Skip to content

BRONGKOS

June 4, 2006

Description:
Brongkos ini salah satu lauk masa kecil yang sering tersaji di meja makan. Selain untuk lauk nasi, enak juga di makan dengan mie goreng kampung, yaitu mie goreng tanpa daging, hanya di masak dengan sayur kol dan seledri dengan lauk ‘kekian tepung’. Jadinya mie goreng nyemek kuah brongkos yang pedes gurih. Kayaknya gaya makan brongkos dan mie goreng ini khas jawa yang juga memadu padankan Pecel atau lotek dengan mie goreng.

Ingredients:
500 gram daging sengkel, rebus 1/2 empuk, potong 2 cm
200 gram tahu, potong-potong, goreng
100 gram buncis, potong 3 cm
700 ml air
400 ml santan kental (1 butir kelapa)
1 tangkai serai, dimemarkan
2 cm lengkuas, dimemarkan
3 lembar daun jeruk
2 cm jahe, dimemarkan
5 buah cabe merah besar, iris serong
5 buah cabe ijo besar, iris serong
garam secukupnya
3 sendok makan gula merah
2 sendok makan minyak untuk menumis
1 sendok makan asam jawa, di remas dengan sedikit air. (pakai airnya)

BUMBU HALUS:
5 butir bawang merah
5 siung bawang putih
5 buah kluwak, rendam air
1 sdm ketumbar
5 butir kemiri

Directions:
1. Tumis bumbu halus sampai harum bersama serai, lengkuas, daun jeruk, dan jahe.
2. Tuangkan santan dan air. Masak sampai mendidih sambil diaduk.
3. Masukkan daging, air asem, garam, gula merah dan cabe.
4. Masak sampai daging empuk, masukkan tahu dan buncis dan kuah mengental

kalau mau pedas, tambahkan cabe rawit utuh saat memasak daging.

29 Comments
  1. hehehe ….gara2 mbak ine dah posting ini … ga jadi nelpon ibuku mo tanya resep brongkos😀 thanks sharingnya ya mbak …

  2. brongkos sama rawon tuh sama ga ya?

  3. kuenyaoyan said: hehehe ….gara2 mbak ine dah posting ini … ga jadi nelpon ibuku mo tanya resep brongkos😀 thanks sharingnya ya mbak …

    pas dong Yan, postingnya🙂

  4. admonike said: brongkos sama rawon tuh sama ga ya?

    Beda.Brongkos bersantan, cuma nyemek nyemek kuahnya, dan dominan rasa gurih pedas.Brongkos barangkali khas jawa tengah ya.kalau Rawon, lebih banjir kuah, tanpa santan.

  5. kayaknya brongkos khas jateng yahh mbak?

  6. kok lucu namanya brongkos…kayak rawon kering gitu ya??? lha yang namanya brengkes apa ya mbak, kok kayaknya pernah denger brengkes…Eyangku yang ngomong kayaknya….

  7. Brongkos..oh brongkos..jadi kangen sama masakan satu ini..dulu alm simbah yang ngasuh aku dan saudara dari kecil sering banget bikinin kami brongkos seperti ini tapi karena yang makan anak-anak nggak dipakein cabe…

  8. evimeinar said: kayaknya brongkos khas jateng yahh mbak?

    iya Pep, jateng, mungkin daerah solo Yogya gitu. bukan dari pesisir utara

  9. estherlita said: kok lucu namanya brongkos…kayak rawon kering gitu ya??? lha yang namanya brengkes apa ya mbak, kok kayaknya pernah denger brengkes…Eyangku yang ngomong kayaknya….

    Brengkes itu kayaknya sebutan orang jawa thp pepes mbak. aku juga nggak yakin bener. cuma dulu dengar istilah pepes me mepes setelah pindah dari Solo. Sebelumnya aku cuma dengernya Brongkos dan brengkes bukan pepes.

  10. di sini n ggak ada brongkos Dew, kalau gak bikin sendiri.aku liat acara Bango cita rasa Nusantara, pak Bondan pernah turun ke bawah jembatan Tempel di daerah antara Yogya Muntilan, katanya warung jualan brongkos di situ enak. Penampilan brongkosnya juga meyakinkan.

  11. Kayaknya aku pernah tau sayur brongkos tp koq lupa yaaaa.Nti aku tanya Mami ku coba ya…thnx resepnya In!!

  12. elkaje said: Selain untuk lauk nasi, enak juga di makan dengan mie goreng kampung, yaitu mie goreng tanpa daging, hanya di masak dengan sayur kol dan seledri dengan lauk ‘kekian tepung’. Jadinya mie goreng nyemek kuah brongkos yang pedes gurih

    glek…nelen ludah aku bacanya, mba…sore2 begini lagi lapey-lapeynya…mau ah coba buat di rumah…

  13. Ibuku suka bikin brongkos juga tapi karena beliau dari Jatim, maka selain buncis dan tahu, dimasuki juga kacang tolo, labu siam, daun melinjo dan cabe rawit utuh. Itu brongkos versi daerah ibuku. Menurutku sih enak, apalagi makannya pake sambel tauge pendek dan kerupuk udang. Ada juga yang makannya malah pake telur asin. Di sini sih aku nggak bisa menikmati brongkos karena belum bisa nyari kluwek yang bagus kualitasnya. Pernah beli kluwek kering, tapi hasilnya malah pahit, nggak enak banget. Jadinya kapok, padahal pengin sekali makan masakan ini.

  14. kalau dimakan ama toge pendek dan krupuk udang, juga telor asin, jadinya kayak makan rawon ya ? Mungkin ini pengembangan dari rawon sayur ya ?omong2 apa artinya brongkos ya ?saya samsek blum pernah makan ini, kalau rawon sering…padahal ibuku asli surabaya lho…

  15. Ngi ler Bu Ine…..mau ah…

  16. Nggak tahu itu arti brongkos apa. Tapi di daerah ibuku (Ngadiluwih dan Kediri), bikin brongkosnya selain pake daging ya pake sayuran. Mungkin karena waktu itu ekonomi sulit ya, jadi orang kreatif, sayuran dimasukin. Kalau pake sayur selain murah, juga bisa dimakan lebih banyak orang. Terus terang aku malah suka ditambah sayuran karena menurutku lebih bergizi, nggak cuma daging thok. Menurutku yang bikin enak justru kacang tolonya. Jadi terasa gurih gitu. Malah kadang karena kreatifnya, ibuku kadang memasukkan juga rambak (atau krecek?). Mungkin yang terakhir ini sudah menyalahi pakem.

  17. Kalau pas ke daerah Wonosobo, di Parakan ada rumah makan namanya Mbok Carik (jl. Wonosobo)… brongkosnya terkenal lho. Teman makannya sama pecel, empal atau onderdil sapi komplit, & favorit saya telur opor. Tapi brongkos ala Mbok Carik ini cuma daging & jeroan aja, nggak pake sayur.

  18. mauuuu mauu… dulu kalo oma ku bikin pake kacang tolo tuh ci ine.. plus juga cabe rawit utuh2 gitu…duluuuu banget pas sd kyknya mamiku pernah beli brongkos ini di hero tomang.Tapi ituuu jadulll bangetttt ga tau skg masih ada ga..jadi kangennn brongkos tiba2…

  19. cutyfruty said: Ibuku suka bikin brongkos juga tapi karena beliau dari Jatim, maka selain buncis dan tahu, dimasuki juga kacang tolo, labu siam, daun melinjo dan cabe rawit utuh. Itu brongkos versi daerah ibuku. Menurutku sih enak, apalagi makannya pake sambel tauge pendek dan kerupuk udang.

    Bener, ada juga yang pake kacang merah. kayaknya sah-sah aja di masukin, enak aja tuh :-)kalau taoge pendek buat lalapnya, dan telur asin jodohnya, belum pernah tuh, lebih mirip cara makan rawon ya.

  20. estherlita said: kalau dimakan ama toge pendek dan krupuk udang, juga telor asin, jadinya kayak makan rawon ya ? Mungkin ini pengembangan dari rawon sayur ya ?omong2 apa artinya brongkos ya ?saya samsek blum pernah makan ini, kalau rawon sering…padahal ibuku asli surabaya lho…

    sama sama hitamnya dengan rawon, tapi citarasanya jauh beda mbak.brongkos lebih mirip sambal goreng yang nggak pedes, rasanya gurih ada sedikit asam dan manis.brongkos mungkin nggak ada artinya ya. ya cuma nama aja.

  21. cutyfruty said: Menurutku yang bikin enak justru kacang tolonya. Jadi terasa gurih gitu. Malah kadang karena kreatifnya, ibuku kadang memasukkan juga rambak (atau krecek?). Mungkin yang terakhir ini sudah menyalahi pakem.

    krecek? baru denger brongkos di cemplungi krecek, kayaknya enak nih.

  22. erm718 said: Kalau pas ke daerah Wonosobo, di Parakan ada rumah makan namanya Mbok Carik (jl. Wonosobo)… brongkosnya terkenal lho. Teman makannya sama pecel, empal atau onderdil sapi komplit, & favorit saya telur opor. Tapi brongkos ala Mbok Carik ini cuma daging & jeroan aja, nggak pake sayur

    kayaknya di jawa tengah emang brongkosnya di kasi sayur sekedar basa basi kog:-)ntar kalau pas lewat parakan, coba aku cari mbok carik.kabarnya brongkos di makan dengan bubur enak juga tuh. namanya ya bubur brongkos.

  23. olmaga77 said: jadi kangennn brongkos tiba2…

    bawaan bayi kali ya? hayo…cepetan masak, daripada ntar ileran….hehehe…amit-amit jabang bayi.

  24. Mb Ine, kalo di jogja, seringnya brongkosnya dimasukin kacang tolo, enak loh Mba…terus makannya pake telur asin……..walah jadi kangen sama brongkos ini…….

  25. agreatlife said: Mb Ine, kalo di jogja, seringnya brongkosnya dimasukin kacang tolo, enak loh Mba…terus makannya pake telur asin……..walah jadi kangen sama brongkos ini…….

    iya…ada yang pake kacang merah segala. nambah gurih2 gimana gitu.trus….krupuk juga jangan sampai lupa🙂

  26. jadi tahu kalu brongkos itu spt ini toh (kuper.com) he..he.. thanks.

  27. pokoknya…item bersantan dan rasanya gurih enak Dew:-))

  28. Buat Ine salam kenal, tadi pagi confrence rame2 di Yahoo nanya apa ada yg punya resep brongkos, eh dikasih Yami linknya…Jadi bisalah hari ini masak brongkos

  29. Hai, foto brongkosnya juga ada di Kompas Online….🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: