Skip to content

Ayam lada hitam

May 23, 2006

Description:
Rada beda cara masaknya dengan daging sapi lada hitam. Ayamnya di goreng dulu, biar rada kecoklatan di bumbui kecap manis. Kesannya meresap. Lada hitam, enak yang masih berupa biji, di tumbuk kasar, ada rasa krenyes krenyes lada. Sayang tadi waktu masak, cuma ada lada hitam bubuk yang halus, jadi…hanya dapat aroma, bukan krenyes2nya.

Ingredients:
Bahan A:
300 gr daging ayam tanpa tulang
1/2 butir jeruk nipis
1/2 sdt garam
1 sdm kecap asin
2 sdm kecap manis
2 sdm tepung terigu

Bahan Lain:
1/2 buah paprika hijau, potong 2 cm
1/2 buah paprika merah, potong 2 cm
1 buah bawang bombay, potong2
1 siung bawang putih di geprek
1/2 sdm lada hitam yang sudah di hancurkan
2 sdm kecap manis
1 sdm kecap asin

Minyak untuk menggoreng

Directions:
1. Lumuri daging ayam dengan air jeruk dan garam, remas remas, lalu cuci bersih, potong dadu 2 cm
2. campurkan semua bahan A, aduk rata. sisihkan selama 10 menit.
3. Panaskan minyak, goreng daging ayam sampai ke coklatan, tiriskan
4. Tumis bawang putih dengan 2 sendok makan minyak, sampai harum, masukkan bombay dan paprika, masak sebentar sampai bawang agak layu.
5. Masukkan kecap asin, kecap manis, lada hitam bubuk, aduk rata
6. Terakhir masukkan ayam, aduk sampai bumbu rata, sajikan hangat.

16 Comments
  1. aduh mbak enak nih…..laper niyyyyy…kirimin dong…..buar sarapan Bamby besok kayaknya nyamleng dehhhhh

  2. emang rumput tetangga selalu lebih hijau ya mbakšŸ™‚ huahahaha…aku juga merasa ngiler kalau liat masakan mbak Esther

  3. gue ngiler # 2 neeh…pengeeennnnnnn. apalagi ada paprikanya wuihhhh anak2 gw doyan banget ama paprika, tapi yg masih mentah, kalo udah dimasak enggak terlalu suka euy. kalo paprikanya dimasukin terakhir enggak dosa kan ya mbak In hehehe

  4. kalo pake beef, ngga perlu di goreng dulu Mba Ine?

  5. mbak mbak,.. mau dong! nasi angetnya sekalian ya… hehehehe

  6. wahhhhh ini enak banget pk mie…. hmmm yummy

  7. 3astwest said: kalo udah dimasak enggak terlalu suka euy. kalo paprikanya dimasukin terakhir enggak dosa kan ya mbak In hehehe

    tentu aja enggak Rat, asal…jangan bilang siapa siapa ya…:-)))

  8. olin said: kalo pake beef, ngga perlu di goreng dulu Mba Ine?

    kalau mau bikin dengan di goreng dulu juga bisa Lin, rada kering gitu. biasanya sih cuma di marinate trus langsung cemplung setelah tumis bawang bombay.

  9. Ine…aku pesen yaaa…..yg agak pedes haaa…enak amat sih masak masak terus …mana mantaf mantaf masakannya. daku meranaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa.

  10. mbak ..laperr….. mau …gi lembur nii …:(( ga ada makanan ….hiksss

  11. aku gak doyan ayam kecuali ayam kampung. jadi klo liat menu ayam, aku langsung lemez dehh…heheh. waktu masak bersama emma isti disuguhi ayam goreng..huhuuhhu, untungnya emma menyediakan menu lain, sapi lada hitam…uhuiii. mbak, apa ayam ini bisa aku ganti dg daging sapi? thanks ya

  12. cicipcicip said: aku gak doyan ayam kecuali ayam kampung. jadi klo liat menu ayam, aku langsung lemez dehh…heheh. waktu masak bersama emma isti disuguhi ayam goreng..huhuuhhu, untungnya emma menyediakan menu lain, sapi lada hitam…uhuiii. mbak, apa ayam ini bisa aku ganti dg daging sapi? thanks ya

    aku ingat Riva makan rujak juhi, suwiran juhi di kira daging ayam di oper ke tetangga :-)))tentu aja bisa Va. Aku selalu ingat kalau Riva ogah ayam kecuali ayam kampung atau ayam yang motong sendiri. Kalau daging sapi atau ikan nggak gitu kan Va?

  13. Aduh…pasti ini untuk orang dewasa yang tahan banting,1/2 sendok makan black peper….ughhhh……sedap…

  14. glennsean said: Aduh…pasti ini untuk orang dewasa yang tahan banting,1/2 sendok makan black peper….ughhhh……sedap…

    enak…panasnya menjalar dari leher sampai ke perut. semoga ketagihanšŸ™‚

  15. Udah nyoba, enak deh. Rasanya sama ama ayam lada hitam Manchu Wok fast food chinese rest. di sini, cuman ayamnya ndak digoreng jadi rada putih. But enakan yg digoreng, selain warnanya bagus, rasanya pun lebih yummy.

  16. glek…aku jadi pingin lagi nih…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: