Skip to content

BASO GORENG

July 31, 2006

Description:
Baso goreng ini ditularkan resepnya oleh mama mertua. Ini salah satu makanan favorit KJ.

Baso goreng yang di jual, biasanya pakai lemak babi bagian leher, yang ikut dicincang bersama bahan lainnya, agar hasilnya renyah nggak alot, dan bagian tengahnya nggak padat. Ini juga yang diajarkan oleh mama mertua.

Aku sendiri, meski ‘pemakan segala’ :-)), kalau bikin jarang pakai daging babi, karena menghindari lemaknya dan agar ke dua
mbak-ku yang Muslim bisa ikutan makan.

Tapi emang beda hasilnya, kalau pakai daging ayam, si baso padat tengahnya, dan rada sepo.

Ingredients:
100 gram daging ayam giling
100 gram udang di cincang halus
2 butir telur ayam
6 sendok makan tepung sagu (lebih kurang)
3 siung bawang putih di haluskan
1/2 sendok makan kecap asin
1/2 sendok makan kecap ikan
1 sendok makan minyak wijen
merica, garam
sedikit gula pasir (1/4 st saja, pengganti vetsin)

Directions:
– Campur semua bahan jadi satu, kalau terlalu lembek, tambahkan tepung sagunya, sampai adonan cukup padat untuk dibentuk baso (kalau di bentuk dengan satu tangan, sudah tidak pletat pletot lagi, dan tidak terlalu liat)
– Letakkan adonan pada telapak tangan, genggam telapak tangan, agar adonan baso nongol di antara jadi telunjuk dan ibu jari,sendok baso dengan sendok yang dibasahi air.
– Cemplungkan pada minyak panas. Goreng selama lebih kurang 15 menit dengan api sedang.

Tips
– Kalau api terlalu besar, baso cepat gosong dan mungkin meletus.
– Kalau di goreng kurang kering, baso bakal keriput saat dingin, paling tidak.butuh waktu 15 menit untuk satu angkatan gorengan.
– Baso jadi alot, kalau terlalu banyak tepung dan dicampuri air lagi.
– Kalau baso tersisa, nggak enak dimakan keesokan harinya, saya daur ulang, dijadikan cap jay, atau mie goreng atau buat ifu mie atau di kuah dengan sawi dan wortel.
– Adonan baso mentah, bisa di simpan, di bekukan, dan kapan2 di goreng lagi. Bisa untuk isi pangsit juga.
(resep cuma segini mah….langsung abis…)

70 Comments
  1. boleh dicoba nih? gimana kl dgnya diganti dg sapi enak gak ya?

  2. bambusgarden said: boleh dicoba nih? gimana kl dgnya diganti dg sapi enak gak ya?

    belum pernah sih….tapi kalau menurutku ya… membandingkan antara daging ayam vs babi, atau sapi vs babi ..(karena asalnya baso goreng kan pake daging babi) yang paling dekat rasanya… ayam tuh.giling daging ayam sekulit2nya dan lemak2nya. kalau daging doang…sepa!

  3. mo cobain ah..di kulkas ada babi giling, tetep di tambah udang kan ya? malah nanya he..he..

  4. evimelb said: mo cobain ah..di kulkas ada babi giling, tetep di tambah udang kan ya? malah nanya he..he..

    lha iya… udang salah satu faktor yang bikin enak kog :-))

  5. Enakk neh mau buat deehhh

  6. mbaakk.. met kenal yaa…, aku contek resepnya boleh? makaciih yaa sebelumnya

  7. niniek1369 said: mbaakk.. met kenal yaa…, aku contek resepnya boleh? makaciih yaa sebelumnya

    salam kenal juga, silakan di coba.

  8. dicontek resepnya yah….tfs, aduh my favo nih baso goreng ini…terus makannya dicocol ama kuah warna merah asem pedes mmhhhhhhh

  9. silakan…selamat mencoba

  10. nyobain resep mbak ine ah besok kalo nyoba lagi

  11. siiip Vit

  12. wah kalo gitu sy salah dalam cara menggorengnya tuch..tiap kali bikin peyot terus🙂 thanks yach ci buat sharingnya …^_^…

  13. kalo bikin bakso goreng yang tengahnya kosong gimana ?

  14. Ine…thnx resepnya..enak bgt pokok e

  15. Ci Ine, kalo tepung sagu itu sama ga seperti corn flour?thankscheersstella

  16. tepung sagu, beda dengan corn flour, ini tapioka.

  17. Halo ci ine.. Salam kenal ya, saya baru nemu blognya langsung jatuh cinta and fans bangettt, hebat banget ci ine masaknya…ini salah satu makanan favorite saya, tapi saya coba ngak ngembang dalemnya kosong ya, boleh ga ci minta resep yg dalemnya kosong dan ngembang? Saya tinggal di amrik, ga tau kalo sagu itu kaya apa ya? Beda ya sama tapioca? Thanksssssss ya ci….

  18. hallo Arline,sagu di ganti tapioca bisa. mungkin bisa di ganti maizena juga, tapi aku belum pernah coba.supaya tengahnya bisa kosong, ganti daging dengan lemak babi bagian leher. inipun porsi lemaknya harus lebih banyak lagi.lemaknya akan meleleh keliar bercampur minyak goreng, sehingga bagian tengahnya bisa kosong. sayang aku gak punya resep yang pas untuk bikin sampe kosong gitu.y

  19. lia permalink

    Sis tolong tanya klo tepung sagu tidak ada diganti apa ya?? Lalu sy ada lihat resep kekian, ada bahan sagu tani itu apa ya? Tepung sagu kah tapi mereknya tani gitu ya?

    Thanks sebelumnya. GBU

    • tepung sagu tani itu tapioka, di sini disebutnya sagu tani. kalau di jawa tengah di sebut pati kanji.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: