dan merica, daun bawang, diamkan di atas api hingga masak sambil sekali-sekali diaduk supaya tidak hangus. Masukkan larutan tepung, aduk sampai masak. Angkat dan diamkan hingga agak dingin.
3. Ambil 2 sdm kentang, letakkan di atas selembar kertas plastik yang
telah diolesi sedikit margarin. Dengan tangan, bentuk bulatan dan pipihkan kentang, isi bagian tengahnya dengan 1 sdm adonan isi. Tutup dan bentuk bulat lonjong.
4. Gulingkan kroket pada tepung roti,
5 Celup pada telur dan ratakan, gulingkan sekali lagi pada tepung roti.
6. Goreng kroket dalam minyak panas dengan terendam minyak hingga warnanya kuning kecoklatan.

Note:
– Untuk kroket yang di campur pada isinya, gunakan 150 gr kentang, di kukus dan dilumatkan.
– Bahan isi, tambahkan 75 cc susu cair (atau 75 cc air plus 7 gr susu bubuk Full Cream ) dan 2 sdm tepung terigu untuk mengentalkan. Aduk semua sampai tercampur rata. Pulungi bulat lonjong bentuk kroket, gulingkan di tepung roti. langkah selanjutnya sama dengan nomor 5.

Kroket kentang enak di makan dengan saus mustard :

cara SAUS MUSTARD:
Cairkan 1 Sdm margarine, masukkan 1 sdm terigu, aduk sampai rata.
tuang 100 cc susu cair sedikit demi sedikit sambil terus di aduk.
masukkan 1 sdm mustard pasta, 2 sdt gula pasir dan 1/8 sdt garam. Masaksampai meletup letup.

From → Gorengan

56 Comments
  1. Ci Ine.. untuk “kroket kentang didalam”, aku sedikit kurang jelas ni.. Jadi semua bahan isi itu (daun bawang, daging cincang, wortel, dsb) dicampur dg tambahan susu dan tepung terigu, trus dicampur lagi dg bahan luar (aka kentang)nya gitu? Makasih ya Ci…

  2. mba saya bikin tapi kentangnya di rebus tapi hasilnya kentang hancur saat di goreng apa itu pengaruh …..makasih atas jawabannya

  3. cie ine salam kenal ya…, aku nyontek resepnya yaaa… makasih sangaatt… aku waktu itu nyontek resep risoles rogout nya juga enyaakkk spt yg mon a*i punya🙂

  4. Yummmyyyy…thx resep nya..

  5. aduuh terimakaih resepnya… aku coba2 bikin kroket pas puasa kemarin tapi hasilnya blm sesuai harapan. Aku mau nyoba resep dr mbak Ine berikut tipsnya, mudah2an kali ini sukses.amiin.

  6. waww… barusan aku coba resepnya. hihih.. tadinya takut salah pke kentang (asal ambil aja di supermarket) trus jadinya pecah krn ngga pke telor, tyt ngga sama sekali🙂 tepung panir saya ganti pke oatmeal, karena males keluar beli lg😛 tapi tyt SUKSES !! puas bgt deh🙂 terimakasih dan salam kenal cie cie.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: