Skip to content

Udang Telur Asin

August 1, 2006

Description:
Udang ini dibikin asal aja, karena nggak sempat ngintip resep, dulu pernah baca resepnya Liyah Sby, ya…cuma berdasarkan ingatan dari resep itu aja kemarin bikinnya.

Rasanya …. masih jauuh dengan udang telur asinnya restoran Li Yen di asemka :-)) tapi…yang penting…anak2ku suka!

Ingredients:
– 500 gr udang, ukuran sedang/besar, buang kepala, kupas kulit, sisakan ekornya.
– garam
– merica
– 1/2 butir jeruk nipis
– 4 sdm tepung terigu
– minyak untuk menggoreng

Bahan Saus:
– 3 butir telur asin rebus, ambil kuningnya saja, lumatkan
– 2 sdm daun bawang yang sudah di iris halus
– 2 sdm margarine
– 3 siung bawang putih cincang halus
– kaldu ayam (kira kira 1/4 gelas)

Directions:
– Kerat punggung udang, taburi garam, merica dan jeruk nipis.
diamkan selama 10 menit. tiriskan udang.
– Taburi dengan tepung terigu, goreng dengan minyak banyak hingga udang matang dan tepung mengering. sisihkan

– Saus:
– lelehkan margarine, masukkan bawang putih cincang, tumis hingga harum,
– masukkan kuning telur yang sudah di lumat dan kaldu
– setelah mendidih, tambahkan daun bawang iris, matikan api, masukkan udang goreng, aduk cepat hingga merata

28 Comments
  1. pasti enak sih ini….cuma..buat yang muda2 aja deh….. apalagi si mbah…udah deh pantang berat makan yang seenak ini….Mbak Ine ya bikin ngiler aja… dan cuma bisa ngiler aja…

  2. estherlita said: pasti enak sih ini….cuma..buat yang muda2 aja deh….

    emang enak mbak, lha kan serba koles.udangnya koles, di goreng tambah koles, sausnya kuning telur asin jadi super kolestrol tuh. hehehehe….

  3. mbak, suami ku paling suka kalo pakai ayam presto.. trus di siram saus telur asin.. enyak enyak …tapi setiap abis makan itu pasti deh dia pusying… kolestrol tinggi… apalagi udang ya….hmmmm baca resepnya aja udah ngiler….

  4. Saya kemaren baca suatu artikel (lupa sumbernya). Katanya “kolesterol” telur itu sebenarnya tidak berbahaya. Silahkan check kebenaran hasil penelitian ini.

  5. yg pasti kuning telur asin bikin alergi….Patra kalo makan kuning telur asin langsung deh alerginya kumat😀

  6. Mbak In, kalo aku udangnya gak digoreng pake tepung. sausnya cuma mentega, kuning telur asin & kaldu. nah kalo udangnya, setelah dimarinate air jeruk & garam (aja) dan tetep berkulit, trus digoreng. Jadi udangnya masi juicy soale kaldunya masi terkunci di dalem kulitnya, huaaahhh… jadi lapeeeeeeeerrrrrrrrrrrrrrrrr….. *koles? gak kenal tu, kekeke…*

  7. aku suka udang tapi ga kuat makan sendiri hehehehe… abisnya panas di peruts. john ga suka udang, jadi ilmu perudanganku masih minim banget. akhirnya cuma nyimpen aja resep2 kayak mbak ine ini. TFS ya mbak.

  8. Aduh ini sih cuma bikin ngiler…. enak kayaknya. Tapi cari telor asinnya harus perjuangan dulu. Selain itu, kasihan suami, kolesterolnya itu lho…. Thanks ya mbak sudah berbagi resep.

  9. wah aku koq baru tau ada saus telur asin? ketinggalan nihhh.

  10. elkaje said: Rasanya …. masih jauuh

    tampilannya juga beda lho.. seingat aku, seperti digujur dengan telur asin deh..hmmm.. jadi pengen🙂

  11. ci, aku pernah baca resep yg kuning telur asinnya masih mentah, dikocok dgn bumbu trus ditumis dgn bawang putih, masukin udang gorengnya jadi nanti udangnya berselimut telur orak-arik🙂

  12. Nyam-nyam…. kalo liat yang menggiurkan gitu, yang penting Enaaaaak. Ingetnya nasi, nda inget kolesterol deh.

  13. bagiii mbakkk

  14. kethok-e enak🙂

  15. indrydh said: kolestrol tinggi… apalagi udang ya….hmmmm baca resepnya aja udah ngiler….

    jadi…pilih mana? ngobati ngilernya….. atau kolestrolnya? huahahaha…..

  16. makanenak said: Saya kemaren baca suatu artikel (lupa sumbernya). Katanya “kolesterol” telur itu sebenarnya tidak berbahaya. Silahkan check kebenaran hasil penelitian ini.

    thks Lex informasinya. syukur sekalian artikelnya. hihihi….nglunjak…

  17. cikciks said: Patra kalo makan kuning telur asin langsung deh alerginya kumat😀

    waah….kasihan juga Patra ya Stel. wis bener…mendingan pantang aja daripada kumat alerginya

  18. mylianov said: Mbak In, kalo aku udangnya gak digoreng pake tepung. sausnya cuma mentega, kuning telur asin & kaldu. nah kalo udangnya, setelah dimarinate air jeruk & garam (aja) dan tetep berkulit, trus digoreng. Jadi udangnya masi juicy soale kaldunya masi terkunci di dalem kulitnya, huaaahhh… jadi lapeeeeeeeerrrrrrrrrrrrrrrrr….. *koles? gak kenal tu, kekeke…*

    aku kalau bikin udang gak di kupas…. seisi rumah ngomel. Maunya makan yang gampang.ntar bikin versi Liyah beneran ah…jadi…yang lain kan ogah makan tuh. hihihihi….

  19. hiks …..ngiler …. tapi ngga berani nyoba hehehe …..sebelum berhasil menurunkan cholesterol …:((

  20. Ci Ine, biasanya putih telor asinnya diapain kalo ga dipake?

  21. di campur telur putih mentah lainnya, trus di kukus, di oseng2

  22. thanks yah,gua lagi nyari resepnya nih kebetulan

  23. Duh enak…. banget …….

  24. Tante Ine, makasih resepnya ya :)Mau coba besok, kebetulan dapat telur asin dari cirebon, hehehe🙂

  25. elisa3da said: Tante Ine, makasih resepnya ya :)Mau coba besok, kebetulan dapat telur asin dari cirebon, hehehe🙂

    siiiip…. asyik tuh Lis

  26. numpang ngintip resepnya yak..😀

  27. wahhhh asyikkk dan enak ya, oiya ibu ibu jgn lupa untuk untuk berkunjung ke http://www.remote-system.net ya…. banyak informasi yang didapat disana mengenai ibu2 yang pingin cari kesibukan….

Trackbacks & Pingbacks

  1. Udang Goreng Telur Asin | food's divine

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: