Skip to content

Udang goreng Saus Lemon

July 19, 2006

Description:
Kemarin abis baca resepnya Mariena
ada resep Ayam Lemon, jadi kepingin.
Tapi punyanya Udang, ya wis…di reka reka, pokoknya pakai lemon, biar seger.

Saus Lemonnya di bikin kayak saus asam manis yang pakai saus tomat, tapi ini lemon. rasanya sesuaikan aja ama selera ya….. Udang ini tanpa saus juga udah enak. di celup/di siram saus tambah rasa asam manis segar.

Ingredients:
500 gr udang yang sedang besarnya, kupas, sisakan ekornya. belah punggungnya

1 butir telur ayam
4 sdm tepung terigu
garam
merica
2 siung bawang putih uleg halus

200 gram tepung terigu untuk lapisan luar
minyak untuk menggoreng

saus:
1 buah jeruk lemon ambil airnya
1 siung bawang putih, di geprek
1 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
100 cc air/kaldu
1 sdm maizena di encerkan dengan air

Directions:
1. Udang setelah di cuci bersih, di tiriskan. Campurkan telur ayam, garam, merica, bawang putih halus dan 4 sendok makan terigu, aduk rata, diamkan 15 menit.
2. Celupkan masing2 udang dalam tepung terigu kering, sambil di tekan2 agar tepung menempel.
3. Goreng dengan minyak banyak sampai berwarna kuning keemasan, sisihkan.
4. Buat saus lemon, tumis bawang putih dengan sedikit minyak, tambahkan kaldu, gula dan garam, kentalkan dengan maizena
5. Tata udang di piring saji, siram dengan saus lemon. atau…. biarkan
sausnya di mangkuk terpisah.

18 Comments
  1. Gorengan udangnya bagus banget. Bikin ngiler orang yang lagi malas masak😉

  2. ci ine, memang hebat kalau dalam urusan goreng-menggoreng🙂

  3. asiik.. another way to finish a lemon..

  4. yummy nehh mbak

  5. wah tampilannya aja udah uhuuy apalagi rasanya,,hmm,,o,iya,salam kenal ya mba,,

  6. Ineeee..aku jadi malu banget. Soalnya waktu aku buat ayam lemon itu suer beneran kagak enak lho. Aku berharap kamu modifikasi in en jadi enak an.Maaf kalo kagak enak ya Ine, padahal aku dach jujur lhoo di resep ku tapi kenapa juga kamu malahan mau nyoba hoaa hoaa….hoaaaaaaaaaaaaa.

  7. asikk nih udang goreng lemoni…:P hihihi nanti tgl 29 makan siangnya make ini yah hauahuahahuua *kabuurrr*

  8. yum…yum….kayaknya uenak nih mbak…pake sambel ala bangkok juga enak nih kayaknya …punya resepnya gak mbak?…..kapan-kapan coba aaahhh

  9. Thanks ya mbak atas resepnya. Enak en gampang kayaknya. Kalau pake daging atau ikan bisa nggak ya mbak? Soalnya udang muahal sekali di sini sedangkan kami nggak suka makan ayam di sini, rasane sepo. Tapi kalau pake daging aneh kali ya?

  10. Ci Ine, salam kenal ya…saya suka buka2 MP ci Ine, resep2 nya asyik deh, kadang saya coba juga yang gampang2.

  11. In, asyik tuh udang gorengnya, hmm…. menggiurkan…. kalo dihidangkan di rumahku…. wah… wah…. tanpa saus lemon-pun, dijamin…, pasti ada yang siap sapu bersih, hehehe….

  12. marienapayne said: Ineeee..aku jadi malu banget. Soalnya waktu aku buat ayam lemon itu suer beneran kagak enak lho. Aku berharap kamu modifikasi in en jadi enak an.Maaf kalo kagak enak ya Ine, padahal aku dach jujur lhoo di resep ku tapi kenapa juga kamu malahan mau nyoba hoaa hoaa….hoaaaaaaaaaaaaa.

    huahahaha…Rien, aku terinspirasi dari resepmu, tapi waktu bikin, aku cuma berusaha mengingat ngingat aja, jadi…nggak sama persis. moga2 sih cocok. manis2 asem gitu.

  13. Aduh…enaknya…..Jeng Ine terus kasih inspirasi terus ke kita…..siiiiiiiipppppp dah!!

  14. wah mbak kayaknya seger ya gorengan dicolekin saus lemon. jadinya ga eneg karena minyak. ide bagus nih mbak!!!

  15. Wang enak banget tuhh…..

  16. Mbak, udangnya cakep bisa kriting gitu coatingnya. rupanya direndem telor campur tepung dikit ya… *baru mudeng*.aku kalo bikin saus lemon, tinggal ngrebus sunquick lemon + air + maizena dikit plus gula, hihihihi… versi pemalaspol.com.

  17. kayaknya…gorengan kalau di padu saus lemon atau saus yang kecut2, seger lho.

  18. numpang nyontek ya Cie….thanks🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: