Skip to content

Smoked Chicken Salad ala Rachel

July 17, 2006

Description:
Sabtu siang, Rachel minta dibikinin salad. Aku langsung turutin, karena kayaknya segar juga siang2 makan salad, dan bahan semua ada di lemari es. Tapi dengan syarat….dia harus habiskan dulu sandwich, sarapan paginya yang terlantar.

Sandwichnya, 2 potong roti isi smoked chicken, cuma di makan sepotong, karena dia keasyikan main game, Tak kurang akal, Rachel bilang, rotinya di potong kecil2 di keringkan aja, ntar di makan dengan salad, pasti habis.

OK, pokoknya, jangan sampai membuang makanan dah. Setelah bikin salad dressing, dan meraciknya, Rachel minta rotinya di tambah olesan margarine, potong dan di keringkan di pan, sambil di taburi merica (emang nih…kecil2 doyan merica). smoked chickennya di potong2 di campur dengan sayur.

Trus minta tambah smoked chicken 1 slice lagi, biar enak katanya.
dan…

Traa …. raaa…. jadilah salad hasil dikte Rachel, yang mengenyangkan.
cukup makan seporsi, kebutuhan energi terpenuhi, karena komplet isinya.

Ingredients:
Salad dressing:
3 sdm mayonaise
1 sdt mustard
2 sdt saus tomat
gula, garam

Salad:
1 kentang, kukus, potong2
1 wortel potong2 rebus
1 apel, kupas, potong2, rendam dalam air garam
6 lembar lettuce, sobek2
1 butir telur rebus, potong2
1 buah tomat, potong2
2 smoked chicken slice (merk Fiesta), potong2

Crouton:
2 lembar roti tawar, oles margarine, potong2
merica bubuk (kalau mau)

Directions:
Campur dan aduk jadi satu bahan saus. sisihkan

oseng potongan roti tawar dalam pan teflon sampai margarine meresap dalam roti dan roti mengering, taburkan merica kalau suka

tata sayuran, buah dan smoked chicken dalam wadah, beri salad dressing, taburi crouton

19 Comments
  1. Senang sekali ngeliat anak sadar pentingnya untuk tidak buang makanan. Kalau saya ngeliat orang yang suka buang makanan seenaknya, miris hati ini. Ini prinsip saya. Kalau makan, piring harus bersih. Ambil makanan secukupnya saja biarpun di restoran AYCE (All You Can Eat). Jangan maruk mata. Mentang-mentang AYCE, bisa bebas buang-buang makanan. Ingat berjuta-juta sesama kita yang kelaparan.Waktu kuliah dulu, saya pernah buat lukisan protes kebiasaan mahasiswa yang suka buang-buang makanan di kantin sekolah. Oleh profesor lukis saya, lukisan cat air ini lalu dipajang di perpustakaan sekolah. Sebagai mahasiswa beasiswa kere, saya harus kerja sebagai tukang cuci piring di dapur kantin, untuk mendapat tambahan uang saku. Sering melihat di atas moving belt kantin–desserts, pizza, steak ukuran raksasa yang gak dicuil sedikitpun, cup yoghurt yang belum dibuka tutupnya, dll. Kelihatannya mayoritas mahasiswa bule kelas menengah ke atas ini belum pernah ngeliat orang kelaparan atau miskin yang tinggal di kolong jembatan. Jadi para mahasiswa ini take things for granted. Mudah-mudahan suatu saat nanti, mereka mempunyai kesempatan untuk mengunjungi negara-negara miskin, sehingga mereka dapat belajar tentang global poverty dan lebih menghormati dan mensyukuri makanan di atas meja mereka.

  2. Wahhh anak mu ide nya bagus banget…..gaya bule gitu…roti potong kotak kecil lantas di oven, dan emang temenan nya salad itu mah. Bakat Ibu menurun ke anak ya Ine haaa.Senang lihat saladnya. en bayangin maknnya pasti segar amat di mulut hmmm

  3. wuih… rachel pinter tenan, mbakbisa minta sesuatu dengan gaya kesukaannyapasti enak salad nyarachel…. tante syl sisa’in ya saladnya😉

  4. Aku juga pesen yah cik, 1 piring hihihi… (saingan ama rachel ^_^)

  5. aduh laper deh liyat nih salad… mana lagi puasa lageee…. hiks…

  6. Rachel, aku tolong dibikinin yaa… aku tunggu 15 menit.. kalo telat ntar bonus ice cream cone ya..! *kikikikikkikik.. serasa di McD*

  7. hmmm …bisa jadi ide buat sarapan …..:D *kok sarapan ?hihihihih ….*

  8. makanenak said: Senang sekali ngeliat anak sadar pentingnya untuk tidak buang makanan. Kalau saya ngeliat orang yang suka buang makanan seenaknya, miris hati ini.

    itu harus Lex, dari kecil kalau ambilkan makan, aku kasi sedikit, boleh nambah, nggak boleh lebih. Sekarang dia bisa ambil makan sendiri, dan harus bisa ngukur perutnya sendiri.Kalau perlu….nasi sop yang sudah mekar pun aku simpan, ntar di makan di saat makan berikutnya sebagai ‘hukuman’. Lama2 jera juga dia, dan bisa makan sampai bersih.

  9. marienapayne said: Wahhh anak mu ide nya bagus banget…..gaya bule gitu…

    Itu karena dia harus ngabisin sisa sarapan paginya, jadi…dia cari akal spy roti bisa kemakan, dan salad yang dia inginkan di bikinin

  10. sylviegill said: rachel…. tante syl sisa’in ya saladnya😉

    Jangankan tante Syl, mama aja nggak di kasi, katanya….bikin lagi aja sendiri! hehehhe….

  11. helvinrita said: Aku juga pesen yah cik, 1 piring hihihi… (saingan ama rachel ^_^)

    1 piring tak kan pernah cukup Rit :-))

  12. estherlita said: aduh laper deh liyat nih salad… mana lagi puasa lageee…. hiks…

    Rajin puasa mbak? senin kamis?

  13. mycapsicum said: Rachel, aku tolong dibikinin yaa… aku tunggu 15 menit.. kalo telat ntar bonus ice cream cone ya..! *kikikikikkikik.. serasa di McD*

    di Mc D kan bayar dulu baru dapat makanannya. lha ini…. hehehehe….

  14. kuenyaoyan said: hmmm …bisa jadi ide buat sarapan …..:D *kok sarapan ?hihihihih ….*

    boleh juga Yan, sarapan salad.

  15. Salut sama disiplin yang Cici tanamkan. Ini bisa jadi inspirasi. Jadi makin kepengen punya mantu kayak Yoke dan Rachel dan…besan kayak Ci Ine. Bibit, bebet, bobot seperti ini susah banget nemunya jaman sekarang ini. Rachel ini sense makanan enaknya bagus sekali. Kecil-kecil sudah bisa buat juice strawberry sendiri dan kreatif mengolah roti menjadi crouton. Bener-bener nurunin bakat gourmet mamanya.

  16. aku daftarin ya…. calon besan! hihihihi….

  17. Pasti panjang daftarnya. Banyak saingan, he…he…he….

  18. lam kenal mba..mo nanya boleh ya..bout the crouton..digoreng maksudnya with oil? or maksudnya di oseng?thanx b4…:)(sorry jd kebanyakan ngdelete..abs..aq quote yg ttg pertanyaanku..yg muncul malah paragraf laen…knp yah?)

  19. mpringgadhani said: mo nanya boleh ya..bout the crouton..digoreng maksudnya with oil? or maksudnya di oseng?thanx b4…:)

    Salam kenal juga,ah…iya…. mungkin lebih tepat di oseng ya, karena kalau goreng kesannya berendam dalam mbinyak. thks ya…ntar aku koreksi resepnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: