Skip to content

OTAK-OTAK GORENG

July 31, 2006

Description:
Awalnya ngiler, trus nyontek blognya Yanna Otak Otak Goreng. Aku tirukan persis plek ini resep, kecuali bawang putihnya di banyakin. Gorengan angkatan pertama….. aku di protes…. alot.
hihihihi…. emang sih…bahaya juga buat aku yang suka problem ama gusi, dan kasihan juga KJ yang rada susah mengunyah otak2 alot…maklum… menjelang uzur :-))

Lalu….sisa yang belum di goreng, ditambahkan santan…nah..ini dia…lupa ukuran pasti, karena asal tuang dan pakai perasaan.
Akhirnya….enak juga nih otak2.

Thks ya Yanna!

Ingredients:
250 gr Daging Ikan Tengiri,
100 gr tepung sagu
4 potong es batu
2 lembar daun bawang
1 putih telur
50-100 cc santan (sorry…kira kira aja dah…tergantung selera)

Bumbu Halus:
4 bawang merah
5 bawang putih
garam, merica, gula pasir (pengganti vetsin)

Directions:
1. Gunakan food processor, haluskan ikan dan bumbu, kemudian masukkan tepung, es batu, telur putih, proses sebentar sampai tercampur rata dan es batu hancur tercampur. Masukkan daun bawang dan santan, aduk rata.
2. Panaskan minyak, bentuk adonan menggunakan plastik agar berbentuk panjang, goreng sampai matang
3. Hidangkan panas2 dengan sambal botol

40 Comments
  1. asyikkkkkkk aku yg pertama musti dapet porsi gratisan!

  2. silakan…silakan Yam, jangan sungkan abisin gih. hihihi……

  3. mauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu..

  4. Bu Ine……., aku pesen 1 porsi……..:D. Kangen otak-otak nih Bu… Bisa juga lo Bu di rebus jadinya mirip pentolnya bakso gitu atau jug dibakar/dipanggang.

  5. kalau mau digoreng kayaknya memang mesti dibikin biangnya baru bisa empuk…., apalagi kalu dingin walah makin keras tapi kalau dibikin biangnya gak papa lho.

  6. foodngarden said: mauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu..

    silakaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaan

  7. estherlita said: kalau mau digoreng kayaknya memang mesti dibikin biangnya baru bisa empuk…., apalagi kalu dingin walah makin keras tapi kalau dibikin biangnya gak papa lho.

    Lha…bikin biangnya piye mbak? hayo…sharing mbak, aku belajar nih.

  8. chatrines said: Bisa juga lo Bu di rebus jadinya mirip pentolnya bakso gitu atau jug dibakar/dipanggang.

    lha…itu sisa ikannya aku bikin baso ikan.kalau di bakar/panggang, di bungkus aluminium foil dulu kah?

  9. Oh klo bikin otak-otak goreng pake biang yach? Jadi makin penasaran nih pengen tau britanya dari mbak Esther🙂

  10. mauuuuuuuuuu

  11. elkaje said: kalau di bakar/panggang, di bungkus aluminium foil dulu kah

    biasanya sih kalo aku buat di bungkus ma daun pisang Bu (bentuknya mirip bungkus lemper)…, cuma bungkusnya jangan besar-besar(cukup 3-4 gigitan aja), kalo kebesaran ntar gak mateng, tapi pake alumunium foil jg bisa kok…..:D.

  12. yaaaaa aku kagak makan ikan Ineeeeeeeeeeee😦

  13. elkaje said: Lha…bikin biangnya piye mbak? hayo…sharing mbak, aku belajar nih.

    terigu yang dibikin kayak lem gitu mbak..ntar saya lihat dulu resepnya…saking jarangnya bikin mpek2 jadi lupa…

  14. otak-otak goreng kesukaan kaka cemara kalau maem di es telur 77kalau dibikinin pasti seneng banget….

  15. hihihi ….mbak ..bisa panjang2 gitu diapain ya ??

  16. ditambahin santen biar apa yah ??🙂

  17. dewijoris said: Oh klo bikin otak-otak goreng pake biang yach? Jadi makin penasaran nih pengen tau britanya dari mbak Esther🙂

    tuh…kan…banyak yang mau belajar biang otak2 mbak Esther.

  18. evimeinar said: mauuuuuuuuuu

    hayuuuuuuuuuu

  19. marienapayne said: yaaaaa aku kagak makan ikan Ineeeeeeeeeeee😦

    sayang sekaleeeee

  20. sylviegill said: otak-otak goreng kesukaan kaka cemara kalau maem di es telur 77kalau dibikinin pasti seneng banget….

    Kaka Cemara kalau makan ikan tengiri nggak alergi ya Syl?

  21. kuenyaoyan said: hihihi ….mbak ..bisa panjang2 gitu diapain ya ??

    di pulung pakai plastik yang di oles minyak dulu Yan

  22. cusson90 said: ditambahin santen biar apa yah ??🙂

    biar mak nyuuusss Len, nggak terlalu geal geol waktu di kunyah🙂

  23. Sayang di sini nggak ada tengiri. Hiks…hiks….sampai-sampai pengin bikin empek-empek saja nggak bisa. Thanks ya mbak atas resepnya.

  24. aduh enaknyaaaa

  25. cutyfruty said: Sayang di sini nggak ada tengiri. Hiks…hiks….sampai-sampai pengin bikin empek-empek saja nggak bisa. Thanks ya mbak atas resepnya.

    kalau di coba daging ikan yang lain piye?

  26. elkaje said: kalau di coba daging ikan yang lain piye?

    Aku coba deh mbak cari daging ikan yang cocok. Soalnya kebetulan suami dan aku doyan ikan, tapi kan nggak semua ikan bisa dipake. Misalnya kemarin aku bikin pepes pake ikan tilapia, suamiku nggak suka. Tapi pernah bikin perkedel pake daging salmon (karena di sini salmon harganya relatif murah dibandingkan dengan di Indonesia), ternyata enak. Makanya nih mau cari daging ikan yang cocok untuk otak-otak dan empek-empek. Thanks ya mbak.

  27. cutyfruty said: Aku coba deh mbak cari daging ikan yang cocok. Soalnya kebetulan suami dan aku doyan ikan, tapi kan nggak semua ikan bisa dipake. Misalnya kemarin aku bikin pepes pake ikan tilapia, suamiku nggak suka. Tapi pernah bikin perkedel pake daging salmon (karena di sini salmon harganya relatif murah dibandingkan dengan di Indonesia), ternyata enak. Makanya nih mau cari daging ikan yang cocok untuk otak-otak dan empek-empek. Thanks ya mbak.

    setahuku sih kalau mau cari penggantinya, yg penting ikan berdaging putih biasanya bisa saling menggantikan tapi soal rasa ya tidak bisa seratus persen sama :-)tapi ngga ada rotan, akar pun jadi kan?🙂

  28. Nah…Irma ahlinya cari substitusi nih.

  29. irma303 said: setahuku sih kalau mau cari penggantinya, yg penting ikan berdaging putih biasanya bisa saling menggantikan tapi soal rasa ya tidak bisa seratus persen sama :-)tapi ngga ada rotan, akar pun jadi kan?🙂

    Nanti aku coba cari gantinya. Harus trial and error juga nih supaya dapat ikan berdaging putih yang pas. Thanks ya atas infonya.

  30. Aah nikmatnya. Sayang kita belum kopdar di Jakarta. Bagaimana ke Sydney dan masak rame2?

  31. gamelan said: Aah nikmatnya. Sayang kita belum kopdar di Jakarta. Bagaimana ke Sydney dan masak rame2?

    ada yang mau kasi tiket dan uang sangu? huahahahaha…..

  32. sagu saya belum nemu sampe skrg, ada ga yah kakpengganti sagu ?

  33. riryelbechari said: sagu saya belum nemu sampe skrg, ada ga yah kakpengganti sagu ?

    pakai tapioka. Sagu itu tepung sagu tani ya.

  34. pake ikan pollock alaska mbak..biasanya perusahaan2 yg membuat surimi stick pake jenis ikan ini.Kalo diswedia sini ada beberapa jenis alternatif utk pengganti ikan tengiri, misalnya ikan Pollock Alaska, Torsk (kalo di amerika namanya Cod fish kalo gak salah), dan Gädda.

  35. garamnya ukurannya berapa sih? kemaren aku nyoba kok keasinan?

  36. lha itu… sesuai selera. mending kalau ngasi garam sedikit dulu, trus di cicip. kalau kurang kan gampang di tambah lagi ketimbang kebanyakan.Susahnya nih…kalau di tulis di resep setengah sendok teh garam. Lha mungkin itu rasa yang pas bagiku, tapi bagi orang lain…bisa terlalu banyak atau terlalu sedikit. wis…di setel sendiri ya

  37. makasih ya….kita jauh di udik lagi kangen sama otak otak goreng…untung kamu dan yanna share resep asyikkkkk……thanks ya berat berat….kita tinggal di kampung houston, sebelah timur laut bekasi…….warung atau pedagang asongan kada ada, kudu bikin sendiri…..emang nya di jakarta, gampang ajha nyari nya…..agus dan agnes

  38. Wah…enak ncih…mbak… thanks ya sama resepnya…. mau coba ahhhhhh🙂

  39. aku coba yaa mba ine :))

  40. aku mauuuuuuuu…!!!!

Leave a Reply

