Skip to content

MOCCA TART

June 4, 2006

Description:
Ngiler dengan Moca tart mbak Esther, kebetulan juga pertengahan bulan Tanti ngasi hadiah Moca ekstrak seruni yang kudambakan dari Suroboyo…hiks… terharu banget, karena Tanti begitu perhatiannya.

Cakenya dari Taiwan cake yang lembut, trus pakai whipped creamnya Lenna yang dihibahkan untukku. Jadilah cake ini subsidi dari sana sini, waktu ngicippun jadi penuh haru. Thks ya teman2

untuk rasa pahit moka di dapat dari moka ekstrak seruni. untuk harumnya moka, di perkuat dengan moka pasta.

Rachel ikut bantu menabur kacang bentuk hati di tengah.

Penasaran dengan pertanyaan Yanna, kenapa kempis. Waktu pertama bikin cake taiwan bareng2 Lenna dan Stella, pakai oven gede yang mantap dan merata panasnya. Bagus hasilnya.
Yang ini pakai oven kecil yang ecek2, keluar dari oven setinggi 6 cm, setelah dingin nyusut tinggal 4 cm. bener2 keriput , sebel deh. setelah di tutup whipped cream emang nggak kelihatan, tapi nggak bantet kog. tetep enak lembut. tapi….tetep penasaran. entah karena pengocokan telur, entah karena suhu. ntar coba bikin lagi aahhhh……

Ingredients:
Bahan A :
100 gram terigu segitiga
80 gram butter (40 gr butter, 40 gr margarine)
100 gram susu evaporated (kemarin pakai bear brand)
160 gram kuning telur (kira kira 10 butir kuning)
40 gram putih telur (kira kira dari 1,5 butir putih telur)

Bahan B :
200 gram putih telur
150 gram gula pasir
1/2 sdt garam

Aroma :
1 sdm Moca pasta
3 sdm Moca ekstrak

Filling &Topping:
whipped cream
moka ekstrak dan moka pasta

Directions:
Directions:
1. Siapkan 2 loyang bulat garis tengah 20 cm, alasi dengan kertas roti
dan poles mentega pinggirnya. (hasilnya masing2 tinggi 4 cm)
2. Panaskan butter sampai butter larut, jangan sampai mendidih. Matikan api.
3. Langsung masukkan terigu segitiga, aduk rata dengan menggunakan whisk.
4. Setelah adonan butter dan terigu merata, masukkan susu , aduk
rata.
5. Masukkan kuning telur secara bertahap, aduk rata, yang terakhir
masukkan putih telur, aduk rata dengan whisk.
6. Setelah semua adonan dari bahan A rata, sisihkan, biarkan dingin.
3. Panaskan oven sampai 180 derajat celcius
4. Kocok putih telur, gula pasir dan garam ( Bahan B ), sampai putih
telur kaku dan kalau wadahnya dibalik, adonan putih telurnya tidak tumpah.
5. Campur adonan Bahan A dan bahan B, aduk balik dengan spatula sampai rata.
6. Bagi dua adonan dan masukkan ke loyang,
7. Langsung masukkan ke oven dan panggang sampai matang. (suhu 180 sampai 200 derajat, selama kira kira 20-25 men)
8. Setelah matang, dinginkan cake di rak kawat.
9. Hias dengan whipped cream sesuai dengan selera.

From → Cake, Kue

44 Comments
  1. duhhh kyknya kalo pulkam mesti beli moccha estrak seruni nehh mbak…. abis promo mbak Ine kenceng bener nehhh

  2. Nah lho, kok bisa turun yach? Waktu bikin bareng-bareng, bagus bener jadinya. Apa yg salah neh ci ine? Waktu pertama bikin bareng, suhunya brp? Trus manggangnya brp menit sih? Aku ga perhatiin waktu manggangnya……hehehe.

  3. Canteknya kuenya….emang kayaknya mesti ngulik di apinya kayaknya….ta[i adonan soufle gitu sih rawan turun ya ?Saya pake mocca pastanya wilton juga lumayan…gak ngerti juga apa bedanya ama seruni…? lebih enak kah ? dulu malah biasa pake yang merek toffieco….

  4. hehehe ….penasaran nih mbak ine …. aku juga mo coba lagi ah ..dengan extra perhatian pas ngocok putih telurnya …..thanks mbak …

  5. cantik tenan kuenya, mbaktaiwan cake nya menggoda untuk dicoba, tapi rasa takut masih mengintai setelah gagal bikin devil’s cake😦

  6. Kuenya cantik dan kayaknya yummy banget deh…ntar klo udah punya oven mo nyoba bikin hehehehe..

  7. mbak, kayake panas oven pengaruh bener itu deh…sama kocokan putih telurnya harus sampai kaku sekaku2nya huahahahahahha🙂

  8. panasnya panas betul ( 200’C) atau panas 180? kalau putih telurnya hard peak ya ntar aku coba…

  9. bukan cuma cantik tapi lagi membayangi enaknya😀

  10. evimeinar said: duhhh kyknya kalo pulkam mesti beli moccha estrak seruni nehh mbak…. abis promo mbak Ine kenceng bener nehhh

    ini lebih karena rasa sentimentil Pep. masa kecil minumnya susu segar hangat pakai moka seruni. trus…nggak ada penggantinya lagi, cuma seruni yang produksi.

  11. cikciks said: Nah lho, kok bisa turun yach? Waktu bikin bareng-bareng, bagus bener jadinya. Apa yg salah neh ci ine? Waktu pertama bikin bareng, suhunya brp? Trus manggangnya brp menit sih? Aku ga perhatiin waktu manggangnya……hehehe.

    kayaknya suhu berpengaruh. waktu itu suhu 200 derajat. sama spt bikin sus.waktu cuma 25 menitan.

  12. estherlita said: Saya pake mocca pastanya wilton juga lumayan…gak ngerti juga apa bedanya ama seruni…? lebih enak kah ? dulu malah biasa pake yang merek toffieco….

    seruni itu lebih spt ekstrak, kekuatan pada rasa. Wangi masih harus dibantu moka pasta mbak.tart ini bukan cuma wangi moca, tapi ada rasa moca-manis semu pahit dikit.

  13. kuenyaoyan said: hehehe ….penasaran nih mbak ine …. aku juga mo coba lagi ah ..dengan extra perhatian pas ngocok putih telurnya …..thanks mbak …

    Yan, dibikin kaku sekaku kakunya. panas oven sepanas panasnya. hihihihi….. heran aku, waktu pertama bikin bertiga sambil cekikak cekikik kagak dipikirin blas…bagus lho.kemarin aku pikirin bener2 terpengaruh pertanyaanmu, lha kog kempes. tapi tetep enak kog.

  14. sylviegill said: taiwan cake nya menggoda untuk dicoba, tapi rasa takut masih mengintai setelah gagal bikin devil’s cake😦

    Syl, ini paling banter pakai 10 butir telur, dan prinsipnya gampang kog. layak di coba. Lha kemarin kan Syl dah bikin African Gatau berhasil bagus tuh.

  15. dewijoris said: Kuenya cantik dan kayaknya yummy banget deh…ntar klo udah punya oven mo nyoba bikin hehehehe..

    Bener Dew, layak di coba, tanpa emulsifier sama sekali tuh.

  16. cusson90 said: mbak, kayake panas oven pengaruh bener itu deh…sama kocokan putih telurnya harus sampai kaku sekaku2nya huahahahahahha🙂

    itu pula kecurigaanku Len. mesti dibuktikan lagi. Pingin bikin cake pandan Vla kayak bakery Dinamic yang yummy itu.

  17. estherlita said: panasnya panas betul ( 200’C) atau panas 180? kalau putih telurnya hard peak ya ntar aku coba…

    kayaknya 200 derajat mbak.

  18. Ineeeeeeeeee……..ya amplop…kue nya cantik sekaleeeee. Menggoda n membuat aku menderita. Pokoknya aku janji ach nti balik Indo aku hrs belajar buat bolu enak n cara menghiasnya. Kamu tau nggak Ine, di daerah BSD tempat kursus kue yg bagus di mana yach?Soalnya kalo ke kelapa gading..ke tempat mu..kejauhan hoaa hoaaaa hoaa.Enak ya In kalo bisa bebuatan macam macam. Kamu untung banget dech.

  19. ooo seruni itu sirop tho mbak…wah jadi inget jadul ada sirop mocca endang apa ya lupa mamieku kalau makan alpukat dikasih sirop itu tapi sekarang udah gak jual lagi…

  20. Mbak Ine ,iya kayaknya di suhu oven kali yah seperti yang mbak Ine sebutkan 200 c seperti buat kue sus soalnya model adonannya mirip, soalnya saya bikin resep ini dua kali resep ini kok kempes, saya mau nyoba lagi oven 200 c, penasaran nih. Mbak Ine , mau nanya nih kuenya apa hasilnya basah-basah gitu, sorry nih nanya terus,abis penasaran mau coba lagi Trims yah mbak.

  21. Ini enak dipandang tapi gak enak di pegang…..takut kilonya tambah…..kaburrrrrrrrr……

  22. marienapayne said: Ineeeeeeeeee……..ya amplop…kue nya cantik sekaleeeee. Menggoda n membuat aku menderita. Pokoknya aku janji ach nti balik Indo aku hrs belajar buat bolu enak n cara menghiasnya. Kamu tau nggak Ine, di daerah BSD tempat kursus kue yg bagus di mana yach?Soalnya kalo ke kelapa gading..ke tempat mu..kejauhan hoaa hoaaaa hoaa.Enak ya In kalo bisa bebuatan macam macam. Kamu untung banget dech.

    aku buta daerah BSD Rien. ntar kalau pas balik, janjian ketemuan, praktek bareng2 aja. Kursus belum tentu juga memuaskan. hehehehe….

  23. estherlita said: ooo seruni itu sirop tho mbak…wah jadi inget jadul ada sirop mocca endang apa ya lupa mamieku kalau makan alpukat dikasih sirop itu tapi sekarang udah gak jual lagi…

    mau dibilang sirup, lha wong nggak manis. makanya judulnya Moka ekstrak Seruni.ini enak banget buat makan alpukat,. ntar aku upload fotonya deh mbak, dari dulu sampai sekarang etiket yang nempel di botol tak berubah lho.

  24. tukangkue said: mau nanya nih kuenya apa hasilnya basah-basah gitu, sorry nih nanya terus,abis penasaran mau coba lagi Trims yah mbak.

    basah basah? enggak tuh, ini kuenya kayak sponge cake aja, tapi lebih lembut teksturnya.

  25. glennsean said: Ini enak dipandang tapi gak enak di pegang…..takut kilonya tambah…..kaburrrrrrrrr……

    huahahaha….bener…bener… tapi aku beruntung juga anak2 dan suami doyan. mereka yang di suruh makan banyak2. aku cuma sepotong aja.

  26. Sabtu kemaren kita buat cake taiwan juga mbak, iya lembut bangett deh. Tapi kemaren bikin yg versi coklat. bulan depan mo masak bersama lagi tp kali ini bukan kue2an.(blengerr.com) tp mo coba masakan.. hehehhe.. masakan menado+somay+batagor. btw, itu mocca seruni pahit gitu??

  27. wahhhh thnx banget ya Ine, dach mau ngajarin aku. mungkin aku pulang tahun depan sambil bawa bayi haaa………. Nti aku kabarin kalo aku mau balik ya In….thnx sekali lg.Aku kgk tahan adja lihat bolu mu cantik2 gitu.

  28. cicipcicip said: Sabtu kemaren kita buat cake taiwan juga mbak, iya lembut bangett deh. Tapi kemaren bikin yg versi coklat. bulan depan mo masak bersama lagi tp kali ini bukan kue2an.(blengerr.com) tp mo coba masakan.. hehehhe.. masakan menado+somay+batagor. btw, itu mocca seruni pahit gitu??

    bikin cake taiwan group DM ya?:-)) hayo crita2 dong di blogmumocca seruni itu bukan macam sirup yang muanis. lebih dominan rasa mocca ketimbang manisnya. pahit2 gitu.

  29. kalo tanpa emulsi, aku mauuuuuuuuuuuuu… lah ga modal emulsi emulsian. **print out**

  30. tapi mocca pasta diganti sama apa ya mbak? aku tanya di milis soal bikin pasta begituan ga ada yg jawab. eh, lenna ding yang japri. tapi blum nemur esepnya kayaknya dia. aku ga pernah nemu sih pasta2 di sini. kalo essence aku bisa cari.

  31. katanya kalau mocca itu diganti ama kopi campur caramel…rasanya mirip lho….

  32. nah tuh…pakar udah kasi petunjuk. hehehe….bener mbak, ingat pabrik es cream milik kakekku. aku ingat banget secara berkala kakekku bikin mocca sendiri.- bikin espresso dulu, pakai saringan tradisional.- bikin karamel di wajan tebal, setelah gula meleleh, tuang kopinya, masak sampai gula larut dan menyatu.sayang aku gak tahu ukurannya.setelah itu buat campuran es cream, biar wangi kasi essense mocca lagi

  33. oo mbak ukurannya itu aku juga gak pernah ngukur soale cara barbar aja…yang penting bikin aja caramel. lalu tambah dikit2 kopinya…kalau udah pas dilidah udah rasa moccanya, ya setop kopine…jadi penasaran pengen ngukur berapa2 nya…tapi kata syapa lupa lagi susah ngukurnya karena bikin karamel kan susah standar, kadang rada pahit kadang rada manis, maka kopinya tetep aja harus pelan2 ngasihnya.tapi kalau mbak Ine punya kakek lha wong pabrik ya mestine udah sering bikin udah tau trik2nya bikin caramel yang tetep rasanya….

  34. estherlita said: tapi kalau mbak Ine punya kakek lha wong pabrik ya mestine udah sering bikin udah tau trik2nya bikin caramel yang tetep rasanya….

    masa itu aku masih kecil, cuma liat aja nggak terlibat dan nggak nanya2. jadi cuma tahu cara nggak tahu ukuran juga, bahkan sampai sekarang belum pernah bikin sendiri mbak.Nunggu resep mbak Esther aja aaahhhh….. *keliatan malesnya*

  35. kalo gitu aku bisa maju nih hihihi… tadinya pasta moca mau aku ganti sama coklat aja tak campur sama air panas dan essence moca hihihi…

  36. kue nya cantik, pasti enak krn pake mocca.mocca seruni belinya dimana ya kalu di jkt, siapa tau pas pulang bisa nyetok.he..he..

  37. wah…mbak ine kuenya enak banget tuh… kapan2 pingin coba ah…🙂

  38. Kalau turun begitu itu, sebenarnya salah dari adonan atau salah dari ovennya. Maksudku kurang pas gitu. Aku kepengen belajar tentang kenapa cake bisa turun padahal adonannya baik, begitu juga saat di tengok di dalam oven, mengembang dengan baik juga, tapi begitu kena udara dingin, huaduuh… gembeees.. trus keriput keriput. Pernah aku tanya satukali di tukang oven yang memeberi kursus masak. Kenapa begitu. Kata dia, berarti panas di ovennya tidak merata. Walah, kukira semua oven sama saja bentuknya, pemanasannya juga sama. Lha ternyata kok beda yaaa… hauuu… bisa nangis nangis deh kalau rotinya jadi gembes gitu yaa.. apalagi yang makan banyak kuning telur, ngajak bangkrut namanya…😥 hiiiks..

  39. beruang said: Aku kepengen belajar tentang kenapa cake bisa turun padahal adonannya baik, begitu juga saat di tengok di dalam oven, mengembang dengan baik juga, tapi begitu kena udara dingin, huaduuh… gembeees.. t

    iya Jo…sana belajar yang rajin, ntar elmunya di tularkan ke aku. hihihi…aku juga curiga ama ovennya Jo. karena saat pertama bikin dengan resep yang sama, pakai oven yang gede, bagus hasilnya. yang ini bikin pake oven kecil. setelah itu belum nyoba lagi.

  40. Halo ci ine salam kenal nih, saya coba kue ini hasilnya sama juga pas keluar darii oven kuenya jadi keriput ovennya sekitar 180 c fan forced oven, jadi kurang lebih 200c oven biasa. Ngeliat dibuku betty crocker katanya sih bisa karena kurang tepung apa iya ?? Kalau menurut ci ine gmn?Sayang yah padahal kuenya enak lho.

  41. clarimel said: Halo ci ine salam kenal nih, saya coba kue ini hasilnya sama juga pas keluar darii oven kuenya jadi keriput ovennya sekitar 180 c fan forced oven, jadi kurang lebih 200c oven biasa. Ngeliat dibuku betty crocker katanya sih bisa karena kurang tepung apa iya ?? Kalau menurut ci ine gmn?Sayang yah padahal kuenya enak lho.

    hai Ria, aku belum coba lagi untuk menaklukan cake taiwan ini. tapi dalam waktu dekat…akan aku coba lagi.kalau liat percobaan pertama yang sukses tidak keriput, kayaknya bukan karena tepung, tapi ada trik…entah di pengocokan telur putihnya atau di pengadukannya.*masih penasaran*

  42. Mbak Ine tar kalo ke sby cobain moka Libra. lebih wangi daripada seruni, rasanya juga nonjok. keluargaku paporit si Libra ini

  43. mylianov said: Mbak Ine tar kalo ke sby cobain moka Libra. lebih wangi daripada seruni, rasanya juga nonjok. keluargaku paporit si Libra ini

    pasti Li, mbawanya juga lebih gampang ya!

  44. Cik Ine,Tolong tanya ya, apa bedanya moca ekstrak dg pasta?Karena di toko bahan kue, baik moca pasta maupun ekstrak bentuknya cair.moca seruni yang tacik pake cair kan?kalo pengertian saya yang kurang ngerti🙂 bukannya moca pasta harusnya kayak krem kental? jadi saya ragu2 mau beli dan nyoba resep ini.Terima kasih ciksalam, nana

Leave a Reply

