Skip to content

BUBUR LEMU

September 15, 2006

Description:
Masa kecilku, kalau lagi liburan ke rumah nenek di semarang, aku sering dibelikan bubur ketan kinca. Kayaknya perpaduan aneh, tapi nyata…ada di Semarang. Sampai sekarang masih ada yang jual juga.

Ini bubur beras yang di masak dengan santan, di beri lauk silakan
pilih…yang manis atau yang pedas. Yang manis ‘lauknya’
ketan putih, sejumput kelapa setengah tua yang di parut, dan di kasi kinca (sirop gula jawa yang kental). perpaduan aneh ini, sangat enak dan membuat diriku selalu merindukan bubur ini kalau ke semarang.

Nah…lauk yang pedas, adalah sambal goreng labu siam campur potongan tahu, tempe, krecek dan kacang tolo. Perpaduan Bubur gurih dengan sambal goreng ini di sebut BUBUR LEMU.
Di solo ada yang jual kelilingan, tetapi hanya satu macam lauk saja….yang pedas…dan waktu itu aku belum doyan pedas.

Setelah pindah semarang, dan sering makan bubur ketan kinca, seleraku bergeser, pilihannya lebih demen ke bubur lemu.

Pagi ini, bubur lemu jadi menu sarapan kami, sayangnya…bahan di lemari es terbatas, jadi…lauknya dibikin ala kadarnya, tapi rasa harus tetep nonjok!

Kreceknya…aku demen pakai krecek lembaran, bukan seperti krupuk rambak. Krecek lembaran kwalitasnya di bawah krecek krupuk rambak yang melempung. Aku beli khusus di pasar gang baru semarang, karena di Jkt belum ketemu penjualnya.

kenapa namanya Lemu? embuh…aku gak tahu :-))

Ingredients:
Bubur :
250 gr beras
1500 cc santan encer
3 lembar daun salam
1 lembar sereh
1 sdt garam

Sambal goreng
1 buah labu siam, potong spt korek api
1 buah tahu cina potong kecil2 di goreng
1 buah tempe, potong kecil2
3 sdm kacang tolo (kedele merah), di rebus sampai empuk
1 lembar krecek (20X20 cm)

2 daun salam
2 potong lengkuas
750 cc santan sedang kentalnya
garam
gula (pengganti vetsin)

Bumbu halus:
3 cabe merah
3 bawang putih
3 bawang merah

Directions:
Bubur:
masak beras bersama santan, garam, daun salam, sereh, sambil di aduk2, mengental menjadi bubur.

Sambal goreng
– tumis bumbu halus, daun salam dan lengkuas dengan 2 sdm minyak goreng
hingga harum.
– Tuangkan santan
– masukkan semua bahan, garam dan gula
– masak hingga semua bahan matang dan bumbu meresap.

Penyajian:
Taruh bubur di mangkok/pincuk, atasnya di tuang sambal goreng dan sedikit
kuahnya.

note:
beda dengan bubur ayam yang di makan panas2, bubur ini enak di makan hangat
atau dingin. Kalau panas….kurang enak.

27 Comments
  1. kikikik kok bubure ora lemu?mbakk namanya kok ada2 aja

  2. apa karena bikin gemuk jadi namanya bubur “lemu”?hehehe ngaco banget yaks

  3. Uih, sedapnya Bubur Lemunya! Krecek lembaran kok baru dengar ya In, asyik juga!

  4. mbak Ine, aku juga barusan bikin lontong sayur pake krecek lembaran gitu … itu juga salah satu menu sarapan yang banyak dijumpai di ujung-2 gang di Semarang … kalo sarapan yang laen, aku suka ketan putih ditabur kelapa parut ma bubuk kedele … sayang, nyari resep bubuk kedele’nya sampe sekarang belum dapet … :((

  5. Haaa haaa..aku koq baru tau sih ada bubur namanya bubur lemu.yg dulu nyipta in mungkin lemu ya In….heee heeeeKelihatannya enak amat nih….kayak lontong tp bubur.

  6. kenapa lemu? Karena bisa bikin lemu kali…hehehehe….kyknya bubur lemu yg versi manis juga dipakai utk salah satu perlengkapan acara adat jawa deh mbak. Tp aku lali acara apaan…

  7. Sayur labu nya kaya kuah di lontong sayur ya Ci Ine??

  8. saya baru tahu kalau bubur lemu tu ini, sama herannya waktu lihat bubur lemu pake gudeg di solo kemarin.Mbak kalau eyang saya bikin bubur lemu bukan asin tapi manis, yang pake kinca itu lho… jadi selama ini presepsiku salah kalau denger bubur lemu dikira bubur sumsum. Mungkin Eyang udah pikun jadi salah sebut mulu….Mungkin orang surabaya tau apa emang disurabaya dibilang bubur lemu itu bubur sum sum ya ?

  9. sing mangan ikutan lemu ora? hehehe

  10. Ci Ine, saya ira. salam kenal lg. Krecek lembaran itu hrs digoreng lg ga ? Tepatnya beli dimana di Gg. Barunya? Keliatan yummy, jd pengen. Trims.

  11. theresajackson said: Krecek lembaran

    mbak Theres, krecek lembaran soalnya nggak bisa mekar .. yg tipis aja.. di kantorku ada Mie Ayam Kulit, tapi kulit disini artinya krecek lembaran yg digoreng.. yummy dech..

  12. Mbak mauuuuuuu

  13. yuwonofamily said: Tepatnya beli dimana di Gg. Barunya? Keliatan yummy, jd pengen. Trims.

    kalo di Semarang, di pasar-pasar tradisional banyak yang jual krecek lembaran … kalo aku mau masak pake krecek lembaran, tinggal direndem air sampe lunak trus ditiriskan, baru dimasukin sebagai campuran … ntar tu krecek akan nyerep kuah dari sayurnya, so kalo dimakan nyresep gitu … *asliorangsemarangnich* he he he …

  14. Tante Ine ……ini-lah makanan masa kecil-ku.Ya ampun….. dulu cuma Rp.100 saja. Kebetulan mami ngirim rambak sapi… kalo pake rambak babi enak nggak ‘yo tan? Kalo rambak babi lembaran di jual di toko Malaysia cuma belon nemu yang sapi tuh….

  15. wah belon pernah nyoba yg ini…..

  16. enak keliatannya,pasti juga lezat rasanya……..bagi dong…..

  17. evimeinar said: kikikik kok bubure ora lemu?mbakk namanya kok ada2 aja

    Pep, barangkali yang pas…bubur “gawe” lemu🙂

  18. siera2505 said: apa karena bikin gemuk jadi namanya bubur “lemu”?hehehe ngaco banget yaks

    kayaknya emang gitu Teh.

  19. theresajackson said: Krecek lembaran kok baru dengar ya In, asyik juga!

    ini krecek harganya lebih murah ketimbang krecek yang melempung itu mbak.dulu wkatu tinggal di semarang, nggak pernah mikirin, mau krecek lembaran atau melempung, dua2nya suka.Sekarang…ini jadi barang berharga buatku, langka di sini sih.

  20. phitree said: … sayang, nyari resep bubuk kedele’nya sampe sekarang belum dapet … :((

    aku punya…ntar aku kasi ya, tempo hari bikin sendiri bubuk kedele.lha…harga kedele mentah 1 kilo cuma 10 ribu.Trus waktu mau beli (di Jkt), bubuk kedele siap pakai harga 1 ons 20 ribu. Ogah ah….rela aku nyangrai dan numbuk sendiri.sabar ya Fit, ntar ku postingkan. bubuk kedele jadi favku makan ketan bubuk, dan lontong opor

  21. marienapayne said: Kelihatannya enak amat nih….kayak lontong tp bubur.

    iya Rien, kalau bikin, buburnya jangan terlalu encer.

  22. ardhanamesvari said: kenapa lemu? Karena bisa bikin lemu kali…hehehehe….kyknya bubur lemu yg versi manis juga dipakai utk salah satu perlengkapan acara adat jawa deh mbak. Tp aku lali acara apaan…

    iya nih…bisa bikin lemu, soale bersantan luar dalam🙂

  23. vindara said: Sayur labu nya kaya kuah di lontong sayur ya Ci Ine??

    Mirip Han, tapi beda isinya. ini kan seharusnya pakai kacang tolo / kedele merah segala. karena nggak ada….yang tak tampak di foto :-))

  24. waktu kecil cuman taunya bubur ayam doang, banyak yg jual dibogor dipikul pake bumbu kuning, hmm sedap. he..he…nambah info lagi nih bubur lemu, lucu ya namanya.

  25. amadeus18 said: waktu kecil cuman taunya bubur ayam doang, banyak yg jual dibogor dipikul pake bumbu kuning, hmm sedap. he..he…nambah info lagi nih bubur lemu, lucu ya namanya.

    dulu malah di solo/semarang, saya jarang nemu bubur ayam. adanya bubur lemu ini

  26. Bubur lemu ini sarapan favorit saya sejak kecil…klo pulang ke semarang saya selalu cari bubur ini untuk sarapan…nyam nyam nyam..jadi pengen…Yang khas di bubur ini karena dimasaknya pake santan gurih…gitu aja udah enak…apalagi ditambah bubuk kedele, dan kering tempe…O..ya klo di Semarang pas tgl 10 bulan Muharam ada namanya bubur Sura…basic buburnya mirip bubur lemu…tapi lauknya mirip2 nasi kuning jadi ada perkedel, kering tempe, sambel grg ati, irisan dadar, abon…tapi sekarang sudah jarang ada…

  27. wah bubur lemu ini paling top markotop dech mbak…..kalo pulang ke semarang sampenya pagi..di rumah sudah ada bubur ini…sajen buat saya…hihihihii…sedap bin nikmat…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: