Skip to content

LASAGNA

June 4, 2006

Description:
Salah satu oleh-oleh dari Irma Rode yang nggak boleh diabaikan adalah Basil dan oregano yang bakal habis dalam jangka waktu tahunan saking banyaknya🙂 karena itu akhir2 ini sering2 dah bikin Lasagna, spagethi, pizza dll, apalagi anak2 doyan. Sekalian ngajari Yoke, dan foto ini Lasagnya bikinan Yoke.

Ingredients:
1 sdt minyak sayur
250 gr lasagna kering, siap pakai

Saus Daging:
2 sdm margarine
1 butir bawang Bombay, cincang
3 siung bawang putih, geprek cincang
300 g daging sapi cincang
500 g tomat merah, parut/blender
2 sdm tomat pasta
½ sdt oregano kering
½ sdt basil kering
½ sdt merica bubuk
1 sdm gula pasir
1 sdt garam

Saus Putih:
2 sdm margarine
75 g tepung terigu
600 ml susu cair
100 g keju Cheddar parut (pakai Old cheese Natura ala Gouda van sukabumi)
½ sdt merica bubuk
½ sdt pala bubuk
1 sdt garam

Taburan:
100 g keju Cheddar (kami pakai Old cheese Natura ala Gouda van Sukabumi)

Directions:
1. Didihkan air bersama minyak. Rebus lasagna hingga lunak. Angkat, tiriskan. Pisahkan satu dengan yang lain agar tidak lengket. siram air dingin. Sisihkan.
2. Saus Daging: Panaskan margarine, tumis bawang putih dan bawang Bombay hingga layu dan harum. Masukkan daging cincang. Aduk hingga berubah warna. Tambahkan tomat parut,tomat pasta, dan bumbu. Aduk dan masak hingga daging matang dan mengental. Angkat. Sisihkan
3. Saus Putih: Panaskan margarine hingga leleh. Masukkan terigu, aduk hingga rata. Tuangi susu sedikit-sedikit sambil aduk-aduk hingga kental. Tambahkan keju dan bumbu, aduk hingga kental. Angkat.
4. Penyelesaikan: Siapkan pirex ukuran 22X22X6 cm, olesi dengan margarine. Susun 1/3 bagian lasagna, ratakan lapisannya taruh 1/3 bagian saus daging taruh 1/3 bagian saus putih. Ulangi susunan ini hingga bahan habis, di atas saus putih di taburi keju cheddar.
5. Panggang dalam oven panas 180 C selama 30 menit, dan Keju agak kecokelatan.

From → Masak, Mie/Pasta

32 Comments
  1. hmmmm enakkkk

  2. evimeinar said: hmmmm enakkkk

    apalagi bikinan anak sendiri, hasil didikan kita, hatiku tambah berbunga bunga🙂 Bangga gitu lho.

  3. wah hebat udah mulai belajar masak dari usia dini, bagus ya mbak ada interest masuk dapur, kebanyakan kan ada cuek ama dapur ntar kalau udah married aja baru pontang panting cari resep kayak di member milis tetangga kalau saya baca cerita member2 yang muda2 usianya rada2 belagu….bangga akan kebodohannya sendiri….

  4. aduhhh. udah cantik dan menuruni bakat masak dari mamanya pulak hehehehehehe🙂

  5. Waduh…emang mbak Ine ini ibu yang hebat!!! mudah-mudahan Ruth ntar juga mau rajin masuk ke dapur yach…ehm..lasagna nya menggoda sekaleeee…

  6. estherlita said: saya baca cerita member2 yang muda2 usianya rada2 belagu….bangga akan kebodohannya sendiri….

    iya mbak betul, kemaren aku diceritain mamaku kalo ketemu orang indo di sini yang baru mo married, mamaku tanyain, “Kamu ngapain aja di rumah? blajar masak dong?!” trus dijawabin, “Wah sorry tante aku mah ga hobi masak, lagian kan suamiku yang hobi, aku mah jadi tukang makannya aja dong!” duh bangga banget, dalem ati aku pikir berarti kita yg belajar masak tergolong orang tolol dong hehehehehe

  7. estherlita said: bagus ya mbak ada interest masuk dapur, kebanyakan kan ada cuek ama dapur ntar kalau udah married aja baru pontang panting cari resep

    biar nggak malu2in kalau ntar punya mertua pinter masak kayak mbak Esther. hihihi….mbak, dari kecil aku tak pernah melarang dia ikut main sayur kalau aku masak, pingin motong, juga aku ajari motong dnegan diawasi ketat spy nggak celaka. Jadi…dia juga nggak takut2. bahkan pingin ikutan masak, aku pasangi bangku, ikut pegang susuk, dekat wajan, merasakan hawa panas kompor.sama2 diperlakukan gitu, Rachel gak minat ama masak, lebih demen pasang garnish, hias menghias.

  8. cusson90 said: aduhhh. udah cantik dan menuruni bakat masak dari mamanya pulak hehehehehehe🙂

    biar nilai cantiknya nambah Len :-)) kan mertua jadi tambah sayang :-))

  9. dewijoris said: mudah-mudahan Ruth ntar juga mau rajin masuk ke dapur yach…ehm..lasagna nya menggoda sekaleeee…

    bisa di atur. hehehhe…. Yoke dan Rachel dari kecil mainannya ampas kelapa di warna warni buat main masak2an. air di warna warni main sirup2an.aku gak peduli rumah kotor, yang penting seneng. gede dikit dia minta masak beneran.

  10. orientale said: “Wah sorry tante aku mah ga hobi masak, lagian kan suamiku yang hobi, aku mah jadi tukang makannya aja dong!” duh bangga banget, dalem ati aku pikir berarti kita yg belajar masak tergolong orang tolol dong hehehehehe

    apalagi beli aja gampang, angkat telpon, masakan tersedia di meja.itu mah orang2 yang nggak ngerti seninya masak Yam, dipikir masak itu kerja rendahan tanpa perlu pake otak. hihihihi…Padahal semua ilmu dipake ya.

  11. Hmmm ini lasagna kesukaan ku, soalnya resepnya juga ampir sama, berarti rasanya ampir sama haaaaa..alias dach kebayang maksud nya heeee.Di makannya ama salad segar wahhh enakkkkkkk. bener In..anak dr kecil kudu di biarin bantuin masak, spy dia terbiasa en ngerti lebih banyak. jangan kayak aku nih,,,,,kalo masuk dapur ama si mami di usir heee katanya malahan ngerusuhin weleh welehhh.Jadi nya aku kagak bisa masak ampe dach gede…nah pas ke NZ kagak ada yg masakin, baru dech aku belajar masak sendiri. Tapi ya untungnya meski sering diusir dari dapur si mami…..ternyata aku ada jiwa masak jadi ya aku seneng banget sekarang masak..nyoba ini itu en rasanya bangggaaaaa amattttt.Malahan si mami suka bilang ” nggak sangka anak itu malahan pintar masak “Yach sebenarnya nggak pintar masak sih..tapi bisa lahhh, daripada kagak bisa sama sekali. Maka aku suka bingung ama org yg kagak suka masak atau kagak mau masak….apa enak ya kayak gitu???????

  12. orientale said: duh bangga banget, dalem ati aku pikir berarti kita yg belajar masak tergolong orang tolol dong hehehehehe

    Iya Yami, setuju…..Kalau saya orang kuno kali ya…selalu mikir bahwa sayang sekali wanita yang gak mau belajar masak, padahal biasanya cinta suami itu banyaknya datangnya dari perut lho….Kadang gak perlu hobbi masak yang penting bisa aja, jadi kalau suami pengen dimasakin apa kita bisa, dan biasanya suami suka banget kalau istrinya yang masakin apalagi anak2 biar gak enak juga kalau ibu yang masak jadi suka….Saya agak risih kalau orang mikir masuk dapur itu hal yang terkebelakang, seolah kalau gak sekolah ya masuknya kedapur doang, malah kayaknya orang tolollah yang didapur….kayak ceritamu itu….jadi pada saat mereka butuh masuk dapur baru ribut membanggakan ketidak bisaannya dengan cara yang aneh menurutku…kan gak ada salahnya gak bisa ya gak bisa, terus ya belajar…lha wong saya aja baru bisa masak sudah gede, abis mamiku gak suka masak….lagi gadis aku masak sayur asem dibilang capcay saking gak enaknya….tapi saya gak bangga akan itu saya prihatin kenapa ya kok bisa gitu….jadi bukan bangga akan ketololan sendiri tapi prihatin…Makanya saya belajar sana sini untuk bisa masak sampai sekarang ini, laper ilmu kuliner banget deh ah. pizzzz ah….

  13. doh, ini nih makanan favorit. ah, mo praktek ahhhhh….😀

  14. elkaje said: biar nggak malu2in kalau ntar punya mertua

    *celingukan nyari mantune…..*asyiknya ya punya anak perempuan, bisa barengan masak….ngiri.com

  15. Yammi yammmi…..sedap…..lapar ya jadinya!!!

  16. marienapayne said: jangan kayak aku nih,,,,,kalo masuk dapur ama si mami di usir heee katanya malahan ngerusuhin weleh welehhh.

    nah itulah, aku ini kerja, waktu buat main sama anak sedikit, jadi…kalau lagi masak, sekalian ngajakin anak main, dia dilibatkan. lama2 seneng kog, nggak ngrepotin.beruntunglah kamu masih punya minat juga buat masak. jadi…masih bisa mengejar ketertinggalan.

  17. estherlita said: Kalau saya orang kuno kali ya…selalu mikir bahwa sayang sekali wanita yang gak mau belajar masak, padahal biasanya cinta suami itu banyaknya datangnya dari perut lho….

    BETUL!awal KJ pdkt kan karena selalu liat lunch box ku saat kami sama2 ngajar dulu:-)dia tanya, :dimasakin ya? enggak masak sendiri!emang bisa?mau bukti? hayo ke rumah!eh….berlanjut.

  18. estherlita said: *celingukan nyari mantune…..*asyiknya ya punya anak perempuan, bisa barengan masak….ngiri.com

    anak laki juga bisa di ajak kan mbak? atau sabar aja…ntar ngajak mantu aja mbak. hihihi…..

  19. glennsean said: Yammi yammmi…..sedap…..lapar ya jadinya!!!

    lho kok Yami dipanggilin sih……*kabuuurrrr pizz ah Yami*

  20. wahh hebat Yoke dah bisa bikinin Lasagna buat maminya.. duhh ikutan terharu “lhoo apa sihh”?? heheh.. tp bener lho mbak..aku ngebayangin….hiks. bentar lagi mantu deh.. kan katanya klo punya anak pertama perempuan, cepet jadi nenek..kekekekek…

  21. Iya Bu Esther dari pada panggil….Esther….Esther….kan susah juga…..hi hi hi…

  22. glennsean said: Iya Bu Esther dari pada panggil….Esther….Esther….kan susah juga…..hi hi hi…

  23. wah bakat mami didapur turun ke Yoke nih, good job.

  24. hehehe…pinginnya gitu Dew, tapi tergantung si anak juga. masih angin-anginan.

  25. Senengnya Yoke punya ibu seperti Ci Ine yg jago masak 🙂 Saya seneng masak, tapi mami saya ngga suka masak. Untung ikutan milis, jadi lumayan deh bisa belajar. Dan yg jelas, suami tambah sayang 🙂

  26. keluargakusnadi said: Untung ikutan milis, jadi lumayan deh bisa belajar. Dan yg jelas, suami tambah sayang🙂

    tambah hemat, dan lebih higienis ya Deb.

  27. Iya betul Ci Ine. kalu makan di luar, porsinya kecil, makan belum puas 🙂 Kalau masak sendiri, dgn harga sama, porsinya berkali2 lipat dan rasanya bisa disesuaikan 🙂 Makan di luar hanya utk makanan yg ngga bisa masak sendiri 🙂

  28. aq dah cobain nih mba lasagnanya, kebetulan pas ultah ak buat trs bagi2 ama bosku….hhmmm…yummie pas banget rasanya. Enak bener yang deketan rumah ama mba Ine …hi hi hi hi …:D *sambil ngelirik Lenna*

  29. lho…kenapa Lenna di lirik? hihihihi….. biarpun deketan, kita ini jarang2 ketemu, pada banyak acara.trus…kapan ultah lagi? hehehehe

  30. mba, saya lagi belajar masak nih, suka gak Pede kalau abis bikin2 kue gitu,kadang diabisin aja sendirian hihihii…. kadang suami kalau makan gak pernah komen sih,makan ya makan aja hihihi jadi binun..suka,enak atau doyan..atau laper yah??..hahahha..palingan anak ku aja yang kecil 2.5th yang jadi bahan uji cobanya,kalau dia minta tambah berarti enak,kalau gak mau lagi berarti rasanya ancur heheheheh..

  31. withwulan said: mba, saya lagi belajar masak nih, suka gak Pede kalau abis bikin2 kue gitu,kadang diabisin aja sendirian hihihii…. kadang suami kalau makan gak pernah komen sih,makan ya makan aja hihihi jadi binun..suka,enak atau doyan..atau laper yah??..hahahha..palingan anak ku aja yang kecil 2.5th yang jadi bahan uji cobanya,kalau dia minta tambah berarti enak,kalau gak mau lagi berarti rasanya ancur heheheheh..

    Wulan,pede aja lagi, toh yang jadi “korban” masih keluarga sendiri. taruh deh, di kritik nggak enak… yang tahu juga keluarga sendiri, lain kali bikin lagi belajar dari kritikan tsb.kalau udah di terima keluarga, baru deh…jadikan para tetangga atau saudara korban berikutnya. hehehehehe…..

  32. aku contek lagi resepnya Mbak…kemerin macaroninya laku banget. Anak-anak mang suka banget sama pasta-pasta gini. Thx

Leave a Reply

