Skip to content

OTAK OTAK Bakar

May 12, 2006

Description:
Buat membedakan otak otak goreng, mana namanya di tambahi…Bakar.

Jangan bikin terlalu gendut, agar bisa matang sempurna.

agar cepat membungkusnya, tata daun beberapa lembar overlaping 6-8 cm, lalu di semprotkan di tiap sisi yang tdk di tumpuki daun lain.
gulung semua otak2 yang sudah di semprotkan.

Ingredients:
500 gram daging ikan tengiri, dihaluskan
100 ml santan kental
200 gr tepung kanji
2 lembar daun bawang, iris halus
garam, gula dan merica secukupnya
2 sdm air perasan jahe
daun pisang untuk membungkus

BUMBU HALUS:
5 siung bawang putih

SAMBAL KACANG:
50 gr kacang tanah, haluskan bersama 1 buah cabe merah kriting
campur dengan 75 cc air matang
tambahkan 1 sdm gula pasir, 1/4 sdm garam, 4 tetes cuka masak.
kucuri air jeruk limo untuk aroma.

Directions:
1. Campur ikan bersama bumbu halus, santan, tepung
kanji, garam, dan merica. Aduk rata.
2. Gunakan pipping bag (kantong segitiga), isikan adonan ikan, gunting ujung kantong selebar 1 cm
3. semprotkan adonan ikan di pinggir daun, gulung daun, semat kedua ujungnya
4. Bakar dengan api kecil, sampai daun mengering dan otak2 matang.
5. sajikan bersama sambal kacang.

38 Comments
  1. ini doyanan… bakarrr apalagi dibakar pake arang duhhh sedeppp

  2. ini makanan favoritku Bu…., 10 biji bisa langsung habis dalam sekejap tu =)). tapi aku gak suka pake sambel kacang…, enakan pake sambel cabe dan bawang putih (ada tu resepnya di multiplyku) :”>

  3. jajanan favorite nih….nggak kerasa makannya bisa berpuluh-puluh….jadi pengeen, nggak sabar sampai Jkt…

  4. mbak ine…..syl ga sempat maem otak-otak pas mudik kemarin….mana disini ikan tenggiri susah banget hiks. hiks. hiks…

  5. wwaduh emang enak nih otak2 bakar, demenannya suamiku….aku masih “melongo” aja lihatnya *sambil ngiler*

  6. ck..ck…Mba Ine..bikin ngiler setiap saat niiiiiy…otak otak mah bisa abis banyak bener..biasanya belinya di muara karang tuh, gede2 bentuknya…

  7. Di sini gak ada otak-otak… kesian gak siiiii????? Yang namanya ikan tengiri juga gak adaaaaa…….. waaaa.. lengkap deh penderitaan hiks..😦

  8. helvinrita said: Di sini gak ada otak-otak… kesian gak siiiii????? Yang namanya ikan tengiri juga gak adaaaaa…….. waaaa.. lengkap deh penderitaan hiks..😦

    Rita, tenggiri itu king fish, apa betul sih gak ada di tukang ikan ditempatmu sih ?….maaf ya tapi kayaknya saudaraku pernah buat lagi tinggal di Paris beberapa tahun lalu….tapi lupa tanya ikan tenggiri apa bahasa perancisnya.Ikan ini lumayan banyak diperairan mana2 rasanya sih…..Kalau di Indonesia pernah lihat ujud ikan ini gak ? atau selalu belinya yang udah fillet jadi gak pernah memandangi baik2 ujudnya tuan tenggiri ini ?Emang sulit kalau belum kenal betul ama ujudnya si ikan ini, suka ketuker ama tuna, hampir mirip, tapi beda….nah lo….Mudah2an membantu.

  9. Ci Ine, kalo pake fish paste aja bisa ngga sih? Ngeliat gambarnya, sampe ngiler beneran lho…..saya paling suka otak2 yang di Petojo tuh, sambil minum es kelapa muda……aduh pengen deh…….

  10. hmm cuman bisa ngiler, jadi kangen otak2 petojo + baso ikan, + kelapa muda.

  11. na123 said: Ci Ine, kalo pake fish paste aja bisa ngga sih? Ngeliat gambarnya, sampe ngiler beneran lho…..saya paling suka otak2 yang di Petojo tuh, sambil minum es kelapa muda……aduh pengen deh…….

    bisa bisa… cobain deh, kemaren aku baru bikin pake fish paste punya Vietnam yg di container2 gitu, jadinya baguss, manteppp, enakkkk bangetttt… !!! n krn males nyalain areng, aku broil di oven pake set high, tiap sisi kurleb 6-8 menit…

  12. thanks ci ine udah share resep.. enak banget dehh mantappppp… berhubung ga ada kacang tanah, jadilah aku bikin saos otak2nya pake peanut butter… tetep enakk apa gue aja kali rakus.. hahahah… cuma suamiku bilang juga enak banget, mirip sama yg di jakarta.. ciehhh…

  13. Olmaga, bisa ya pakai fish paste….aku coba deh nanti, thanks ya buat infonya…..

  14. heheheh ini telat banget ya komentnya.. mbak hebring banget sihh.. rajinnn-nya minta ampun. aku dah punya resepnya dari majalah sedap gak nyoba2.. adaaa aja alesannya..hihihi…, sekalinya punya ikan-nya, daunnya gak ada or pas komplit bahannya, males bikinnya…hehehheheeh

  15. Ci Ine, thanks berat buat resep hebat ini. Resep otak-otak Ci Ine jadi resep favorit keluarga dan para tamu. Dalam waktu dua-tiga minggu, saya sudah menggunakan delapan kilo ikan buat otak-otak. Tapi sebanyak apapun yang saya buat, langsung habis. Suami saya bilang dia gak perlu lagi makanan lain. Cukup makan otak-otak Ci Ine siang malam😉 Hari Kamis, ibu mertua yang sudah rindu ama mantunya bakal datang dari luar kota. Beliau tentu saja akan dibuatkan otak-otak.Resep otak-otak Cici diubah dikit. Karena di sini tidak ada ikan tengiri, maka saya pake ikan Pangasius beku dari Vietnam. Ikan putih ini cukup murah, teksturnya bagus, dan enak. Daun pisang yang langka dan mahal diganti dengan baking paper. Otak-otaknya tidak saya bungkus satu persatu, tapi langsung ditaruh di loyang kue kering yang dialasi baking paper, biar tidak lengket. Ketebalan otak-otak sekitar 1,5-2 cm. Dipanggang di oven sampai matang. Lalu diiris memanjang mirip otak-otak asli atau kotak-kotak, tergantung selera. Kalau beruntung dapat daun pisang, baking paper saya ganti dengan daun pisang. Bagian atas adonan juga ditutup dengan daun pisang. Solusi ini menghemat penggunaan daun pisang disamping memberikan aroma khas daun pisang bakar. Tentu saja, otak-otak tulen yang dibungkus daun pisang jauh lebih enak rasanya. Tapi modifikasi ini juga enak. Buktinya, sekali makan, gak bisa berenti😉

  16. Gak usah pake tp hun kwee ya ci, soalnya saya pernah baca ada yang pake

  17. lienmei said: Gak usah pake tp hun kwee ya ci, soalnya saya pernah baca ada yang pake

    mungkin hunkwe dipakai kalau nggak pake tepung sagu tani atau tapioka. tapi aku belum pernah nyoba ya.

  18. nyam..nyam…otak-otaknya. jd pingin pempek panggang yg ada cabe di atasnya itu lho…–hehehe, gak nyambung

  19. cik..aku minta izin copy resep2nya ya..

  20. hijiwen said: cik..aku minta izin copy resep2nya ya..

    silakan Devie

  21. Mbak…mint aijin copy and paste resepnya….anak-anak pasti suka. Makasih banget

  22. heradyatmiko said: Mbak…mint aijin copy and paste resepnya….anak-anak pasti suka. Makasih banget

    silakan Hera, seneng kalau bisa berguna

  23. Mbak Ine, mau tanya dong… pake ikan tengirinya enakan yang laki atau perempuan?

  24. cecepnk said: Mbak Ine, mau tanya dong… pake ikan tengirinya enakan yang laki atau perempuan?

    HAH? nggak tahu…aku nggak pernah milih2 soale

  25. Hik hik hik ….ya udah….cuma kalau saya sih biasa pake yang perempuan (kalau di pasar biasanya harganya lebih mahal). Lebih gurih dan legit … kalau yang “banci” malah belum coba ….hehehe😀

  26. Mbak Ine, alternatif untuk ikan tengiri bisa di ganti dengan ikan gabus (bukan ikan gabus ‘asin’, ya).

  27. He..he…baru tau ada resep otak2 di MP Ci Ine…ini jualanku di Spore nih🙂 Btw, tips membungkus cepetnya boleh dicoba tuh…thanks ya🙂

  28. vindara said: He..he…baru tau ada resep otak2 di MP Ci Ine…ini jualanku di Spore nih🙂 Btw, tips membungkus cepetnya boleh dicoba tuh…thanks ya🙂

    lha aku juga baru tahu kamu dagang ini di singapore. hehehe… laris Han?

  29. elkaje said: laris Han?

    Lumayan lah, Ci…aku sih terima pesanan ajah…jadi ga perlu tiap hari bikin.

  30. Mbak Ine…salam kenal…sekalian ijin tuk minta resepnya yah…lagi pingin bikin otak-otak …..tks ya….

  31. mbak salam kenal, aku contek yaa…tapi maap niy bikin dulu baru bilang, hehehedulu pernah bikin otak2 juga tapi buat mastiin biar ga salah, aku googling lagi, nemu disini..makasih banyak ya mbak…

  32. halo ine … aku mau coba bikin nih otak2, udah kangen banget makan nih otak2, gak ada sih di sini (philippine), entar aku report ya … thanks banget

  33. aq mau dunk punya resep otak2 yang buatan nyonya

  34. Ci Ine… saya cari-cari resep otak-otak di google, yang paling atas itu resep Ci Ine yang ini…. melihat puji-pujian di atas, saya akan pake resep Ci Ine deh…🙂. Besok mau bikin acara minum teh dengan tema “Indonesian Snack in Hijab” (alias kudapan2 yang dibungkus daun pisang). Eheehehehehhee…..😀.

  35. wao….o.. enak bgt tuh. apalagi wktu aku hamil itu kan makanan favoritku.

  36. thank you ya resepnya🙂

  37. Ine boleh aku copy resepnya ya. Ini salah satu kedoyanan aku..disini sih aku blm nemu daun pisang😦 tp ntar aku mau coba pk alumunium foil..drpd gak nemu2. Thanks ya Ne🙂

  38. OMG sampai ngiler dech…ini makanan kesukaan ku …pasti nanti aku coba buat sendiri……makasih yah…

Leave a Reply

