Skip to content

Pepes Ikan Tengiri

May 23, 2006

Description:
Tempo hari bikin pepes ikan tengiri, karena anak2 suka males kalau ikan ada durinya, maka pakai filletnya aja. lha kog setelah matang baru teringat…daun kemangi lupa di cemplungi.

tapi tetep enak kog.

Ingredients:
500 gr ikan tenggiri tanpa tulang
garam
1 buah jeruk nipis, diambil airnya
10 buah belimbing sayur/tomat hijau di iris2
daun pisang untuk membungkus
5 lembar daun salam
daun kemangi secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:
10 butir bawang merah
10 butir kemiri
3 siung bawang putih
2 cabai merah besar (tambah cabe kriting kalau mau pedas)
2 cm jahe
garam secukupnya
gula secukupnya

Directions:
1. Potong ikan tengiri jadi 8 bagian, lalu lumuri dengan 1 sendok teh
garam, dan air jeruk nipis. Sisihkan 15 menit supaya meresap.
2. Campur bersama belimbing sayur/tomat dan bumbu yang sudah dihaluskan, aduk rata.
3. Bungkus setiap potongan ikan dengan menambahkan selembar daun salam dan daun kemangi secukupnya.
3. Kukus 30 menit, panggang dulu sebelum menyajikan.

23 Comments
  1. kenapa saya kalau bikin pepes kok gak enak ya ? kayak kurang nyamleng gitu…kalau coba2 bikin asti aja pada gak mau tuan2 dirumah….gak ngerti salah dimana.Padahal bumbu udah ngikutin resep….kapan kalau udah boleh makan ikan tak coba deh resep Ine ini…mudah2an gak gatot aku bikinnya….makasih sharingnya

  2. mbak, sama halnya kalau aku bikin sambel. nggak sedep.makanya soal uleg meng uleg, aku nyuruh asisten, yang tangannya lebih sedep dari tanganku :-))

  3. mbak Ineeee pindah ke sini aja nyoookkk tetanggaan sama gue🙂 *bisa enggak pulang2 deh gue hahaha* pengen bikin aahhh…..suami gw, ikan dimakan asal jangan utuh aja di atas meja….kalo ada kepala, buntut, kulit dia bisa lari tunggang langgang LOL

  4. mba In, duh ngiler nya …. slurrrpp

  5. 3astwest said: mbak Ineeee pindah ke sini aja nyoookkk tetanggaan sama gue🙂 *bisa enggak pulang2 deh gue hahaha* pengen bikin aahhh…..suami gw, ikan dimakan asal jangan utuh aja di atas meja….kalo ada kepala, buntut, kulit dia bisa lari tunggang langgang LOL

    mau sih Rat tetanggaan :-))Rachel juga kalau liat ikan ada buntut dan kepala, nggak mau makan. dia bilang ‘kasihan kan ikannya…liat tuh…matanya…’ Jadi…..di fillet aja.kalau menyajikan ikan kembung, dah di suwir2 dulu, biar nggak liat mata ikan yang menyedihkan:-))

  6. sematawayang said: mba In, duh ngiler nya …. slurrrpp

    hayo….sini…aku masakin. hehehehe

  7. iya nih, saya juga sampai menitikkan air liur…..fotonya bikin laper……

  8. na123 said: iya nih, saya juga sampai menitikkan air liur…..fotonya bikin laper……

    kalau bikin sendiri di situ gampang dong, daun pisang gak susah kan? tengiri ada kan?pembantu yang bantu nguleg bumbu ada nggak? hehehehe

  9. Ini pepes kesukaan aku. Makannya gampang, dagingnya banyak….. heheheheKalo pepes cumi, sama ga bumbunya?

  10. Siiiip deh,seminggu yang lalu aku juga bikin(he he sombong kite…)tapi pakai ikan tilapia,bahasa indonesianya apa ya Jeng Ine????Orang bilang ikan mujaer….nah tilapia kan hidup di laut….yah yang aku makan sih sudah mati…he he.Enak juga sih,tapi ya buntutnya itu….mereka bilang…bikinin dong aku.Nah aku sendiri gimana???Bikinin dong aku Jeng Ine????!!!!

  11. kalau tilapia itu bukannya ikan nila ya ?

  12. waduh…aku rada buta istilah tuh. Mbak Esther tuh ilmu perikanannya oke.ikan nila dan ikan mujaer ikan air tawar.pepes itu ikan apa aja oke, mau laut, mau tawar, karena sarat bumbu.

  13. jadi pingin ikutan sharing nih Mbak Ine, kalau ibu saya yg asli padang buat pepes ditambahin kelapa parut dan daun ruku2 (mirip spt daun kemangi tapi rasa agak beda)

  14. imar said: jadi pingin ikutan sharing nih Mbak Ine, kalau ibu saya yg asli padang buat pepes ditambahin kelapa parut dan daun ruku2 (mirip spt daun kemangi tapi rasa agak beda)

    thks Imar sharingnya, barangkali pepesnya jadi tambah gurih dan lembut ya. coba di sharing resep lengkapnya, biar bisa di contek.🙂

  15. mbak ine … kemaren aku bikin pepes tengiri …..🙂 cuman bumbunya aku tambahin pake kunyit + jahe ….plus santan sedikit ….enak banget mbak jadinya … makan ikan tanpa repot2 mbuangi durinya …:)

  16. kuenyaoyan said: mbak ine … kemaren aku bikin pepes tengiri …..🙂 cuman bumbunya aku tambahin

    asyik dong Yan, tambah gurih juga ya

  17. Thank you buat sharing resep-nya dan salam kenal. Resep ini kayaknya no.1 yang pinging saya coba, kelihatannya ueeenak …apalagi dibuat lebih pedas

  18. sis,, kl pepes udang,, gmn sis? sama aja? hehehe,, ajarin dunk sis,, thx u so much,, really helpfull ^_^

  19. ftlwardrobe said: sis,, kl pepes udang,, gmn sis? sama aja? hehehe,, ajarin dunk sis,, thx u so much,, really helpfull ^_^

    mirip2 lah, ama ini, pake udang kupas.

  20. Ci Ine,ikan tengirinya bisa diganti gak yach?…bisa pake ikan apa aje khan…ikan teri juga bisa khan? ….Pake daun salam yg kering bisa gak?…kalo engga dipake knp yach?thanks and blessings,

  21. duh sedapnyaa…. *ngecess*

  22. wah mau coba ah,makasih ya resepnya.salam kenal……..

  23. Mbak Ine, saya Shienny. Saya sedang belajar masak untuk keluarga. Website mbak Ine benar2 sangat membantu saya. BTW saya pengguna baru multiply jadi masih belajar dan gaptek🙂. Bisa bantu saya untuk menambahkan Mbak Ine sebagai kontak. Thanks before😛

Leave a Reply

