Skip to content

Bihun Masak

August 4, 2006

Description:
Kalau pas dingin-dingin, enak nih….makan bihun masak, segar di makan panas2. Apalagi kalau bikin langsung pakai mangkok sapo.
bisa awet panas tuh. Se porsi besar ini, bisa buat berdua.

eh…bihun atau mihun ya? :-))

Ingredients:
100 gr bihun kering, pilih yang bulirnya tdk terlalu halus
3 buah baso ikan, belah 2
50 gr daging ayam, potong 2 cm
8 ekor udang, kupas, belah punggungnya
8 kuntum brokoli, di blansir (rebus sebentar)
2 lembar sawi putih, potong2
1/2 lembar daun bawang, potong2
1 butir telur

1 potong jahe
1 siung bawang putih geprek
kecap asin
garam
merica
250 cc kaldu

pelengkap: Sambal kecap asin
4 cabe rawit di potong kecil2, di campur dengan 1 sdm kecap asin

Directions:
1. Tumis bawang putih dan jahe dengan sedikit minyak, hingga harum, tambahkan ayam, aduk hingga berubah warna,
2. masukkan kaldu, merica dan garam (mild aja, krn ntar di makan dengan sambal kecap asin)
3. pecahkan sebutir telur di kaldu mendidih, biarkan utuh, masukkan udang, baso dan daun bawang.
4. Masukkan bihun yang telah di siram air dingin, masak hingga mendidih dan bihun matang. masukkan brokoli dan sawi putih.
5. Angkat, sajikan segera.

From → Masak, Mie/Pasta

19 Comments
  1. kekekek yen jare si iyukku mihun mbak:dyen jareku sing penting enyakkkkk

  2. Aku mo bilang Mihun Masak aja dah. Cuma, aku kesulitan cari bihun kering yang selembarnya cukup untuk satu porsi. Di sini adanya yang sebungkus besar, kalo mo masak, kita harus membaginya dulu, trus remukan bihun bertebaran, kan jadi kurang praktis. Ntar deh, kulakan bihun kering yang praktis di Jakarta aja, seperti yang kamu pernah beli, In. Hehehe….

  3. Hmmmm enak…, buat ahhh untuk maem malem …..:D

  4. wah masakan cici mah memang selalu top🙂

  5. evimeinar said: kekekek yen jare si iyukku mihun mbak:dyen jareku sing penting enyakkkkk

    hehehe…iya, gak penting apa nyebutnya. Emang si Iyuk sekarang di mana Pep?

  6. milkaw said: Ntar deh, kulakan bihun kering yang praktis di Jakarta aja, seperti yang kamu pernah beli, In. Hehehe….

    tapi itu bihun alus bulirnya, cepet lembek. kalau masak ini, pakai bihun halus, mesti diangkat sebelum bihunnya mekar terlalu lembek. Ya..ntar aku ingatkan kulakan.

  7. elkaje said: Emang si Iyuk sekarang di mana Pep?

    di sidoarjo mbak…

  8. lagi dingin2 makan ini enak bgt :=)

  9. kekeke.. bacanya resepnya sambil keluar aer disamping lidah *sumpah*… ;-p

  10. Aku bilangnya Mihun Godog mbak hehehehehehe…seger tenan…dadi kepingin..*cleguks*

  11. nyobain aaaaa..

  12. mauuu donkkk… laper laper laperrr….

  13. Aduh jadi laffffffeeeeeeeeerrrrrrrr…….iya uey…ngiler nih……

  14. I LOVE BIHUN… BAGI YACH..?/

  15. lamra said: lagi dingin2 makan ini enak bgt :=)

    iya…Lamra, seger

  16. aprilisa said: kekeke.. bacanya resepnya sambil keluar aer disamping lidah *sumpah*… ;-p

    nih…tissue banyak…buat nge lap. hihihi…..

  17. dewijoris said: Aku bilangnya Mihun Godog mbak hehehehehehe…seger tenan…dadi kepingin..*cleguks*

    wis..bikin Dew…gampang kog

  18. Kluargaku ngomongnya juga Mihun, kalo Bihun kayaknya basa endonesanya deh. Mbak, piye seh carane agar mihun gak mekar (kalo pake kuah)? apa ada mihun tertentu yang khusus dimasak berkuah?

  19. mylianov said: Kluargaku ngomongnya juga Mihun, kalo Bihun kayaknya basa endonesanya deh. Mbak, piye seh carane agar mihun gak mekar (kalo pake kuah)? apa ada mihun tertentu yang khusus dimasak berkuah?

    kalau di sini bilangnya bihun medan Li. batangnya lebih gemuk ketimbang bihun AA atau bihun merk lain. mirip2 soun gitu. gak terlalu mekar lembek kalau buat kuah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: