Skip to content

DOMINO CAKE

May 29, 2006

Description:
Source : Renna Lim ( Toko Fortuna )
disharingkan oleh Lenna Lie

Jenis sponge Cake ini unik karena waktu dipotong bentuknya seperti domino, selang seling kuning coklat. Cakenya lembut padat, menggunakan cetakan khusus untuk Domino yaitu cetakan bulat dengan sekat2 untuk membantu menuang 2 warna cake tsb.

Ingredients:
ukuran di kiri, untuk loyang diangmeter 26 cm tinggi 3.
ukuran di kanan, telah di konversikan untuk loyang 22 cm tinggi 3

400 gr Kuning Telur (286 gr)
300 gr Putih Telur (215 gr)
200 gr Gula Pasir (143 gr)
25 gr ovalet special (sedikit saja)
200 gr Terigu Segitiga (143 gr)
1 sdt baking powder (3/4 sdt)

coklat pasta secukupnya

200 gr mentega cair (143 gr)
1 sdm rum bakar atau vanilla pasta (optional)

Directions:
1. Kocok semua bahan kecuali mentega cair selama 10 menit dengan mixer kecapatan tinggi ( jangan lebih dari 10 menit), baru masukkan mentega cair lalu aduk balik searah dengan spatula sampai rata
2. Adonan dibagi 2, sebagian diberi 1 sdt coklat pasta. Adonan putih harus lebih banyak dari yang coklat
3. Siapkan 3 loyang domino , dipoles mentega dan diberi lapis kertas bawahnya
4. Siapkan pipping bag, masukkan adonan putih dan coklat ke dalam masing2 kantong tersebut.
5. Spuit ke dalam loyang domino dengan urutan selang-seling (putih-coklat-putih-coklat sebanyak 2 loyang ) dan (coklat-putih-coklat-putih sebanyak 1 loyang)

perlu latihan lagi untuk menuang adonan putih dan coklat spy lebih cantik dan tidak meleber spt hasil pada foto ini

6. Panggang ketiganya dengan panas api 170 derajat celcius selama 25 menit.
6. Setelah matang, keluarkan dari loyang dan dinginkan diatas cooling rack.
7. tumpuk cake dengan filling selei untuk merekatkannya
8. Siap di hias dengan butter cream atau whipped cream.

From → Cake, Kue

29 Comments
  1. mantaaffff……

  2. ngopy resepnya, buat di blog aku yach ci ine……..males ngetik lagi…..hehehehe

  3. Sapa dulu gurunya :-)))tadi pagi aku tengok di tupperware, masih ada sepotong dibiarkan nganggur. Kebiasaan deh orang di rumah, kalau tinggal sepotong nggak mau abisin, karena kalau ngabisin kan harus menyingkirkan atau nyuci wadahnya sekalian.ya wis….buat sarapan aku pagi ini, tapi di singkirkan dulu butter creamnya.hehehehe….

  4. elkaje said: Sapa dulu gurunya :-)))tadi pagi aku tengok di tupperware, masih ada sepotong dibiarkan nganggur. Kebiasaan deh orang di rumah, kalau tinggal sepotong nggak mau abisin, karena kalau ngabisin kan harus menyingkirkan atau nyuci wadahnya sekalian.ya wis….buat sarapan aku pagi ini, tapi di singkirkan dulu butter creamnya.hehehehe….

    sama neh, aku kalo makan kue tart bc, selalu disingkirkan dulu buttercreamnya….. hehehe.

  5. cikciks said: ngopy resepnya, buat di blog aku yach ci ine……..males ngetik lagi…..hehehehe

    halah…males itu diam2 aja, jangan di omong2in. hihihihi…..

  6. mbak Ine…buat dominonya pake loyang domino itu loyang bunder yang ada pembatasnya kah ? aku punya deh kayaknya ..cuman belum tau dipakenya gimana …hehehe

  7. Loyang domino itu seperti apa ya mbak Ine? Kayaknya kue domino ini yummy benerrr….

  8. loyang domino di sini ya.aku juga belum punya, pingin bikin khusus yang bawahnya bisa rapat spy adonan nggak meleber dulu.

  9. elkaje said: loyang domino di sini ya.aku juga belum punya, pingin bikin khusus yang bawahnya bisa rapat spy adonan nggak meleber dulu.

    Ohhh itu tohhh….aku udah pernah ngliat di toko loyang si bapak yang di Pasar Tebet klo gitu..cuman waktu itu nggak tanya itu loyang apaan. Cara ngisi adonan ke loyang domino pake plastik segitiga gitu ya mbak? Ntar klo udah punya oven pengen banget mulai baking lagi..duh mudah-mudahan ntar pindahanan rumahnya cepet beres.

  10. Wahhh ngecesnya duluan nih..tp beli loyangnya kudu nunggu kl balik Indo dulu, wahhh lama amatttttttttttttttt. Thnx ya In resepnya..menarik banget nih.

  11. di resep Domino cake, mba ine nulis gula pasor 143 gr , gula pasor itu kayak apa yah mbak?, by the way Cake Dominonya cantik sekali. Trims sebelumnya.

  12. eh sorry mbak ine, hi,hi setelah aku send baru aku pikir-pikir gula pasor itu , gula pasir, mungkin mbak ine nulis cepet-cepet,aku nih telmi banget, sorry mbak Ine🙂

  13. emang gula pasir. hehehe…thks koreksinya. kemarin itu kurang lancar koneksi antara otak, mata dan jari:-))

  14. cantik tenan kuenya, mbak…..koyo nya, ilmu syl belum canggih tuk mencoba resep yang satu ini.apa kabar, mbak ine ?…….i miss u…. internet connection lagi kaputt put put terus mbakhiks… hiks.. hiks…

  15. kabar baik Syl, iya nih…Syl nggak nongol, kupikir lagi berburu foto ke pasar myamar.itu kue cantik karena dipikiri oleh 3 kepala🙂 (aku, Lenna dan Stella)kalau aku sendiri bikin, untuk diri sendiri, ngak di hias2 dah. karena kalau makan, butter cream di singkirkan untuk di buang sih.

  16. elkaje said: kalau aku sendiri bikin, untuk diri sendiri, ngak di hias2 dah. karena kalau makan, butter cream di singkirkan untuk di buang sih.

    aku juga kalo bikin kue, boro2x sempat dihias………begitu mateng, langsung ludes separo, langsung ga niat buat menghiasnya….enak-an juga dimakan langsung….huehehe

  17. ooooooalaaaaaahhh… loyangnya menggiurkan daku lagi niiiiihhh… hiks…

  18. foodngarden said: ooooooalaaaaaahhh… loyangnya menggiurkan daku lagi niiiiihhh… hiks…

    aku juga belum punya Fi, kemarin pakai loyang Stella, sampai sekarang masih ada di rumahku nih.

  19. mbak Ine .. itu ngocoknya sekaligus, apa mikser yg biasa2 aja bisa mbak?mikserku mikser abal2 niihh…

  20. anaklaut said: mbak Ine .. itu ngocoknya sekaligus, apa mikser yg biasa2 aja bisa mbak?mikserku mikser abal2 niihh…

    iya, kemarin ngocoknya sekaligus, pakai mixer gede. mungkin kalau adanya mixer kecil, dibikin pakai teknik sponge cake aja. tepung masuk belakangan. karena lumayan berat ngocok telur plus tepungnya.

  21. Ci Ine, kalo gak punya loyang domino, trus punya loyang bulatnya cuma satu, di panggangnya ngantri (gantian), boleh gak ya? (adonannya tetep dibagi 3 sih (2 bag putih and 1 bag coklat)nanti ditumpuk selang seling (kayak lapis surabaya ya….?) Namanya gak domino lagi dong ya….

  22. carla3 said: Ci Ine, kalo gak punya loyang domino, trus punya loyang bulatnya cuma satu, di panggangnya ngantri (gantian), boleh gak ya? (adonannya tetep dibagi 3 sih (2 bag putih and 1 bag coklat)nanti ditumpuk selang seling (kayak lapis surabaya ya….?) Namanya gak domino lagi dong ya….

    Carla, jenis sponge cake gini gak bisa ngantri, panggangan yang ke dua atau ke tiga bisa bantet karena keburu margarinnenya turun. jadi harus kocok satu persatu, tiap 1/3 bagian. Nah…kalau gak punya loyang domino, bikin aja 2 loyang kotak, trus di potong2, di bikin domino dengan di lem pakai selei. tapi ribet tuh.

  23. tanya donk…beli loyang dimana yach?..tante coba cari2 engga ada tuch…namanya sich?..mereka engga ngerti pas dibilang loyang domino…:((…saya tinggal di daerah jakarta pusat..kemayoran..

  24. eltjan said: tanya donk…beli loyang dimana yach?..tante coba cari2 engga ada tuch…namanya sich?..mereka engga ngerti pas dibilang loyang domino…:((…saya tinggal di daerah jakarta pusat..kemayoran..

    di Pasar Senen, toko loyang ACC.bentuknya loyang bulat biasa, tapi dalamnya ada sekat2, berupa lingkaran lebih kecil, lebih kecil dan lebih kecil lagi.

  25. coba lihat kursus domino di MPnya Lennahttp://cusson90.multiply.com/photos/album/9

  26. Salam kenal ja Mbak Ine, kuenya enak nich.

  27. dianlantinga said: Salam kenal ja Mbak Ine, kuenya enak nich.

    salam kenal, thks udah berkunjung ya Dian

  28. lina permalink

    salam kenal tante, saya mau Tanya mengenai resep ini, dulu saya pernah belajar juga di fortuna dengan resep yang sama setelah selesai kursus saya buat jadi,…. tapi saya sudah 7 tahun tidak buat, hari ini saya buat koq cair ya? begitu dituang ke dalam Loyang langsung mengalir adonannya, apa resep ini perlu pakai ovalet? sebab saya tidak gunakan kali ini (dulu pakai bagus) metodenya terigu dicampur diawal tidak dibuat sponge cake, terima kasih

    • Kalau pakai emulsifier (ovalet/TBM, sponge 28 dll) memang lebih mudah bikin cake, karena adonan telur teremulsi dengan baik dengan bahan lain.
      tapi bisa banget bikin cake tanpa emulsifier, kuncinya, kocok telur dan gula dengan speed sedang dengan waktu agak lama. hingga mengental. cirinya kalau adonan sudah siap di campur bahan lain, jika di colek jari, balikkan jarinya sehingga adonan menghadap ke bawah, tidak langsung menetes, itu tandanya.

Leave a Reply

