Skip to content

Moscovis Kompromi

June 11, 2006

Description:
Tujuannya sih bikin Moscovis, tapi ….. gak sempat search resepnya. Syukurlah ada resep Lapis Legit ala Nenek nya Lenna. Pakailah resep ini untuk bikin moscovis.

Saat mulai bikin, anak2 mengintervensinya….ogah pakai buah2an kering. Sementara si emak udah kemecer makan moscovis. Maka di buat kompromi, bikin seloyang 2 rasa.

Loyang di tandai dengan spidol, sisi mana yang di tabur buah, sisi mana yang dibiarkan polos. Saat menabur pun harus hati2 jangan melewati batas, kalau nggak mau di cemberuti anak🙂

Resep aku modivikasi sedikit, hasil akhirnya emang enak…lembut membelai lidah.

Resep lain: LAPIS LEGIT KEJU

Ingredients:
600 gr Butter dan margarine
30 Kuning telur
2 putih telur
250 gr gula pasir halus
100 gr tepung terigu
3 sdm susu kental manis
1 sdm vanili ekstrak
1 sdm bumbu spekoek
100 gr mixed fruit
30 gr kenari

Directions:
1. kocok gula dan telur hingga putih mengembang. sisihkan
2. Kocok butter dan margarine dan susu kental manis hingga putih pucat
3. tambahkan tepung terigu pada adonan telur, sedikit demi sedikit sambil di aduk dengan spatula sampai rata
4. tambahkan adonan butter kocok, aduk rata.
5. Siapkan loyang 20X20X7 cm, di alasi kertas roti, di oles margarine
6. timbang 80 gr, tuang pada loyang yang dasarnya sudah di lapis dengan kertas roti dan margarine, ratakan
7. Panggang dengan api bawah, hingga bagian atasnya mengering.
8. Tuangkan lagi 80 gr adonan, taburkan buah kering, panggang dengan api atas saja hingga kecoklatan bagian atasnya (kira kira 5-7 menit)
9. Setiap akan menuang adonan, kue diloyang di tekan2 dengan alat penekan lapis legit, supaya rata. Lalu kue di oles dengan butter, menggunakan kuas hingga rata. Baru di tuang adonan.
10. Apabila saat pemanggangan terbentuk gelembung pada kue, tusuk menggukanan tusuk gigi, agar udara yang terperangkap bisa keluar dan kue rata.
11 Pada foto kelihatan, pada lapisan terakhir, terjadi gelembung dan udara tsb tidak dikeluarkan, hasilnya satu lapisan terakhir menggembung.
12. Lapisan ter atas, taburkan kenari, panggang menggunakan api bawah, selama 10-15 menit.

From → Cake, Kue

56 Comments
  1. elkaje said: Fi, sekalian nanya, katanya itu ayam makin lama betelur, ukuran telurnya makin jumbo ya? karena cetakannya udah makin melar. emang begitu? hihihihi….naifnya diriku.

    kalo ayamnya makin lama makin gede ya produksinya makin lama makin gede juga. kadang ayam betina yg udah ‘matang’ suka bertelur lebih dari 70g satu butirnya dan biasanya ada 2 kuning telur. kalo yg masih 9 bulanan biasany ya paling1 50g an deh. ada yg masih nyoba2 bertelur, halaaaah mirip telur burung puyh kecilnya hihihi…

  2. elkaje said: selamat Fi…dah ada orderan. Silakan di contek

    hehehe ini baru untuk contoh aja kok. aku juga diminta bikin lapis surabaya sama cheese buttonnya femmy. mau aku coba, cari nama dulu ke ibu2 di auckland.

  3. ci ine, akunya cuma punya otang, tapi pengen coba lapis ini trus gimana dong solusinya? help… help… udah kebelet pengen coba.

  4. gekjyoti said: ci ine, akunya cuma punya otang, tapi pengen coba lapis ini trus gimana dong solusinya? help… help… udah kebelet pengen coba.

    hiks….piye ya… otang yang sekarang ini, ada yang bagian atasnya dibuat cerukan untuk naruh bara arang. otangmu ada nggak?

  5. ada ci, ada bolong2nya, katanya iya utk isi arang, pake arang apa ci?arang batok atau arang kayu? hee hee aku tu kalo nanya mesti berlapis-lapis ya ci? mohon maklum masih play group.

  6. gekjyoti said: ada ci, ada bolong2nya, katanya iya utk isi arang, pake arang apa ci?arang batok atau arang kayu? hee hee aku tu kalo nanya mesti berlapis-lapis ya ci? mohon maklum masih play group.

    konon katanya…arang batok itu baranya lebih panas ketimbang arang kayu.entahlah…ini mah kata tukang sate. aku jarang pake arang sih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: